Pengertian Personal Computer, Sejarah dan Komponennya

Memahami Komputer Pribadi

Kita pasti bertanya-tanya apa itu Personal Computer?. Secara teknis Personal Computer adalah komputer pribadi yang mempunyai kegunaan umum untuk penggunaan tunggal/pribadi. Nama lain dari komputer pribadi adalah Personal Computer (PC). Pada dasarnya komputer ini digunakan di rumah, kantor, toko, dan lain-lain, sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Personal Computer berfungsi mengelola Data Input dan Output atau informasi lainnya sesuai keinginan dan kebutuhan penggunanya. Komputer-komputer tersebut biasanya memiliki harga yang bervariasi sesuai kebutuhan, ada yang murah, biasanya digunakan untuk kebutuhan kantor dan toko, dan ada pula yang sangat mahal, biasanya digunakan untuk kebutuhan gaming, karena pastinya memiliki spesifikasi komputer yang sangat tinggi (high end).

Sejarah Komputer Pribadi

Dahulu, Personal Computer (PC) dirancang dan digunakan khusus untuk organisasi/perusahaan besar yang bergerak di bidang pemasangan terminal tipis dan digunakan untuk banyak pengguna dengan satu komputer besar yang berbagi sumber dayanya di antara semua pengguna. Setelah kemunculan komputer pribadi (PC), mematahkan tradisi yang hanya menggunakannya untuk komputasi terminal. Pada akhir tahun 1980-an, kemajuan teknologi memungkinkan terciptanya komputer yang lebih minimalis yang dapat dimiliki dan digunakan setiap orang secara pribadi.

Penggunaan komputer pribadi mulai menyebar dan banyak digunakan pada tahun 1980an. Tentu saja komputer ini dijual dengan harga yang sangat mahal. Sejarah menyebutkan bahwa mesin hitung merupakan pendahulu komputer. Dan pengembangan sistem operasi yang efektif dan antarmuka yang ramah pengguna memberikan dorongan bagi perkembangan pengolah kata.

Secara historis, Komputer Pribadi pertama diluncurkan pada tahun 1971. Komputer pertama memiliki memori 256 byte dan diiklankan oleh Scientific American seharga $750, namun, komputer tersebut tidak memiliki CPU dan seperti sistem lain pada masa itu, komputer ini dirancang untuk penggunaan pendidikan saja.

Foto: freepik

Komponen Komputer Pribadi

PERANGKAT KERAS (Perangkat keras)

Perangkat keras adalah kumpulan perangkat keras komputer yang secara fisik dapat dilihat, disentuh, dan dirasakan. Perangkat keras terdiri dari 5 bagian:

  • Perangkat masukan: (Keyboard, Mouse, dll),
  • Perangkat Proses: (Prosesor, Motherboard, RAM, dll.),
  • Perangkat Keluaran: (Monitor, Printer, dll),
  • Perangkat penyimpanan: (Harddisk, Flashdisk, dll),
  • Perangkat Periferal: (WebCam, Modem, dll)

PERANGKAT LUNAK (Perangkat lunak)

Perangkat Lunak adalah perangkat lunak yang diprogram, disimpan, dan diformat secara digital serta mempunyai fungsi tertentu sesuai dengan pembuatannya. Software tidak mempunyai bentuk fisik dan dapat dioperasikan dengan menggunakan perangkat komputer. Perangkat lunak umumnya terdiri dari 3 bagian yaitu

Sistem operasi (Sistem operasi)

Sistem operasi menentukan bagaimana komputer menyimpan file, beralih di antara aplikasi yang berbeda, mengelola memori, menjaga keamanannya sendiri, dan berinteraksi dengan periferal seperti printer dan kamera. Sistem operasi yang berbeda mengambil pendekatan yang berbeda untuk semua ini, itulah sebabnya Anda biasanya tidak dapat menjalankan program Windows di komputer Macintosh dan mengapa izin terlihat berbeda di ponsel Android dibandingkan di iPhone.

Sistem operasi yang berbeda berjalan pada jenis perangkat keras yang berbeda dan dirancang untuk jenis aplikasi yang berbeda. Misalnya, iOS dirancang untuk tablet iPhone dan iPad, sedangkan desktop dan laptop Mac menggunakan macOS. Komputer atau ponsel cerdas Anda dilengkapi dengan sebuah OS, namun Anda mungkin menginstal OS lain dalam beberapa kasus.

Bahasa pemrograman (Bahasa pemrograman)

Bahasa pemrograman komputer memungkinkan kita memberikan instruksi kepada komputer dalam bahasa yang dimengerti komputer. Sama seperti banyak bahasa berbasis manusia yang ada, ada berbagai bahasa pemrograman komputer yang dapat digunakan pemrogram untuk berkomunikasi dengan komputer. Bagian bahasa yang dapat dipahami komputer disebut “biner”. Menerjemahkan bahasa pemrograman ke biner dikenal sebagai “kompilasi”. Setiap bahasa, mulai dari C hingga Python, memiliki ciri khasnya masing-masing, meskipun seringkali terdapat kesamaan antar bahasa pemrograman.

Bahasa-bahasa ini memungkinkan komputer memproses informasi yang besar dan kompleks dengan cepat dan efisien. Misalnya, jika seseorang diberi daftar nomor acak mulai dari satu hingga sepuluh ribu dan diminta untuk menyusunnya dalam urutan menaik, kemungkinan besar hal itu akan memakan waktu cukup lama dan mencakup beberapa kesalahan.

Program aplikasi

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang biasa digunakan sebagai aplikasi untuk menyelesaikan tugas tertentu. Software disini berfungsi sebagai alat untuk membuat aplikasi itu sendiri. Contoh aplikasi tersebut adalah Excel, Mozilla, Microsoft Word.

Perangkat otak (pengguna/pengguna)

Brainware adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan manusia yang berhubungan langsung dengan sistem komputer. Manusia merupakan bagian penting dari sistem komputer. Manusia turut andil dalam merancang suatu sistem komputer agar dapat bekerja sesuai dengan keinginan penggunanya.

Kata kuncihttps://wwwrevolutiontekno com/1036/pengertian-personal-computer-history-and-components html –

Leave a Comment