Cara Untuk Mengatasi Aplikasi Crash di Ponsel Android

Dalam beberapa tahun terakhir. Banyak pengguna Android yang sepenuhnya bergantung pada perangkat ponsel cerdas untuk melakukan tugas apa pun dan semuanya menggunakan aplikasi yang penting.

Aplikasi sangat berguna bagi setiap pengguna android namun seringkali terjadi permasalahan pada saat aplikasi tersebut dibutuhkan, mungkin hal ini terjadi ketika aplikasi yang anda simpan banyak sehingga terjadi masalah dan aplikasi menjadi crash.

Kenapa Aplikasi Android Sering Crash?

Ketika aplikasi Anda berhenti bekerja dan crash maka mungkin ada sesuatu yang salah seperti kesalahan sistem android atau aplikasi dari pengembang yang bermasalah.

3 Alasan Mengapa Aplikasi Tiba-tiba Berhenti dan Error

Pada dasarnya, ada beberapa alasan di balik masalah aplikasi mogok seperti, Anda memperbarui perangkat lunak perangkat tetapi lupa memperbarui aplikasi atau mengunduh pembaruan aplikasi kemudian terjadi masalah mogok.

Begitu pula ketika ruang penyimpanan memori pada perangkat Android penuh, maka aplikasi bisa saja tidak berfungsi dengan baik dan bisa saja crash saat aplikasi dijalankan. Hal ini bisa terjadi ketika Anda menyimpan terlalu banyak data di memori internal.

Semua aplikasi memerlukan koneksi jaringan yang baik karena jika jaringan bagus maka jelas perangkat dan aplikasi akan berjalan dalam kondisi lebih baik. Namun aplikasi yang membutuhkan koneksi internet yang baik akan crash atau error jika koneksi internet bermasalah atau tidak stabil.

Semua ini adalah beberapa alasan umum yang dapat menyebabkan masalah aplikasi mogok di perangkat Android.

Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Crash di Android?

Hapus Data Aplikasi dan Cache

Penggunaan aplikasi secara rutin dapat memperlambat kinerja ponsel Android karena cache disimpan dan Anda tidak menghapusnya. Hal ini terutama terjadi ketika Anda menggunakan beberapa aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Viber, Instagram, dll.

Menghapus semua data dan cache aplikasi akan membantu menyelesaikan masalah kerusakan aplikasi. Untuk menghapus data dan cache aplikasi, ikuti langkah-langkah yang diberikan:

Buka Pengaturan > Manajer Aplikasi > Aplikasi. Di sana Anda harus memilih aplikasi yang crash dan error dan tekan Clear cache dan Clear data.

Mulai ulang Ponsel Android

Ketika Anda mengalami masalah aplikasi crash dan error, tanpa berpikir dua kali Anda harus merestart Android terlebih dahulu. Ini akan membantu memperbaiki aplikasi yang mogok, karena semua aplikasi akan ditutup.

Melakukan proses ini akan membuat ponsel Anda bebas dari penyumbatan memori dan perangkat Anda akan berjalan lebih lancar.

Untuk melakukan restart pada smartphone cukup dengan menekan tombol power agak lama hingga muncul menu restart. klik opsi restart dan android akan reboot.

Perbarui Sistem OS Android

Seringkali aplikasi crash karena OS dari Android kamu belum terupdate. Jadi Anda dapat memperbarui perangkat lunak Anda dengan versi terbaru dan versi baru akan meningkatkan kinerja Android dan juga dapat memperbaiki beberapa bug atau masalah.

Untuk melihat apakah ponsel Android memerlukan pembaruan os atau tidak, pertama-tama buka Pengaturan > Gulir ke bawah dan klik Tentang perangkat > Pembaruan perangkat lunak atau Pembaruan sistem.

Gunakan Koneksi Internet yang Baik

Berkali-kali aplikasi mogok dan error karena mengubah koneksi jaringan ke Wi-Fi atau data seluler. Jika ponsel Android menggunakan jaringan yang buruk maka aplikasi mungkin crash saat digunakan. Jadi pemilihan jaringan memegang peranan penting dalam menjalankan aplikasi.

Periksa data Anda apakah terhubung dengan benar atau tidak. Anda harus mematikan data perangkat dan kemudian me-restart ponsel Android. Aktifkan kembali data seluler atau Wi-Fi untuk melihat apakah masalah telah teratasi atau belum.

Buat Ruang Penyimpanan di Android

Tidak memiliki cukup ruang penyimpanan adalah masalah besar yang menyebabkan masalah aplikasi mogok. Jadi cobalah mengosongkan sebagian ruang penyimpanan dengan menghapus data atau aplikasi yang tidak berguna.

Anda dapat memindahkan data ke kartu SD dengan masuk ke Pengaturan > Manajer aplikasi > Aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan.

Kemudian Anda akan masuk ke halaman info aplikasi di mana Anda akan mendapatkan opsi ‘Pindahkan ke kartu SD’. Ini akan membantu untuk membuat ruang di Android.

Perbarui semua Aplikasi

Selalu memperbarui aplikasi sangat penting karena dapat membantu memperbaiki masalah apa pun seperti kerusakan atau kesalahan aplikasi. Pengembang selalu berusaha memberikan pengalaman yang lebih baik kepada penggunanya di semua aplikasi tanpa komplikasi.

Jadi, setiap kali ada pembaruan aplikasi, jangan lupa untuk selalu memperbaruinya untuk memperbaiki berbagai masalah.

Reset Pabrik

Ketika semua metode di atas tidak berhasil maka Anda dapat mencoba langkah terakhir ini untuk memperbaiki masalah aplikasi mogok di Android. Reset pabrik adalah langkah yang akan menghapus semua data Anda dari perangkat termasuk aplikasi, pengaturan, file, dll.

Jadi sebelum melakukan proses ini, jangan lupa untuk membackup semua data di tempat yang aman. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka Pengaturan > Cadangkan & Reset > Klik Reset data pabrik > Reset perangkat untuk mengonfirmasi

Tips Mengatasi Aplikasi Crash di Android

Pengguna Android mungkin menghadapi masalah aplikasi mogok di Android kapan saja, tetapi ada cara untuk menghindari kondisi seperti aplikasi mogok dan kesalahan.

  • Jangan menginstal terlalu banyak aplikasi di ponsel android.
  • Selalu bersihkan data cache dan data aplikasi.
  • Pastikan juga semua aplikasi Anda terupdate termasuk software (OS)

Secara umum terlihat bahwa ketika pengguna Android menginstal banyak aplikasi dan perangkat lunaknya tidak mutakhir maka aplikasi tersebut mogok. Jadi pengguna android sebaiknya menghindari menginstal semua aplikasi yang tidak diinginkan dan mencoba memberikan ruang kosong di memori agar ponsel android dapat berjalan dengan lancar tanpa masalah.

Kata kuncicara mengatasi aplikasi android crash –

Leave a Comment