Membongkar Dan Membersihkan Fan Asus EeePC 1215 Series

TAKTIKTOP.com – Masih di dalam seri Asus Eeepc 1215, pada artikel sebelumnya Anda sudah mengetahui caranya Pelepasan dan Penggantian Keyboard Asus Eeepc 1215 Series.

Artikel ini membahas tentang cara membongkar body utama laptop Asus Eeepc 1215 dan membersihkan kipas. Pada saat penulisan artikel ini tentunya laptop ini sudah berumur lebih dari 4 tahun tentunya banyak kotorannya.

Dengan membongkar body utama Asus Eeepc 1215 ini, beberapa kelebihan bisa didapatkan, tentunya kelebihan tersebut sejalan dengan usia laptop yang sudah mulai menua. Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan membongkar laptop adalah:
– Membersihkan kipas angin dari kotoran dan debu.
– Membersihkan interior laptop dari kotoran dan debu.
– Penggantian hard drive.
– Ganti pasta termal.
– Perbaikan komponen pada motherboard.

Alat yang dibutuhkan untuk membongkar laptop Eeepc 1215 hanya dua yaitu obeng plus mata dan pick gitar. Pick gitar adalah opsional, dapat diganti dengan benda lain dengan bagian atas yang rata.

Proses bongkar body utama laptop dan pembersihan kipas yang akan dibahas pada artikel kali ini bisa diterapkan pada semua versi Asus Eeepc 1215. Opsi ini termasuk yang berikut:
– 1215 hal
– 1215B
– 1215 T
– 1215 N:
– 1215 lainnya.

Kamu siap: Sekarang mari kita bongkar laptop seri Asus Eeepc 1215 ini, geser ke kanan bawah.

Melepas baterai

Saat memulai proses pembongkaran bagian utama laptop ini, lepas dulu baterainya. Tekanan sekecil mungkin arus pendek atau korsleting dalam proses pembongkaran dan pemasangan peralatan.

Melepas Penutup Ram

Selanjutnya Anda perlu melepas penutup ram, yaitu bagian housing yang menutupi ram, yang ada di kotak merah pada gambar di atas. Lepas dulu karetnya atau karet yang ada di lingkaran merah, setelah lepas karetnya kamu bisa cari skrup di belakang karetnya.

Lepaskan sekrup belakang karet tadi. Sekrup adalah sekrup pemasangan penutup ram. Setelah melepas sekrup, angkat penutup ram, jika Anda mengalami masalah Anda dapat menggunakan pick gitar atau obeng pipih untuk mencungkilnya.

Penghapusan ram

Setelah melepas penutup ram, tentunya Anda bisa menemukan ram di dalam laptop. Lepaskan seluruh ram jika ada dua bagian yang benar-benar dilepas. Biasanya, ada dua chip masing-masing 1 GB.

Menghapus sekrup

Setelah melepas ram, sekarang lepas semua baut yang ada di bagian yang dilingkari merah. Salah satu sekrup itu ada di bawah ram. Jadi, jika ram tidak dilepas, maka bautnya juga tidak bisa dilepas.

Melepas Assy Atas
Melepas Assy Atas

Setelah melepas semua sekrup di bagian bawah gambar sebelumnya. Proses selanjutnya adalah melepas lapisan atas bagian atas laptop. Gunakan alat petik gitar agar lebih mudah, bisa juga menggunakan paku seperti pada gambar di atas.

Masukkan kuku jari atau pick gitar ke dalam sambungan bagian atas seperti yang ditunjukkan di atas, lalu geser searah panah hingga seluruh bagian atas terlepas.

Pelepasan kabel panel sentuh

Setelah bagian sambungan panel atas terbuka, panel atas dapat diangkat dan kemudian dipasang seperti yang ditunjukkan pada gambar untuk membuka bagian kabel pad sensor.

Lepas kabel touchpad yang terletak di bagian yang dilingkari merah, geser pengunci lubang ke depan untuk melepasnya, jika sudah terbuka maka kabel dapat dilepas dengan mudah.

Melepaskan sekrup penutup keyboard

Selanjutnya, Anda perlu melepas penutup keyboard, untuk ini, lepaskan dulu sekrup yang terletak di bagian yang dilingkari merah. Karena semua sekrup adalah sekrup pengunci penutup keyboard.

Melepas penutup keyboard
Melepas penutup keyboard

Setelah melepas sekrup penutup keyboard, langkah selanjutnya adalah melepas penutup keyboard itu sendiri. Mulai dari sudut kanan atau kiri belakang, masukkan pasak atau kuku gitar ke dalam sambungan casing, lalu geser ke arah panah merah.

Melepaskan kabel keyboard

Setelah penutup keyboard dilepas seluruhnya, penutup keyboard dapat diangkat atau dipindahkan. Geser penutup keyboard seperti yang diperlihatkan dalam ilustrasi untuk membuka kabel keyboard. Cabut kabel keyboard pada bagian yang dilingkari merah.

Melepaskan pelat pelindung motherboard

Setelah keyboard dan penutupnya berhasil dilepas, Anda bisa menemukan pelat logam yang menutupi motherboard. Agar proses tetap berjalan, plat besi harus dilepas terlebih dahulu.

Lepas semua sekrup yang berada pada posisi lingkaran merah. Semua sekrup ini adalah sekrup pengunci pelat logam. Setelah melepas semua sekrup, pelat logam dapat dengan mudah diangkat dari bawah.

Menghapus hard drive

Setelah berhasil melepas plat besi pada gambar sebelumnya, Anda bisa melihat bagian dalam laptop beserta komponennya.

Langkah selanjutnya adalah melepas hard drive, untuk ini lepaskan sekrup yang terletak di area yang dilingkari merah. Setelah melepas sekrup, lepaskan hard drive dari slotnya, setelah melepas sekrup, hard drive dapat dilepas dengan mudah.

Melepaskan kabel

Setelah berhasil melepas hardisk, langkah selanjutnya adalah melepas kabel-kabel yang masih terhubung dengan motherboard. Lepas semua kabel yang ada di area yang dilingkari merah.

Penghapusan WLAN

Ada wlan di bawah kabel board USB (kabel fleksibel terlebar) atau tepatnya di bawah bagian kotak merah, lepaskan perangkat wlan. Lepaskan kabel antena terlebih dahulu, kemudian lepas kedua bautnya dan WLAN dapat dilepas dengan mudah.

Melepaskan sekrup motherboard

Selanjutnya adalah melepas sekrup motherboard. Semua sekrup yang ditunjukkan dengan warna merah di atas harus dilepas. Jangan sampai ada yang tertinggal, karena jika ada yang tertinggal maka motherboard tidak akan bisa dilepas.

Penghapusan kipas

Setelah melepaskan semua sekrup dari motherboard pada gambar sebelumnya, motherboard dapat dengan mudah diangkat agar lebih mudah diangkat dari bawah. Untuk melepas kipas, lepas sekrup di lingkaran merah dan lepas kabelnya.

Motherboard Eeepc 1215

Disinilah proses bongkar pasang body utama Asus Eeepc 1215 termasuk kipas sudah selesai. Kipas kemudian dapat dibersihkan atau kebutuhan lainnya terpenuhi.

Untuk memasang kembali, cukup membalik urutan proses dari yang terakhir ke yang pertama. Demikian pula, tindakan yang diambil bertentangan dengan proses pembongkaran.

obligasi

Bagikan ini

Leave a Comment