Cara Mudah Daftar PKH Online 2020 Melalui HP: Langkah-Langkah Terbaru dan Praktis

Cara Daftar Pkh Online 2020 lewat hp

Cara daftar PKH online 2020 lewat hp mudah dengan mengunjungi website resmi Kementerian Sosial. Mendapatkan bantuan sosial untuk keluarga kurang mampu.

Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang ingin mendaftar program bansos PKH secara online! Kini pendaftaran PKH bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Pertama-tama, pastikan ponsel Anda terhubung dengan internet dan kunjungi website resmi Kementerian Sosial RI. Setelah itu, klik menu PKH Online dan pilih opsi Daftar. Jangan lupa siapkan beberapa dokumen penting seperti KTP, KK, dan Surat Keterangan Kurang Mampu (SKTM) sebagai persyaratan utama.

Selanjutnya isi formulir pendaftaran dengan teliti dan pastikan informasi yang Anda berikan benar dan akurat. Setelah selesai tunggu konfirmasi dari petugas PKH melalui SMS atau email. Tak perlu khawatir, proses verifikasi data biasanya hanya memakan waktu beberapa hari saja.

Dengan kemudahan tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dan cepat mendapatkan bantuan sosial yang dibutuhkannya. Jangan ragu untuk mencoba cara daftar PKH online 2020 lewat hp, siapa tahu Anda salah satu penerima manfaat program ini.

PKH Online 2020: Kemudahan Pendaftaran Program Perlindungan Sosial

PKH

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program perlindungan sosial yang dikelola oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Program ini memberikan bantuan tunai kepada keluarga miskin dan rentan. PKH bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, meningkatkan kondisi kesehatan, pendidikan dan gizi keluarga miskin dan rentan. Dalam upaya mempermudah pendaftaran program ini, Kementerian Sosial telah meluncurkan PKH Online 2020 yang dapat diakses melalui smartphone. Berikut cara daftar PKH Online 2020 melalui ponsel.

Persyaratan Pendaftaran PKH

Sebelum mendaftar PKH Online 2020 melalui ponsel, pastikan Anda memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kementerian Sosial. Persyaratan ini meliputi:

  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Berdomisili di wilayah yang telah ditetapkan sebagai sasaran PKH
  • Masuk dalam kategori keluarga miskin atau rentan
  • Tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lainnya

NIK

Cara Daftar PKH Online 2020 lewat HP

Berikut langkah-langkah pendaftaran PKH Online 2020 melalui ponsel:

Langkah 1: Download Aplikasi e-Samsat

Download aplikasi e-Samsat di Google Play Store atau Apple App Store. Aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 25 MB dan dapat diunduh secara gratis.

e-Samsat

Langkah 2: Buka Aplikasi e-Samsat

Buka aplikasi e-Samsat yang sudah didownload pada langkah pertama. Setelah itu pilih menu PKH.

e-Samsat

Langkah 3: Isi Data Pribadi

Masukkan NIK dan nomor ponsel yang digunakan saat mendaftar PKH. Pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan data yang terdaftar di Dukcapil.

Mengisi daya

Langkah 4: Verifikasi Nomor Ponsel

Setelah mengisi data diri, sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel yang telah dimasukkan. Masukkan kode verifikasi untuk melanjutkan proses pendaftaran.

Verifikasi

Langkah 5: Isi Data Keluarga

Setelah berhasil verifikasi nomor ponsel, isikan data keluarga yang terdiri dari kepala keluarga, anggota keluarga, dan data rumah tangga.

Mengisi daya

Langkah 6: Unggah Dokumen Pendukung

Unggah dokumen pendukung seperti KTP, KK, Akta Kelahiran, dan Surat Keterangan Kurang Mampu (SKTM) melalui aplikasi e-Samsat. Pastikan dokumen yang diunggah berformat JPG atau PNG dan ukurannya tidak melebihi 1 MB.

Mengunggah

Langkah 7: Konfirmasi Data

Setelah mengisi data diri, data keluarga, dan dokumen pendukung, lakukan konfirmasi terhadap data yang telah diisi. Pastikan data yang diisi sudah benar sebelum melakukan pendaftaran.

Konfirmasi

Langkah 8: Tunggu Verifikasi

Setelah mengajukan pendaftaran, tunggu verifikasi dari Kementerian Sosial. Jika permohonan diterima, Anda akan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pencairan bantuan.

