Perbandingan HP Oppo dan Vivo Yang Perlu Diketahui

Persaingan smartphone semakin ketat, banyak merek baru yang terus bermunculan setiap tahunnya. Merek baru tersebut didominasi oleh merek-merek yang berasal dari Tiongkok.

Berdasarkan data yang dirilis perusahaan riset Counterpoint, pada Q2 2020, Oppo dan Vivo berhasil menduduki puncak penjualan smartphone di Tanah Air.

Berikut Tabel Data Penjualan Smartphone di Indonesia Q2 2020:

Data penjualan ponsel Oppo dan Vivo di Indonesia

Kalau ditanya merk HP apa yang kualitasnya bagus? Disini kami akan membandingkan 2 merk HP yang sedang membanjiri pasar Indonesia yaitu Vivo vs Oppo.

Kesuksesan Oppo dan Vivo tak lepas dari andilnya seri smartphone andalan mereka. Dimana Oppo mengandalkan seri A, sedangkan Vivo mengandalkan seri Y menjadi penyumbang pangsa pasar utama masing-masing perusahaan tersebut.

Pada awal pandemi, penjualan produk smartphone secara online meningkat sangat tinggi. Hal ini tentunya disebabkan oleh kebutuhan akan gadget sebagai alat komunikasi online.

Baca Juga: Bantuan Pemerintah Kembali Cair, Begini Cara Mudah Daftar BLT UMKM Online 2021

Pilihan Variasi HP Oppo dan Vivo

Dari segi ragam produk yang ditawarkan kedua merek ini, Oppo lebih unggul. Oppo memiliki lebih dari sekitar 50 produk hingga April 2020, sedangkan Vivo tidak ketinggalan dengan variasi 40 produk.

Hal ini tentu saja karena Brand Oppo sudah lebih dulu masuk ke Indonesia dibandingkan kompetitornya. Varian tertinggi Oppo dipegang oleh seri Oppo Find X, sedangkan Vivo diberi label seri Vivo X.

Soal harga, keduanya juga mengeluarkan varian terendah dengan harga di kisaran satu jutaan. Merek asal Tiongkok ini terkenal murah hati dalam menawarkan produknya yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga yang relatif terjangkau.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo

Kualitas ponsel Oppo kini jauh lebih baik dibandingkan saat pertama kali merilis produk low-end pertamanya ke pasaran. Setiap perangkat tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut Kelebihan dan Kekurangan Brand Oppo.

Keunggulan HP Oppo

Berikut kelebihan atau keunggulan dari brand Oppo:

  • Brand Oppo konsisten memberikan spesifikasi kamera berkualitas baik pada perangkatnya, termasuk smartphone dengan harga murah.
  • Oppo menghadirkan fitur VOOC Flash Charge, dengan fitur ini ponsel Anda dapat diisi dayanya 4 kali lebih cepat.
  • Varian produk khusus untuk selfie, gaming dan perangkat lainnya.
  • Service Center Oppo banyak sekali
  • Desain Oppo selalu tampil cantik dan menarik

Kekurangan HP Oppo

Berikut kekurangan atau kelemahan HP Oppo:

  • Harga jual HP bekas Oppo bisa turun dengan sangat cepat dan drastis
  • Kualitas casingnya dinilai kurang bagus
  • Antarmuka OS besutan Oppo terkadang membuat sistem terasa berat saat dijalankan
  • Update OS masih jarang

Baca Juga: Harga HP OPPO A53 Terbaru dan Termurah Versi Marketplace 2021

Kelebihan dan Kekurangan Vivo

Kualitas HP Vivo pun tak kalah bagusnya jika dibandingkan kompetitornya. Sama halnya dengan para pesaingnya, merek Vivo juga memiliki kelebihan dan kekurangan pada perangkatnya. Berikut ulasan lengkapnya.

Keunggulan HP Vivo

Berikut kelebihan atau keunggulan dari brand Vivo:

  • Vivo kerap menghadirkan fitur dan inovasi baru pada perangkatnya
  • HP Vivo selalu menghadirkan kualitas yang baik untuk kameranya, terutama kamera selfie.
  • Vivo memiliki fitur Pengisian Cepat Mesin Ganda untuk pengisian cepat
  • Memiliki tampilan visual yang sangat menarik

Kekurangan HP Vivo

Berikut kekurangan atau kelemahan HP Vivo:

  • Casing HP sebagian besar masih terbuat dari plastik, terlihat rapuh dan tidak kokoh
  • Tampilan antarmuka OS mirip dengan produk Apple (tergantung selera)
  • Jumlah Service Center masih sedikit dibandingkan Oppo

Kameranya lebih bagus Oppo atau Vivo?

Dari sisi kamera, keduanya menawarkan fitur yang hampir sama, yakni beauty mode. Fitur ini sangat digandrungi bagi para pecinta selfie. Dengan mode ini, kamera dapat secara cerdas mengatur tampilan gambar yang diambil dengan memadukan warna-warna yang sangat indah.

Nah kalau ditanya kamera mana yang lebih bagus Oppo atau Vivo? Hasilnya hampir sama, hanya tergantung spesifikasi masing-masing merk. Setiap perusahaan tentunya mempunyai produk andalannya atau versi tertinggi di kelasnya.

Bagusnya Oppo atau Vivo?

Untuk membuat pilihan yang tepat, penilaian pribadi Anda jauh lebih penting. Karena pada dasarnya setiap produk mempunyai kualitasnya masing-masing. Nah kalau ditanya bagusnya Oppo atau Vivo? Jadi tanyakan pada diri Anda pertanyaan berdasarkan informasi yang sudah Anda ketahui.

Kualitas Oppo dan Vivo hampir sama, sehingga perlu sedikit usaha untuk menentukan mana yang lebih baik antara Oppo dan Vivo.

Itulah perbandingan kelebihan dan kekurangan Hp Oppo dan Vivo secara umum. Diharapkan dapat membantu Anda untuk memberikan gambaran atau referensi sebelum membeli salah satu produk dari brand di atas.

Apapun pilihannya, semua tergantung selera dan kebutuhan pembeli. Jadi, kamu tim Oppo atau Vivo?

Leave a Comment