Perbedaan Volunteering, Internship dan Apprenticeship

Ihwal.id– Sebagai mahasiswa, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah pengalaman dan menyibukkan diri dengan hal-hal positif yang membawa manfaat.

Selain terorganisir, berikut beberapa kegiatan program yang bisa Anda ikuti saat masih kuliah atau baru lulus dan membutuhkan banyak pengalaman. Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang dapat Anda temukan antara sukarelawan, magang, dan magang.

Baca Juga : Lowongan Kerja Menjadi Waiter di Kam’s Roast

Kerelawanan merupakan suatu kegiatan sukarela yang dilakukan oleh seseorang terhadap suatu lembaga atau tempat. Biasanya kegiatan sukarela ini bebas diikuti oleh siapa saja dengan latar belakang pendidikan apa pun asalkan mempunyai komitmen dan keinginan untuk secara sukarela mengerahkan tenaga, pikiran, bahkan materi.

Jadi, kegiatan kerelawanan umumnya bisa Anda temukan di bidang sosial, kemanusiaan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Kegiatan kerelawanan ini cocok bagi Anda yang memiliki empati tinggi atau mempunyai tujuan untuk mengaktualisasikan diri dengan membantu orang lain. Selain mendapatkan pengalaman, tentunya di sini Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki komitmen yang sama untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak.

Baca Juga: Lowongan Kerja Fresh Graduate di Wings Group

Berikutnya adalah magang atau program yang diadakan oleh suatu lembaga atau perusahaan untuk mendapatkan pekerja dari mahasiswa atau freshgraduate.

Program ini biasanya diikuti oleh mahasiswa akhir atau freshgraduate yang ingin merasakan langsung bekerja di suatu institusi atau perusahaan. Dalam magang ini bersifat timbal balik dimana peserta magang mendapatkan keuntungan karena mendapat kesempatan mempelajari mekanisme kerja di suatu institusi atau perusahaan.

Namun dalam magang ini pelatihannya tidak terstruktur atau terkadang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan peserta itu sendiri. Jadi, belum ada kurikulum pasti yang mengatur hal-hal apa saja yang harus dicapai dalam magang ini.

Nah, perusahaan atau lembaga yang menyelenggarakan magang terkadang memberikan kebijakan pengupahan atau magang berbayar dan juga tidak dibayar sama sekali atau yang biasa disebut dengan magang tidak berbayar.

Baca Juga: Lowongan Kerja Fresh Graduate di Wings Group

Yang terakhir adalah magang, program ini mirip dengan magang dimana Anda akan mendapatkan pengalaman bekerja di suatu tempat atau lembaga. Namun bedanya, magang sendiri memiliki kurikulum yang terstruktur. Dimana Anda memang akan mempelajari sesuatu secara teknis sesuai ketentuan yang telah ditentukan. Dari segi durasi, magang memiliki durasi yang lebih lama dibandingkan magang, yaitu sekitar 1-4 tahun.

Bagaimana, di antara ketiga program tersebut, manakah yang menarik untuk Anda ikuti? Oh ya, jangan lupa, ketika akan mengikuti suatu program, telitilah baik-baik apakah program tersebut benar-benar bermanfaat dan sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai agar Anda lebih enjoy melakukannya.

Kontributor : Yuli Yanti

Leave a Comment