Healing Murah Meriah dengan Wisata Ke Pulau Merak Kecil!

Sobat MI sedang bingung merencanakan liburan setelah lebaran, mau kemana? MI punya solusinya! Yakni dengan berwisata murah ke Pulau Merak Kecil!

Bagi Anda yang tidak mendapatkan cuti bersama sesuai ketentuan pemerintah atau hanya mempunyai sedikit waktu untuk berlibur, mengunjungi Pulau Merak Kecil bisa menjadi alternatifnya.

Yuk simak informasinya berikut ini!

Apa itu Pulau Merak Kecil

Apa itu Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil menjadi salah satu destinasi wisata yang kini menjadi salah satu favorit warga Jabodetabek. Pasalnya, Pulau Merak Kecil memiliki akses transportasi umum yang mudah dan bisa dikunjungi dalam satu hari. Sehingga memudahkan masyarakat yang menginginkannya penyembuhan bersantai tanpa menghabiskan waktu berlama-lama.

Pulau Merak Kecil terletak di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. Pulau ini berseberangan dengan Pulau Merak Besaryang ukurannya lebih besar.

Topografi daratan pulau ini sangat sedikit berbukit dengan pantai berbatu yang agak curam. Vegetasi di pulau ini juga didominasi oleh pantai berpasir, semak belukar, dan rerumputan.

Dengan luas sekitar 4,6 hektar, pulau ini juga dipenuhi oleh kera yang akan menyambut Anda saat menginjakkan kaki di pulau ini. Pemandangan yang indah serta suasana pantai yang masih asri menjadi daya pikat wisata pulau ini.

Beberapa spot pantai di pulau ini sangat cocok untuk dijadikan spot fotografi karena menawarkan pemandangan yang mengesankan.

Anda juga bisa bermain pasir dan berenang karena ombak di Pantai Merak Kecil tidak terlalu besar.

Cara menuju Pulau Merak Kecil menggunakan transportasi umum

Stasiun Merak

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Pulau Merak Kecil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti menggunakan bus, kereta api, atau kendaraan pribadi.

Namun yang akan MI fokuskan di sini adalah pembahasan perjalanan ke pulau ini menggunakan transportasi kereta api.

Menggunakan KRL Commuter Line

Perjalanan pertama yang harus Anda tempuh untuk menuju pulau ini adalah dengan menggunakan Commuter Line.

Jika berangkat dari Stasiun Manggarai, pastikan naik kereta api menuju Stasiun Tanah Abang antara pukul 06.21 – 07.15. Untuk keretanya sendiri menggunakan KRL jurusan Cikarang – Kampung Bandan.

Setelah sampai di Stasiun Tanah Abang, Anda harus berpindah peron untuk menuju KRL tujuan Rangkasbitung. Paling lambat Anda harus tiba di Stasiun Tanah Abang pada pukul 07.40.

Karena jika Anda tidak naik KRL tujuan Rangkasbitung pada pukul 07.45, maka bisa dipastikan Anda tidak akan bisa naik KA Rangkasbitung-Merak.

Untuk perkiraan perjalanannya sendiri dari Stasiun Tanah Abang-Stasiun Rangkasbitung sekitar 2 jam perjalanan.

MI mengeluarkan biaya KRL dari Stasiun Manggarai hingga Stasiun Rangkasbitung hanya Rp. 9.000 dan Rp. 18.000 untuk pulang pergi.

Menggunakan Kereta Lokal Merak

Sesampainya di Stasiun Rangkasbitung, Anda harus keluar stasiun terlebih dahulu dan masuk lagi melalui pintu KA Lokal Merak. Pembelian tiket bisa melalui aplikasi KAI Access atau bisa langsung dibeli di tempat.

Setelah Anda masuk ke dalam kereta, pastikan untuk duduk sesuai dengan kursi yang tertera pada setiap tiket.

Untuk jadwal keretanya sendiri bisa naik Kereta Lokal Merak dengan No KA 426 dan berangkat dari stasiun Rangkasbitung pada pukul 09.55 WIB.

Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam namun Anda tidak perlu khawatir. Kereta ini dilengkapi dengan fasilitas AC dan toilet sehingga akan membuat Anda nyaman.

Pemandangan sepanjang perjalanan menuju Stasiun Merak juga tidak membosankan dengan hamparan sawah dan pepohonan yang luas.

Untuk biayanya sendiri, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.000 dan Rp. 6.000 untuk pulang pergi. Cukup murah bukan?

Perjalanan dari Stasiun Merak menuju Pulau Merak Kecil

Setelah sampai di Stasiun Merak, Anda harus keluar dari stasiun untuk menuju jalan utama. Carilah angkot berwarna merah yang berhenti tepat di pinggir jalan utama dekat stasiun.

Mereka biasanya akan menawarkan untuk mengantar Anda ke dermaga dengan biaya Rp 5.000.

Perjalanannya juga tidak memakan waktu lama, yakni sekitar 5-15 menit tergatidaksesuai dengan kondisi jalan pada saat itu. Sesampainya di sana, Anda harus menyeberang jalan dan berjalan sedikit untuk sampai ke dermaga.

