Pengertian Optical Disk Dan Gambarnya

Memahami cakram optik dan gambar

Definisi cakram optik itu adalah penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis atau dibaca menggunakan sinar laser berdaya rendah. Pada tahun 1960, cakram optik pertama kali dikembangkan, ditemukan oleh James T. Russel. meskipun teknologi penyimpanan data terus berkembang seperti teknologi penyimpanan flash memory yang cukup praktis tanpa perlu menggunakan optical disc. namun penyimpanan ini masih digunakan untuk menyimpan film atau musik yang diputar oleh DVD player

Saat membaca data dari cakram optik menggunakan laser, data tersebut akan diubah menjadi sinyal listrik. Oleh karena itu, disk dapat menampilkan gambar audio atau visual. Lebih tepatnya, pada tahun 1982, Philips dan Sony meluncurkan CD (Compact Disc).

Cakram optik memiliki fungsi untuk mencari dan membaca data pada cakram optik, meskipun penggunaannya kini semakin berkurang karena banyaknya pilihan lokasi penyimpanan data portabel, seperti flash drive. Drive optik biasanya menggunakan nama lain, seperti drive disk.

Format media untuk drive cakram optik

Ada banyak format cakram optik populer seperti di bawah ini.

  • CD ROM,
  • CD-R,
  • CD-RW,
  • DVD-RW,
  • DVD-R,
R dalam format ini berarti dapat direkam dan RW berarti dapat ditulis ulang. Misalnya, disk DVD-R hanya dapat ditulis sekali, setelah itu data di dalamnya tidak dapat diubah, hanya dibaca. Format DVD-RW hampir sama, tetapi perbedaan utamanya adalah dapat ditulis ulang. Anda dapat menghapus konten dan menyimpan data baru ke disk.
Disk yang dapat direkam dan ditulis sangat berguna untuk menyimpan file cadangan saat Anda menambahkan file baru sehingga Anda dapat menghapus file lama.
Disk dengan awalan “CD” dapat menampung sekitar 700 MB data, sedangkan DVD dapat menampung sekitar 4,7 GB. Cakram Blu-ray berisi 25GB per lapisan, cakram BD lapisan ganda dapat menampung 50GB dan lapisan tiga dan empat kali lipat. Dapat menyimpan 100GB dan 128GB dalam format BDXL.
Semua cakram optik utama, dari CD tertua hingga DVD berkapasitas tinggi terbaru, didasarkan pada spesifikasi CD asli. Memiliki dimensi standar diameter 120mm (radius 60mm) tebal 1.2mm dengan diameter lubang tengah 15mm. yang dapat menampung poros pusat untuk rotasi dari disk drive.
CD dan DVD komersial diproduksi dengan proses stempel fisik dan disebut cakram padat atau cakram stempel. Disk komersial dapat berupa satu sisi atau dua sisi, dan sisi atau sisi data hampir selalu berwarna perak reflektif. Cakram yang dapat ditulis diproduksi dengan menembakkan laser berkekuatan relatif tinggi pada lapisan cat atau bahan lain yang dapat dimodifikasi dengan laser.
Terlepas dari kesamaan eksternal, ada banyak perbedaan antara disk. Disk berbeda dalam standar penulisan, pewarnaan dan bahan lain yang mereka gunakan, kompatibilitas dengan penulis dan model pemutar yang berbeda, stabilitas pengarsipan, dan kualitas keseluruhan.
CD-R:


Disk ini hanya dapat ditulis satu kali. Setelah data direkam, itu tidak dapat ditimpa atau dihapus. Meskipun drive sebelumnya berbeda dalam kecepatan tulis maksimum yang didukungnya, hampir semua drive yang dijual saat ini diberi peringkat antara 48X dan 52X, sehingga dapat digunakan di hampir semua drive optik. Disk CD-R dapat ditulis oleh semua drive disk dan bahkan sebagian besar pembaca DVD. Dapat disimpulkan bahwa cakram ini dapat dibaca oleh cakram optik mana pun atau pemutar modern mana pun.
Perbedaan CD-R terutama dalam kapasitas dan kualitas. Disk yang sesuai standar menampung 74 menit audio atau sekitar 650 MB data. Meski tidak standar, sebagian besar yang saat ini dijual memiliki sekitar 80 menit audio atau 700MB kapasitas data.
CD-RW:

Ini berarti bahwa disk dapat ditulis berulang kali, menghapus atau menimpa data lama untuk memberi ruang bagi data baru. Disk CD-RW dapat ditulis ulang hingga 1000 kali.
CD-RW ini mengutamakan kecepatan disc jika dibandingkan dengan CD-R. Saat ini ada empat jenis media.

  • Disk CD-RW kecepatan standar diberi peringkat untuk pembakaran 1X hingga 4X dan hanya dapat digunakan pada versi CD-RW yang lebih lama.
  • Disk CD-RW Berkecepatan Tinggi diberi peringkat untuk perekaman 4X hingga 12X dan dapat digunakan dengan drive CD-RW berlogo Kecepatan Tinggi.
  • Disk CD-RW Kecepatan Ultra diberi peringkat untuk perekaman 12X, 16X, dan 24X dan dapat digunakan di drive disk.
  • Disk CD-RW Kecepatan Ultra diberi peringkat untuk perekaman 32X dan dapat digunakan di penulis CD-RW mana pun yang berlogo.

Meskipun semua drive optik dan pemutar CD dan DVD terbaru dapat membaca disk CD-RW, banyak masalah kompatibilitas muncul. Banyak drive CD-ROM dan DVD-ROM masih tidak dapat memutar semua drive disk.

Memahami cakram optik dan gambar


4:/
5:00

Oleh:

Leave a Comment