Jelaskan Keunggulan Software Akuntansi MYOB

Pertanyaannya, jelaskan kelebihan software akuntansi MYOB! Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia akuntansi pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi MYOB. Tapi, bagi yang masih awam mungkin masih asing meski baru pertama kali mendengarnya.

Keberadaan software ini terbukti memberikan kemudahan dalam aktivitas akuntansi. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan MYOB dan apa kelebihannya? Agar lebih memahaminya, Anda bisa menyimak uraian singkat berikut ini.

Menjawab Pertanyaan Jelaskan Keunggulan Software Akuntansi MYOB

Sama seperti aplikasi akuntansi lainnya, MYOB juga memiliki berbagai keunggulan. Beberapa kelebihan software akuntansi MYOB yang membuatnya memiliki banyak pengguna, antara lain:

  1. Microsoft Office Terintegrasi

Aplikasi ini menyediakan pilihan fitur untuk membuat data laporan akuntansi dalam format Excel. Integrasi MYOB dengan Microsoft Office, termasuk Excel, akan berguna bagi Anda yang ingin membaca atau mencetaknya dalam format selain software.

  1. Mudah digunakan

Keunggulan selanjutnya adalah mudah digunakan. Tampilan software MYOB mudah dipahami alias user friendly sehingga cocok bagi pemula yang baru pertama kali menggunakannya.

Apalagi bagi pengguna yang tidak memiliki latar belakang akuntansi menjadi lebih mudah untuk mempelajarinya. Jadi, Anda tidak perlu banyak bertanya tentang cara menggunakannya karena tampilan menunya sangat intuitif.

  1. Ada Fitur Multi-Pengguna

Perangkat lunak ini memiliki fitur multi-pengguna. Anda dapat menetapkan batasan berapa banyak pengguna yang mengakses MYOB. Jadi, pengolahan data bisa dilakukan lebih dari satu orang dengan pembagian tugas sesuai ketentuan.

Kondisi ini akan mempercepat proses pengelolaan atau penghitungan data. Apalagi jika situasinya sangat mendesak dan data harus segera diselesaikan, mengerjakannya hanya dengan satu orang biasanya tidak cukup.

  1. Tarif Relatif Lebih Murah

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah tarif biayanya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan produk lainnya. Nah, bagi para pemilik usaha yang skalanya masih kecil atau start up seperti UMKM, software ini bisa menjadi pilihan.

  1. Pemrosesan Perhitungan Akuntansi yang Akurat dan Cepat

Keunggulan terakhir adalah proses perhitungan akuntansi lebih akurat dan cepat. Hal ini dikarenakan perhitungan dilakukan oleh sistem secara otomatis sesuai dengan data yang telah dimasukkan. Sehingga human error akibat kesalahan dalam proses perhitungan dapat diminimalisir.

Memahami MYOB atau Urus Bisnis Anda Sendiri

MYOB atau Mind Your Own Business merupakan sebuah software yang fungsinya untuk mengelola dan mengolah data akuntansi. Anda dapat mencatat data untuk pembukuan melalui aplikasi ini, baik skala kecil maupun besar.

Software asal Australia dan dikembangkan pada tahun 1991 ini memiliki tampilan yang sederhana atau sederhana. Hal inilah yang membuatnya mudah dioperasikan, bahkan bagi pengguna pemula atau pemula sekalipun.

Penting untuk dipahami, bahwa meskipun pengembangan MYOB ada di Australia, namun terdapat versi tersendiri untuk setiap negara. Seperti Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Timor-Timor dan Brunei.

Inilah Berbagai Fungsi Software Akuntansi MYOB

Software akuntansi MYOB memiliki berbagai fungsi yang akan memudahkan pekerjaan. Dibandingkan harus melakukan pembukuan secara manual, penggunaan aplikasi tidak hanya lebih mudah tetapi juga lebih cepat.

Fungsi pertama, mempersingkat durasi waktu melakukan pembukuan. Sebab, Anda hanya perlu menghitung dengan memasukkan data, tanpa perlu melakukannya secara manual. Apabila pada proses input terdapat data yang salah, maka yang perlu dilakukan hanyalah menghapus lalu masuk kembali.

Berbeda jika inputnya manual menggunakan pulpen, terlalu banyak tulisan yang terhapus sehingga tidak terlihat rapi. Fungsi kedua, pengelolaan produk yang dijual menjadi lebih mudah. Ketiga, lebih waspada terhadap hal-hal yang berkaitan dengan bisnis.

Selain kelebihan, software ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Seperti tidak ada fitur pelaporan pajak dan hanya bisa diterapkan di satu perusahaan. Pertanyaan sekarang telah terjawab tentang penjelasan keunggulan software akuntansi MYOB.

Leave a Comment