Cara Menyimpan File di Google Drive Android, Mudah Banget

Cara menyimpan file di Google Drive Android bisa dengan mudah dilakukan oleh siapa saja. Sebab, aplikasi ini tersedia di semua perangkat smartphone sehingga semua orang bisa menggunakannya dengan mudah.

Melakukan penyimpanan di drive sendiri memiliki banyak keuntungan. Selain itu, layanan ini juga disebut sebagai penyimpanan kedua dan memudahkan pengguna untuk berbagi dengan orang lain.

Sebaiknya, Anda tidak menyimpan file terutama foto atau video hanya di penyimpanan Android saja. Sebab, jika disimpan di penyimpanan Android, ada risiko tinggi terhapus atau bahkan hilang terkena virus.

Memahami Aplikasi Google Storage atau Drive di Android

Google drive adalah layanan mirip cloud yang disediakan online untuk menyimpan berbagai file. Layanan ini disediakan Google sejak tahun 2012 secara gratis baik di perangkat smartphone maupun desktop.

Di layanan ini Anda bisa menyimpan berbagai file mulai dari foto, video, dokumen berbentuk word, pdf, atau bahkan excel. Anda bisa memanfaatkan penyimpanan yang disediakan hingga 15 GB.

Jika Anda ingin menambah penyimpanan, Anda perlu meningkatkan akun Anda. Cara menyimpan file di Google Drive Android juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengunggahnya ke aplikasi.

Tidak hanya digunakan untuk menyimpan, layanan ini juga memiliki fitur pengeditan dan berbagi dengan pengguna lain. Misalnya mengetik, membuat, menginput gambar, dan lainnya.

Untuk memanfaatkan layanan ini, Anda harus terhubung ke internet selama menggunakannya. Karena aplikasi ini didesain untuk digunakan secara online, baik untuk membuka maupun mengedit file.

Cara Membuat Akun Google Drive

Sebelum membahas cara menyimpan file di Google Drive Android, tentunya Anda harus mengetahui cara membuat akun. Berikut beberapa langkah membuat akun penyimpanan atau drive Google.

  1. Buat Akun Email Terlebih Dahulu

Jika Anda ingin memiliki layanan penyimpanan Google, tentunya Anda perlu membuat akun Gmail terlebih dahulu. Karena untuk mengaksesnya memerlukan akun gmail yang terintegrasi dengan layanan tersebut.

  1. Isi Formulir Pendaftaran Email

Saat mendaftar ada berbagai biodata yang perlu diisi sebagai syarat pembuatannya. Misalnya saja seperti nama, alamat, nomor hp, email pemulihan, negara, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Buat Kata Sandi

Untuk mengamankan sebuah akun tentunya memerlukan password agar tidak mudah dirusak oleh orang lain. Buat kata sandi yang kuat dengan menggabungkan huruf, angka, dan beberapa simbol.

  1. Tinjau Semua Persyaratan

Dalam pembuatan gmail, ada berbagai syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Pastikan Anda sudah membaca dan menyetujui semua ketentuan ini, centang kolom jika sudah melihatnya.

  1. Buka Aplikasi Google Drive

Jika keempat langkah di atas sudah terpenuhi, maka Anda sudah berhasil membuat akun penyimpanan Google. Dengan begitu Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu menyimpan file.

Langkah-langkah cara menyimpan file di Google Drive Android

Menyimpan data di drive juga dinilai lebih aman dibandingkan menyimpan di perangkat desktop seperti komputer dan smartphone. Berikut adalah beberapa langkah untuk menyimpan file di drive android.

  1. Pertama-tama pastikan anda mempunyai Google Drive, jika belum download terlebih dahulu di playstore.
  2. Jika sudah terpasang, buka dan masuk ke menu upload.
  3. Anda dapat mengunggah dengan membuat folder baru atau sekadar menambahkan file.
  4. Pilih file, pastikan sesuai dengan yang ingin disimpan atau diupload ke Google Drive.
  5. Tunggu hingga proses upload selesai, setelah itu Anda bisa mengeceknya kembali.

Salah satu layanan paling penting dan berguna untuk penyimpanan file, Google Drive adalah pilihan yang tepat. Cara menyimpan file di Google Drive Android juga cukup mudah sehingga semua orang bisa menggunakannya.

Leave a Comment