Doa Tanpa Disertai Ikhtiar, Hanyalah Angan-Angan Semata

Ihwal.id – Doa merupakan sarana bagi umat manusia untuk meminta dan mengharapkan sesuatu yang baik dari Tuhan. Namun perlu diperhatikan, berdoa saja tidak cukup, harus dibarengi dengan ikhtiar.

Doa dan ikhtiar merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, dimana doa harus dibarengi dengan ikhtiar begitu pula sebaliknya. Berkaitan dengan hal tersebut, Ibnu Atha’illah al-Iskandari menyatakan bahwa setiap harapan harus dibarengi dengan upaya nyata dari manusia, sebagai berikut.

الرجاء ما قارنه عمل والا فهو أمنية

“Harapan harus dibarengi dengan amal. Kalau tidak, itu hanya angan-angan saja.”

Baca Juga: Nilai Perdagangan Ekspor Indonesia Tahun 2022 Naik 29,4 Persen, China Masih Jadi Pasar Tertinggi

Pengharapan yang bertumpu pada Tuhan disebut doa. Namun doa yang tidak diikuti ikhtiar hanya sekedar angan-angan belaka. Sebagaimana firman Tuhan berikut ini.

Tuhan memberkati

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (QS Ar-Ra’d, 11).

Baca Juga: Bosan dengan Dunia Nyata? Teknologi VR (Virtual Reality) Menjadi Solusi Mendapatkan Pengalaman Baru

Firman Allah dalam Al-Qur’an menegaskan bahwa setiap keinginan yang dimaksudkan untuk mencapai sesuatu atau mengubah suatu keadaan harus disertai dengan ikhtiar orang tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak manusia yang berdoa kepada Tuhan untuk memohon perlindungan agar dijauhkan dari hal-hal negatif atau buruk. Selain itu juga untuk memohon agar dapat mencapai keadaan yang baik dan bermanfaat. Doa tersebut misalnya dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِك َ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَ Tuhan memberkatimu ّجَالِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. (HR. Abu Dawud).

Baca Juga: Edukasi Baligh dan Tanda-Tandanya Bagi Wanita

Leave a Comment