Melepas Dan Mengganti Keyboard Asus Eeepc 1215 Series

TAKTIKTOP.com – Pada artikel ini akan menjadi tes mata pelajaran Seri Asus Eee PC 1215 adalah sebuah netbook. Laptop Asus kecil yang melanda pasar netbook saat itu. Saat itu, Asus merajai segmen netbook.

Laptop ini memiliki bentang layar seluas 12 inci dan sudah menggunakan teknologi LED. Dari segi dapur pacu, ia menggunakan prosesor Intel Atom 1,5 GHz Hyperthreading: jadi di task manager akan terdeteksi 4 core karena tiap core ada 2 benang di dalamnya.

Artikel ini akan fokus pada menghapus dan mengganti keyboard laptop seri Asus eeepc 1215. Sedangkan untuk membongkar dan mengganti LCD akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Cara melepas keyboard asus eeepc 1215 series ini bisa diterapkan di semua varian asus eeepc 1215. Karena pilihannya banyak tapi semua punya ukuran dan bentuk yang sama, jadi caranya sama. Review Asus eeepc 1215 series family atau review meliputi:
– 1215 hal
– 1215B
– 1215 N:
– 1215 T
– Dan 1215 revisi lainnya.

Alat atau perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengganti keyboard Asus seri 1215 ini hanyalah obeng dan pick gitar. Pick gitar bersifat opsional, dapat diganti dengan benda lain yang ujungnya rata. Proses penggantian keyboard dibahas di bawah ini.

Tampilan atas Eeepc 1215P
Melepas baterai

Berhubung laptop ini masih menggunakan baterai eksternal, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas baterai untuk mengurangi kemungkinan terjadinya korsleting pada saat proses pelepasan dan pemasangan keyboard.

Melepas Penutup Ram

Selanjutnya Anda perlu melepas penutup ram, yaitu bagian casing yang menutupi ram. Pada gambar di atas ditandai dengan kotak bertitik merah. Lepas karet penutup atau karet penutup ulir yang ada di lingkaran merah.

Setelah karet dilepas, ternyata di balik karet tersebut terdapat skrup penahan penutup ram. Lepaskan sekrup lalu angkat penutup ram. Jika Anda mengalami masalah, Anda dapat menggunakan obeng pipih atau pick gitar untuk mencungkilnya.

Pelepasan ram dan baut

Selanjutnya adalah melepas ram kotak kuning. Kalau ada 2 keping RAM yang perlu dicopot, itu di kotak kuning, satunya lagi mubazir. Selanjutnya lepas semua sekrup yang ada di rangka merah, termasuk satu sekrup di bawah ram yang dilepas tadi.

Melepas Assy Atas
Melepas Assy Atas

Proses selanjutnya berjalan di atas laptop. Lepas lapisan atas atau bagian casing yang menyatu dengan panel sentuh. Anda bisa menggunakan pick gitar atau hanya paku. Selipkan simpul casing lalu geser seperti pada gambar di atas.

Pelepasan kabel panel sentuh

Setelah melepas semua sambungan di bagian atas, pasang lapisan atas seperti pada gambar, lalu lepas kabel sentuh yang dilingkari merah. Geser kait slot ke depan untuk membuka slot. Setelah itu, kabel dapat dengan mudah dilepas.

Melepaskan sekrup keyboard

Selanjutnya, lepaskan sekrup pada bagian yang dilingkari merah, yaitu sekrup yang menahan penutup keyboard. Proses tidak dapat dilanjutkan kecuali semua sekrup dilepas terlebih dahulu.

Melepas penutup keyboard
Melepas penutup keyboard

Setelah melepas sekrup penutup keyboard pada gambar sebelumnya, langkah selanjutnya adalah melepas penutup keyboard. Sekali lagi gunakan pick gitar atau bisa juga menggunakan kuku seperti pada gambar di atas. Geser sambungan casing mulai dari sudut belakang lalu geser ke arah panah merah.

Melepaskan kabel keyboard

Setelah housing penutup keyboard kanan dan kiri dapat dilepas, penutup keyboard dapat diangkat, geser sedikit ke atas untuk membuka kabel keyboard. Lepas kabel dengan menggeser kait lubang keluar agar kabel dapat dilepas dengan mudah.

Keyboard Eee PC 1215
Penutup Keyboard Eeepc 1215

Setelah berhasil melepas penutup keyboard, jika keyboard masih asli di laptop, pisahkan keyboard dan penutup keyboard terlebih dahulu. Pemisahan dapat dilakukan dengan menekan tombol keyboard hingga keyboard bagian demi bagian terlepas dari covernya.

Sampai di sini berarti proses penghapusan keyboard Eeepc 1215 sudah selesai. Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan proses pemasangan kembali keyboard pengganti atau keyboard lama.

Untuk proses pemasangan keyboard, cukup membalik urutan proses di atas dari langkah terakhir ke langkah pertama. Demikian pula, tindakan yang diambil dibalik selama proses pembongkaran.

obligasi

Bagikan ini

Leave a Comment