Dari dermaga, halemanPemandangan Pulau Merak Kecil sudah terlihat dengan pantai berpasirnya yang masih terlihat asri.

Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp. 15.000 untuk naik perahu ke Pulau Merak Kecil. Biaya ini juga sudah termasuk perjalanan pulang Anda dari pulau ini menuju dermaga.

Waktu yang ditempuh dari dermaga menuju pulau hanya sekitar 15 menit dengan kondisi laut yang jernih.

Setelah sampai, Anda akan diminta membayar Rp. 2.000 sebagai tiket masuk Pulau Merak Kecil dan mendapatkan beberapa stiker,

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Camping di Malang, Dijamin Asri dan Nyaman

Fasilitas Pulau Merak Kecil

Pemandangan Pulau Merak Kecil

kamuUntuk fasilitasnya, Anda tidak perlu khawatir. Di pulau ini sudah terdapat beberapa fasilitas yang akan membuat pengalaman berwisata anda semakin menyenangkan.

Tersedia juga musala bagi anda yang ingin sholat.

Bagi Anda yang ingin berenang dan berganti pakaian, pulau ini juga menyediakan toilet

Terdapat persewaan tikar yang juga dilengkapi dengan payung agar suasana semakin teduh. kamu membutuhkan metambah kantong Rp. 30.000 untuk menyewa karpet ini.

Di pulau ini juga terdapat warung dan restoran sehingga memudahkan Anda yang tidak membawa perbekalan.

Tips Berwisata ke Pulau Merak Kecil

Setelah mengetahui transportasi dan fasilitas yang ada di Pulau Merak Kecil, MI ingin memberikan sedikit tips bagi anda yang ingin berkunjung ke pulau ini. Berikut tipsnya!

1. Pastikan Anda memanfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya

Berwisata ke pulau ini memerlukan manajemen waktu yang baik bagi anda yang ingin menggunakan kereta api. Jadi Anda perlu menjadwalkan perjalanan Anda sebaik mungkin agar tidak ketinggalan kereta.

Karena jika Anda melewatkan jadwal kereta api, maka bisa dipastikan seluruh perjalanan Anda ke pulau ini akan hancur seketika.

Oleh karena itu, ada baiknya bagi anda yang jika jarak rumahnya cukup jauh, bisa berjalan kaki lebih awal atau menginap di salah satu rumah teman anda agar bisa sampai tepat waktu.

2. Membawa bekal makanan untuk menghemat pengeluaran

Bagi anda yang mempunyai anggaran biasa-biasa saja, ada baiknya membawa bekal bekal makan ketika sampai di pantai.

Tujuannya agar Anda tidak perlu merogoh kocek anggaran kelebihan dan hanya perlu mengeluarkan uang untuk transportasi saja.

Harga makanan yang tersedia di pulau ini sebenarnya tidak terlalu mahal. Mulai dari Rp. 15.000-Rp 30.000 tergantung makanan yang dipesan.

3. Memberikan uang uang tunai

Sebaiknya jika ingin berwisata ke Pulau Merak Kecil selalu membawa uang tunai. Transaksi yang terjadi di sekitar Pulau Merak dan Stasiun Merak biasanya masih menggunakan uang uang tunai.

Jika Anda tidak membawa uang uang tunai, terdapat beberapa ATM di sekitar Stasiun Merak untuk memudahkan perjalanan anda nantinya.

Perkiraan anggaran yang perlu anda keluarkan untuk ke Pulau Merak Kecil sehari kurang lebih sebagai berikut:

  • Stasiun KRL Manggarai – Stasiun Rangkasbitung (PP): Rp. 18.000
  • Kereta Lokal Merak (PP): Rp 6.000
  • Angkot Merah ke dermaga (PP): Rp. 10.000
  • Perahu ke Pulau Merak Kecil (PP): Rp. 15.000
  • Tiket masuk Pulau Merak Kecil: Rp 2.000

Jadi untuk biaya transportasi dan tiket masuk Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 51.000 saja.

Biaya ini juga belum termasuk biaya-biaya lain seperti sewa tikar, makanan ringan, atau hal-hal lain yang perlu dibeli sesuai kebutuhan masing-masing.

Aman, minimal cukup bawa Rp. 150.000 saja.

BACA JUGA: Wisata di Banda Neira “Sepotong Surga dari Timur”

Nah sobat MI, berikut rekomendasi wisata ke Pulau Merak Kecil yang bisa kamu kunjungi hanya dalam satu hari. Saat kalian ingin tinggal, tAda juga beberapa hotel di sekitar Merak yang bisa menjadi pilihan untuk Anda menginap.

Jangan lupa baca juga artikel di website kami ya Sob MI! Mudah saja, lho. Klik saja Di Sini dan rasakan manfaat, keseruan, dan keseruan mengenal Indonesia melalui artikel di website dan akun media sosial mengenal Indonesia

Leave a Comment