Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android

Ingin mendapatkan kembali file yang terhapus di ponsel, cara mengembalikan file yang sudah lama terhapus di Android bisa membantu. Dengan cara ini proses pemulihan data dapat dilakukan dengan mudah.

Terkadang, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda telah menghapus suatu data penting di ponsel Anda sehingga ketika Anda mencarinya, Anda tidak dapat menemukannya. Atau bahkan datanya hilang karena dibersihkan secara otomatis.

Jika Anda mengalami situasi tersebut tentu akan sangat membingungkan, apalagi jika Anda termasuk orang yang kurang berpengalaman dalam hal teknologi ponsel Android. Apalagi jika file-file tersebut penting atau harus digunakan untuk bekerja.

Kali ini kami ingin berbagi cara mengembalikan file yang hilang di Android dengan trik mudah. Anda dapat memilih opsi untuk mendapatkan kembali file menggunakan salah satu dari 3 metode di bawah ini.

Pemulihan File yang Dihapus Melalui Recycle Bin Android

Cara pertama adalah mencari kembali file Anda melalui Recycle Bin. Jadi bukan hanya komputer Anda saja yang memiliki Recycle Bin, tapi ponsel Anda juga. Hanya saja banyak yang belum mengetahuinya. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan file atau foto atau video:

  1. Buka “ES File Explorer” biasanya semua ponsel Android memilikinya. Anda dapat mencarinya di aplikasi seluler atau menggunakan tombol pencarian.
  2. Geser bilah kiri dan temukan Menu Tools. Tools berisi berbagai pilihan menu untuk menjelajahi pilihan ponsel Android.
  3. Masuk ke folder Recycle Bin.
  4. Kemudian pilih foto, video atau dokumen yang ingin Anda pulihkan.
  5. Kemudian tekan tombol titik tiga di kanan atas dan ambil opsi Pulihkan.
  6. Semua file pilihan Anda telah kembali ke tempat semula, silakan lakukan pengecekan.

Cara Mengembalikan File yang Lama Terhapus di Android Menggunakan Akun Google

Semua ponsel Android selalu terhubung dengan akun Google, karena saat pertama kali menghidupkan perangkat, Anda akan dimintai pilihan untuk membuat akun Google terlebih dahulu. Dengan akun ini, Anda juga dapat mengembalikan semua foto atau video atau dokumen yang terhapus, dengan cara:

  1. Buka Google Drive di ponsel Anda.
  2. Kemudian login menggunakan akun yang terdaftar di ponsel. Jika Anda lupa akun dan kata sandi, silakan buka Gmail terlebih dahulu untuk memeriksanya.
  3. Setelah bisa login, cari tab folder Foto, Album, Arsip, dan Sampah.
  4. Maka akan muncul semua file yang sudah terhapus dari hp anda.
  5. Kemudian unduh file yang diperlukan dan periksa kembali penyimpanan ponsel untuk melihat apakah file tersebut kembali atau tidak.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Menggunakan Aplikasi Dumpster

Jika kedua cara di atas kurang memuaskan, Anda bisa menggunakan opsi ketiga yaitu menggunakan aplikasi gratis di Playstore bernama Dumpster. Aplikasi ini dapat membantu memulihkan foto, video atau dokumen yang terhapus dengan langkah-langkah berikut:

  1. Download aplikasinya di Google Playstore dan install di ponsel Anda.
  2. Restart ponsel agar aplikasi dapat berjalan dengan sempurna.
  3. Buka aplikasinya dan akan langsung memindai file yang terhapus.
  4. Jika pemindaian sudah selesai, masuk ke menu Recycle Bin. Di dalamnya Anda akan melihat file yang sebelumnya dihapus.
  5. Pilih file atau folder yang ingin Anda pulihkan atau pulihkan. Jika Anda baru saja mendownloadnya, maka semua data sudah bisa ditemukan kembali di ponsel Anda.

Sebenarnya sangat mudah dan praktis jika Anda ingin mendapatkan kembali file yang hilang, baik karena terhapus sendiri atau karena kecelakaan tangan saat pembersihan. Dengan atau tanpa aplikasi, prosesnya bisa dilakukan dengan cepat.

Sekarang, tidak perlu khawatir jika file berharga terhapus secara tidak sengaja. Karena kini telah ada cara mengembalikan file yang sudah lama terhapus di Android yang mudah dan praktis sekali.

Leave a Comment