Cara Mengetahui Resolusi Foto Dengan Mudah Dan Cepat

Setiap foto yang masih berbentuk digital mempunyai ukuran resolusi. Resolusi foto dipengaruhi oleh banyak hal seperti perangkat yang digunakan serta pengaturan gambar. Cara mengetahui resolusi foto sebenarnya sangat mudah. Namun sebagian orang mungkin tidak mengetahuinya.

Terlebih lagi kebanyakan orang memahami resolusi foto dalam satuan mb atau kb. Padahal resolusi yang dimaksud memiliki satuan pixel atau px. Pixel sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menentukan jumlah titik pada sebuah foto.

Mengetahui resolusi pada sebuah foto memang sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang menekuni dunia digital kreatif. Sebab resolusi foto akan mempengaruhi kualitas foto ketika diunggah ke media sosial atau dicetak untuk berbagai keperluan.

Jadi, foto yang mempunyai resolusi besar berarti ukuran pikselnya juga besar. Foto yang mempunyai ukuran besar akan lebih bagus, jernih dan tajam. Sebaliknya jika ukuran resolusinya rendah maka foto terlihat kurang bagus dan pecah-pecah.

Selain kualitas foto, besar kecilnya resolusi juga mempengaruhi proses pengeditan foto, penyimpanan foto dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara mengetahui kualitas foto melalui resolusinya baik di Android maupun di laptop mungkin akan sangat mudah bagi sebagian orang yang sudah terbiasa dengan dunia grafis. Namun mengetahui resolusi foto bagi orang awam tentu sangat membingungkan.

Artikel dari revolutiontekno.com akan membahas langkah-langkah caranya cara mengetahui resolusi foto. Anda bisa membaca tutorial berikut sekaligus prakteknya agar lebih mudah. Berikut ulasannya.

Cara mengetahui resolusi foto dengan mudah dan cepat

  1. Mengetahui resolusi foto di android

Cara mengetahui resolusi foto di android pada dasarnya sangat sederhana. Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk mengetahui resolusi foto. Anda hanya perlu menggunakan galeri atau aplikasi foto yang ada di Android Anda.

Selain melalui galeri atau aplikasi foto, Anda juga bisa mengetahui resolusi foto melalui aplikasi file manager.

Langkah pertama untuk mengetahui resolusi foto melalui galeri hp adalah dengan memilih foto yang ingin dicek resolusinya di galeri. Lalu tekan menu, atau biasanya berbentuk tiga titik di bagian atas atau bawah layar ponsel. Selanjutnya pilih detail.

Setelah itu Anda bisa mengecek ukuran resolusi dengan melihat di bagian dimensi. Dimensi akan menampilkan panjang dan lebar, misal panjang dan lebar 100 x 150 berarti itu adalah ukuran resolusi foto.

Langkah kedua adalah dengan menggunakan aplikasi file manager atau file explorer. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk menyimpan file dari ponsel dan memori eksternal.

Cara mengetahui resolusi foto dengan file manager yaitu dengan membuka file DCIM jika foto yang ingin di cek berasal dari hp anda seperti screen shot atau foto hasil jepretan kamera hp.

Setelah itu pilih foto yang ingin diketahui resolusinya, buka dan pilih ikon atau menu tiga titik yang tersedia di bagian atas atau bawah layar ponsel Anda. Setelah itu pilih Detail. Resolusi foto dapat diketahui dari detail dimensi foto, jika pada dimensi panjang dan lebar foto menunjukkan angka 100 x 150 berarti itu adalah ukuran resolusi foto anda.

Yang perlu kamu ketahui, setiap ponsel mungkin mempunyai istilah yang berbeda-beda untuk menunjukkan fungsinya. Jadi pahami inti artikel ini dan sesuaikan dengan fitur-fitur yang ada di ponsel Anda.

  1. Cari tahu resolusi foto di laptop atau PC Anda

Cara mengetahui resolusi foto di laptop caranya sangat mudah. Cara pertama cukup arahkan kursor ke foto yang ingin kamu ketahui resolusinya. Arahkan saja, jangan diklik.

Melakukannya akan menampilkan tooltip yang menyajikan detail foto sederhana. Nah, Anda bisa mengetahui jenis foto, ukurannya dalam kb atau mb, dan juga dimensi foto yang merupakan resolusi dari foto itu sendiri.

Cara mengetahui resolusi foto Anda juga dapat melakukan lebih detail dengan mengklik foto. Kemudian klik kanan pada foto yang dipilih. Kemudian temukan dan properti dan klik.

Di bagian atas terdapat opsi berupa umum, keamanan. Detail dan versi sebelumnya, Anda hanya perlu memilih dan klik detail. Selanjutnya periksa bagian dimensi. Sekarang, Anda dapat melihat dimensi keseluruhan baik berat dan tinggi badan atau tinggi dan lebar foto.

Jika dimensinya tercantum 150 x200 maka itulah resolusi yang dimiliki foto Anda.

Itu adalah beberapa cara mengetahui resolusi foto baik melalui ponsel maupun laptop dan PC. Sangat mudah bukan? Kalaupun latihan, hanya butuh beberapa detik saja lho!

Anda bahkan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Anda tinggal menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh ponsel atau laptop Anda. Sekarang Anda tahu cara mengetahui resolusi foto Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengatasi permasalahan anda, selamat mencoba!

Kata kuncihttps://www Revolusitekno com/3298/how-to-know-resolusi-photo html – https://www Revolusitekno com/3298/how-to-know-resolusi-photo html#:~:text=Langkah pertama untuk mengetahuinya Selanjutnya pilih detail –

Leave a Comment