Ini Gandawijaya, dan Sejarah yang Dimilikinya

Sumber: mapio. bersih

Halo Cimtizen tercinta, kini cimahi ingin berbagi sedikit lagi ilmu sejarah tentang Jalan Gandawijaya disini. Mari kita lihat baik-baik!

Gandawijaya adalah nama sebuah jalan di Kota Cimahi yang arahnya dari alun-alun di utara hingga antrian pasar di selatan, jalan ini merupakan salah satu pusat bisnis terkenal di Cimahi dan sekitarnya seperti Padalarang, Cililin, Parongpong , Cisarua dan lain-lain.

Hal ini dapat terjadi karena selain adanya pertokoan, banyak juga pedagang kaki lima yang memanfaatkan jalan tersebut untuk berdagang dan perputaran uangnya sangat besar untuk ukuran PKL yang ada di Kota Cimahi. Sebagian besar toko masih dikelola oleh etnis Tionghoa. Namun, ada juga masyarakat adat. Mereka berbaur dengan hangat dalam keberagaman.

Kawasan Jalan Gandawijaya dulunya merupakan tempat berbelanja seragam tentara Belanda. Kemudian, pada tahun 1970-an saat Cimahi masih menjadi bagian dari Kabupaten Bandung, pemerintah kabupaten sempat memindahkan pedagang kaki lima (PKL) dari Pasar Antrian ke Jalan Gandawijaya sehingga kawasan ini menjadi padat.

Sumber : rri.co.id

Menelusuri Jalan Gandawijaya dari ujung jalan barat hingga timur, terdapat satu ruko yang masih mempertahankan keaslian desain bangunan lamanya. Namanya Toko Ambarawa. Toko yang berdiri sejak tahun 1922 ini masih menyuguhkan pemandangan asli masa lalu.

Toko Ambarawa ini tidak besar, namun melayani berbagai macam kebutuhan pakaian seperti kemeja, celana, dan jilbab. Padahal dulu tentara Belanda sering membeli seragam tentaranya di toko.

Pada tahun 2005, PKL harus pindah dari Jl. Gandawijaya, karena kebijakan pemerintah kota Cimahi yang menjadikan jalan ini menjadi angkutan umum.

Tampilan Jalan Gandawijaya kini sudah berubah, tak ada lagi gerobak warna-warni dan tenda pedagang kaki lima yang biasa menghiasi jalan ini, sehingga tampak depan deretan pertokoan terlihat jelas dan lebih rapi.

Dulunya jalan ini bukan merupakan jalur angkutan umum, namun kini menjadi salah satu jalan utama yang dilalui berbagai kendaraan terutama dari arah Bandung menuju Jakarta.

Leave a Comment