Dampak Buruk dari Sifat Terlalu Idealis, Berpengaruh pada Masa Depan?

Ihwal.id – Pernahkah kamu merasa kesal dengan temanmu yang terlalu idealis? Segalanya harus berjalan sesuai rencananya, atau dia tidak akan menerima upaya improvisasi yang kami lakukan.

Atau mungkin kamu yang punya sifat ini? Mungkin kamu juga pernah kesal dengan karaktermu yang satu ini.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas, Cobain!

Mengapa saya menghabiskan begitu banyak waktu untuk membuat perencanaan, mengapa orang lain tidak dapat memenuhi apa yang Anda inginkan. Pertanyaan seperti ini mungkin sering terlintas di kepala kaum idealis.

Meski idealisme punya banyak sisi positif, namun faktanya sifat tersebut bisa berdampak buruk juga lho bagi kehidupanmu. Baik itu kehidupan pribadi Anda atau kehidupan sosial Anda.

Orang yang cenderung memiliki sifat idealis akan sedikit kesulitan menghilangkan sifat tersebut. Namun, layaknya kehidupan, semuanya harus seimbang. Sifat ini bisa dikurangi secara perlahan agar hidup lebih mudah di kemudian hari.

Baca Juga: Lakukan Ini Jika Anak Anda Menjadi Bullying

Untuk mengurangi sifat terlalu idealis, Anda harus mengetahui terlebih dahulu dampak negatif dari memiliki sifat terlalu idealis. Berikut dampak buruk yang bisa timbul jika Anda memiliki sifat idealis berlebihan.

1. Takut gagal

Kaum idealis umumnya tidak bisa mentolerir kegagalan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap rencana yang mereka buat. Terkadang, kegagalan itu perlu. Dampak buruknya, alih-alih belajar dari kegagalan, Anda justru akan merasa tertekan saat menghadapi kegagalan.

2. Tidak mau menerima masukan

Sudut pandang orang lain itulah yang sangat kita perlukan dalam mencapai apa yang kita inginkan. Bagi seorang idealis, masukan dari orang lain akan terdengar seperti lelucon. Tentu saja hal ini bukanlah sifat yang baik. Seringkali orang lain lebih bisa melihat kekurangan dari kesalahan kita dibandingkan diri kita sendiri.

3. Perfeksionis

Idealisme dan perfeksionisme seolah-olah merupakan satu kesatuan. Orang yang mempunyai sifat idealis pasti mempunyai sifat perfeksionis. Selain dampak baik dari perfeksionisme, sifat ini juga membawa dampak buruk. perfeksionisme tidak akan membawa Anda kemana-mana. Orang yang memiliki sifat ini akan cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sesuatu. Jangan lupa pepatah, “Selesai lebih baik daripada sempurna.”

Leave a Comment