Tunggu

Kesimpulan

Pendaftaran PKH Online 2020 melalui ponsel sangat mudah dan praktis. Dengan aplikasi e-Samsat, masyarakat dapat mendaftar tanpa harus datang ke kantor desa atau dinas sosial setempat. Namun pastikan data yang diisi benar dan lengkap agar proses verifikasi dapat berjalan lancar.

Cara Daftar PKH Online 2020 Lewat Ponsel: Langkah demi Langkah

Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan finansial, Program Keluarga Harapan (PKH) bisa menjadi solusi yang tepat. Untuk mengajukan program ini, kini telah tersedia cara daftar PKH online 2020 melalui ponsel yang lebih mudah dan praktis. Namun sebelum memulai proses pendaftaran, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

1. Persyaratan pendaftaran PKH Online melalui ponsel

Pertama-tama, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut untuk bisa mendaftar PKH:

  • Penduduk Indonesia yang mempunyai KTP.
  • Keluarga yang tergolong miskin atau rentan miskin.
  • Tidak sedang menerima bantuan sosial lainnya seperti Program Keluarga Sejahtera (PKS), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Sembako.
  • Memiliki anggota keluarga yang berusia di bawah 18 tahun atau lanjut usia.

2. Langkah Pertama: Download Aplikasi PKH 2020

Langkah pertama untuk mendaftar PKH online melalui ponsel adalah dengan mendownload aplikasi PKH 2020. Anda bisa menemukannya di Google Play Store atau App Store di smartphone Anda.

3. Langkah Kedua: Daftar dan Buat Rekening PKH

Setelah aplikasi PKH 2020 terunduh, buka aplikasi dan lakukan proses pendaftaran. Anda akan diminta memasukkan nomor ponsel dan membuat kata sandi untuk akun PKH Anda.

4. Langkah Ketiga: Verifikasi Nomor Ponsel

Setelah mendaftarkan nomor ponsel Anda, Anda akan menerima kode verifikasi melalui SMS. Masukkan kode tersebut ke dalam aplikasi PKH 2020 untuk memverifikasi nomor ponsel Anda.

5. Langkah Keempat: Isi Data Keluarga dengan Benar

Selanjutnya isi data keluarga dengan benar pada aplikasi PKH 2020. Pastikan semua data yang Anda masukkan sesuai dengan data kependudukan di KTP.

6. Langkah Kelima: Upload Dokumen Pendukung

Setelah mengisi data keluarga, Anda harus mengunggah beberapa dokumen pendukung seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Pastikan dokumen yang diunggah dalam format yang sesuai dan jelas.

7. Langkah Keenam: Konfirmasi dan Verifikasi

Setelah semua data dan dokumen terunggah, periksa kembali seluruh informasi yang Anda masukkan pada pengajuan PKH 2020 dan pastikan semuanya sudah benar. Kemudian, konfirmasi dan verifikasi aplikasi.

8. Langkah Terakhir: Tunggu Persetujuan dari Pihak Berwenang

Setelah proses verifikasi selesai, Anda harus menunggu persetujuan dari pihak yang berwenang untuk mendapatkan bantuan PKH. Jika disetujui, Anda akan mendapatkan notifikasi pada pengajuan PKH 2020.

9. Tips Penting Daftar PKH Online Lewat Ponsel

Berikut beberapa tips penting untuk memudahkan proses pendaftaran PKH online melalui ponsel:

  • Pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat.
  • Siapkan semua dokumen pendukung yang diperlukan.
  • Masukkan data dengan benar dan sesuai dengan data kependudukan di KTP.
  • Periksa kembali semua informasi sebelum mengonfirmasi dan memverifikasi.
  • Jangan ragu untuk menghubungi pihak berwajib jika ada kendala teknis pada pengajuan PKH 2020.

10. Bantuan dan Dukungan Masalah Teknis pada Aplikasi PKH

Jika Anda mengalami kendala teknis pada aplikasi PKH 2020, Anda dapat menghubungi call center PKH yang tersedia di aplikasi. Tim teknis akan membantu Anda untuk memecahkan masalah tersebut.

