Cara Mengatasi Tombol Windows Tidak Berfungsi

Start menu pada laptop atau PC pribadi sangatlah penting bagi perangkat komputer yang menggunakan OS Windows. Jika seandainya tombol/menu start windows tidak berfungsi, maka cari cara memperbaiki tombol windows tidak berfungsi adalah hal pertama yang akan Anda lakukan.

Kita bisa mencari berbagai aplikasi yang telah terinstal, dan mencari file yang tersimpan di komputer melalui start menu Windows. Tak heran jika kebanyakan orang akan panik jika tombol start menu Windows tidak berfungsi karena tombol tersebut sangat vital untuk perangkat komputer berbasis OS Windows.

Sebelum mencari cara memperbaiki tombol windows tidak berfungsi, alangkah baiknya anda memahami terlebih dahulu penyebab tombol start menu tidak berfungsi. Masalah yang sering terjadi adalah start menu tidak bisa muncul sama sekali dan bisa muncul namun harus menunggu beberapa detik namun tetap tidak berfungsi.

Ada beberapa penyebab terjadinya hal tersebut, yaitu rusaknya tombol windows, rusaknya file start menu, terdapat file error pada windows explorer, start menu tidak dapat berfungsi pada akun microsoft kita, dan windows mendeteksi adanya error pada start menu.

Tetap tenang dan jangan khawatir, kali ini saya akan berbagi cara memperbaiki tombol windows tidak berfungsi di perangkat komputer Anda, dan berikut cara yang bisa Anda ikuti.

Cara Mengatasi Tombol Windows/Start Menu Tidak Berfungsi

1. Periksa Tombol Windows pada Keyboard

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan kerusakan tidak terjadi pada tombol Windows di keyboard. Jika kerusakan terjadi pada keyboard, maka cara yang akan saya bahas selanjutnya tidak akan ada gunanya.

Coba klik icon windows di taskbar, jika berhasil berarti tombol windows anda rusak. Anda dapat memperbaikinya dengan mengganti keyboard atau membawa keyboard Anda sendiri untuk diperbaiki. Jika Anda pengguna laptop, silakan gunakan keyboard eksternal tambahan terlebih dahulu.

2. Mulai ulang Windows Explorer

Cara yang satu ini terbukti ampuh karena dengan melakukan restart Windows Explorer biasanya dapat membantu menyelesaikan semua masalah software yang dialami komputer.

Karena windows explorer sendiri merupakan induk atau pusat dari semua software dan sistem lain yang ada pada perangkat komputer kita. Simak cara berikut untuk me-restart windows explorer Anda.

  • Buka task manager, silahkan tekan tombol Ctrl + Shift + ESC secara bersamaan atau klik kanan pada task bar dan pilih “Start task manager”.
  • Buka tab proses, lalu cari dan pilih file “windows explore”.
  • Setelah memilih file windows explorer, silahkan klik tombol “restart” yang ada di kanan bawah layar atau bisa juga klik kanan pada file windows explorer lalu tekan “end task”.

Kemudian layar laptop anda akan berkedip dan icon start menu akan hilang untuk sementara. Jangan panik, tugas Anda hanya perlu menunggu hingga Windows Explorer dijalankan kembali, lalu Anda bisa mencoba menekan start menu Windows yang mengalami error.

3. Akhiri Menu Mulai Tugas

Cara berikut ini hampir sama dengan cara diatas, namun untuk bagian start menu ini kita diharuskan mengerjakan tugas akhir. Begini caranya.

  • Buka task manager, silahkan tekan tombol Ctrl + Shift + ESC secara bersamaan atau klik kanan pada task bar dan pilih “Start task manager”.
  • Buka tab proses, lalu cari dan pilih file bernama “start”.
  • Klik kanan pada file awal, lalu tekan “tugas akhir”

4. Jalankan Pemindaian File

Anda dapat melakukan scan file jika terjadi kerusakan pada sistem Windows yang menyebabkan start menu Windows tidak dapat dibuka dan dapat memperbaiki sistem yang rusak tersebut.

Dengan melakukan cara berikut ini dan jika terjadi kerusakan pada sistem yang menyebabkan start menu tidak bisa dibuka maka sistem ini akan segera memperbaikinya. Inilah cara melakukannya.

  • Buka aplikasi Command Prompt (CMD) dan jalankan sebagai administrator.
  • Ketikkan perintah script “sfc/scannow” (tanpa tanda petik).
  • Tekan enter dan tunggu prosesnya selesai.

5. Jalankan Perintah DISM

Cara kali ini juga mirip dengan cara sebelumnya, hanya bedanya pada scanning file, DISM akan memperbaiki sistem Windows yang rusak menggunakan pembaruan sistem yang ditemukan.

Pastikan saat melakukan perintah DISM perangkat anda harus terhubung dengan internet. Begini caranya.

  • Buka aplikasi Command Prompt (CMD) dan jalankan sebagai administrator.
  • Ketikkan script perintah “DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth” (tanpa tanda petik).
  • Tekan enter dan tunggu prosesnya selesai.

Tugas Anda sekarang hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai. Melakukan perintah DISM akan memakan waktu yang cukup lama yaitu kurang lebih 30 menit sehingga harus bersabar.

Baiklah, itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki tombol windows/start menu yang tidak berfungsi.

Kata kuncihttps://wwwrevolutiontekno com/3325/how-to-overcome-windows-keys-not-working html – keyboard simbol windows tidak berfungsi – tombol windows di keyboard tidak berfungsi – tombol windows tidak berfungsi –

Leave a Comment