Dengan mendaftar PKH online 2020 melalui ponsel yang mudah dan praktis, diharapkan semakin banyak masyarakat yang bisa mendapatkan bantuan PKH untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sejak dilaksanakannya program PKH (Program Keluarga Harapan) oleh pemerintah Indonesia, banyak keluarga miskin yang merasakan manfaat dari program ini. Namun untuk bisa mendapatkan bantuan program PKH, keluarga miskin harus mendaftar terlebih dahulu menjadi peserta PKH. Salah satu cara praktis untuk mendaftar PKH adalah melalui telepon seluler.

Berikut sejumlah langkah yang harus dilakukan untuk mendaftar PKH online 2020 melalui ponsel:

  1. Siapkan ponsel dengan koneksi internet yang stabil
  2. Buka website resmi PKH di https://pkh.kemensos.go.id/
  3. Pilih menu Pendaftaran
  4. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar
  5. Unggah dokumen yang diperlukan seperti KTP, KK, dan surat keterangan miskin
  6. Kirimkan formulir pendaftaran
  7. Tunggu konfirmasi dari petugas PKH

Kelebihan cara daftar PKH online 2020 lewat hp ini sangat praktis dan mudah dilakukan. Selain itu, tidak perlu datang langsung ke kantor PKH sehingga menghemat waktu dan biaya transportasi.

Namun ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan dalam menggunakan metode pendaftaran PKH online 2020 melalui ponsel, antara lain:

  • Jaringan internet yang tidak stabil dapat menyebabkan tertundanya proses pendaftaran
  • Ketidaklengkapan dokumen persyaratan dapat mengakibatkan pendaftaran ditolak
  • Kesalahan pengisian formulir pendaftaran dapat mempengaruhi keabsahan data
  • Tidak ada petunjuk yang jelas dalam menggunakan website PKH

Dalam hal ini, sebagai warga negara yang baik, kita harus tetap menggunakan cara pendaftaran PKH online 2020 melalui ponsel dengan bijak dan bertanggung jawab. Pastikan untuk selalu melengkapi dokumen yang diperlukan dan mengisi formulir pendaftaran dengan benar dan teliti untuk mendapatkan manfaat maksimal dari program PKH.

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara daftar PKH online 2020 melalui ponsel ini. Dalam proses pendaftaran PKH, kini masyarakat dapat memanfaatkan teknologi dengan melakukan pendaftaran secara online, khususnya melalui telepon seluler.

Tentunya cara ini akan mempermudah proses registrasi dan meminimalisir kesalahan data yang sering terjadi pada proses registrasi manual. Namun pastikan bahwa Anda telah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan dan memahami petunjuk serta langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum memulai proses pendaftaran.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi cara daftar PKH online 2020 lewat hp. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan jadwal pendaftaran dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Terus berupaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga Anda melalui program PKH. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Video Cara Daftar Pkh Online 2020 Lewat HP

Kunjungi Video

JURNALISTIK – CARA DAFTAR PKH ONLINE 2020 MELALUI HP

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat mengenai cara mendaftar PKH online 2020 melalui ponsel:

  1. Apa itu PKH?

  • Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan sosial dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Bagaimana cara daftar PKH online 2020 lewat hp?

    • Pertama-tama, pastikan Anda memiliki akses internet dan smartphone yang terhubung ke jaringan.
    • Kunjungi website resmi PKH di https://pkh.kemensos.go.id/.
    • Pilih menu Pendaftaran Online.
    • Isi formulir yang tersedia dengan lengkap dan benar.
    • Simpan nomor pendaftaran yang diberikan sebagai bukti pendaftaran.
  • Siapa saja yang berhak menerima bantuan PKH?

    • Keluarga miskin dengan kriteria tertentu, misalnya mempunyai anggota keluarga yang sakit atau cacat, anak usia dini, ibu hamil atau menyusui, dan lain-lain.
  • Dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendaftar PKH?

    • Fotokopi KTP/KK.
    • Copy buku tabungan.
    • Fotokopi akta kelahiran bagi anggota keluarga yang berusia di bawah 7 tahun.
    • Surat keterangan sakit atau cacat dari dokter, jika ada.

    Dengan mengetahui cara mendaftar PKH online 2020 melalui ponsel, diharapkan masyarakat yang membutuhkan dapat segera mengajukan dan mendapatkan bantuan sesuai kebutuhannya. Terima kasih telah membaca.

    Leave a Comment