Cara Mengatasi Tidak Dapat Menerima Kode OTP di PeduliLindungi, Mudah Banget!

TIDAK BISA MASUKKAN KODE OTP DI PEDULILINDUNGI

PeduliLindungi adalah aplikasi atau layanan yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan guna menghentikan penyebaran virus, tentunya untuk mengurangi laju penyebaran virus.

Yakni dengan mengandalkan partisipasi masyarakat untuk berbagi data lokasi saat bepergian sehingga dapat dilakukan penelusuran riwayat kontak langsung dengan penderita virus, layanan ini juga memberikan sertifikat vaksin dan menandai lokasi orang yang telah divaksin, serta pengguna juga dapat melakukan pengecekan. zona aman suatu lokasi melalui layanan ini.

melindungi

Pengguna juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di tengah keramaian atau di zona merah, yaitu area yang tercatat ada seseorang yang terjangkit virus. Sehingga dengan ini pengguna bisa lebih waspada dan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Cara Kerja PeduliLindungi

Saat Anda menginstal aplikasi PeduliLindungi, sistem akan meminta persetujuan Anda untuk mengaktifkan fitur lokasi ponsel. Hal ini untuk mengidentifikasi lokasi Anda, serta membantu Anda memberikan informasi mengenai keramaian dan zona penyebaran virus.

Hasil pelacakan tersebut tentunya dapat memudahkan pemerintah dalam mengidentifikasi siapa saja yang membutuhkan perawatan lebih lanjut sehingga penyebaran virus dapat dihentikan. Sehingga semakin banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi ini maka akan semakin membantu pemerintah dalam menangani wabah virus.

Selain itu, PeduliLindungi juga sangat menjaga kerahasiaan data pribadi Anda, agar data Anda tersimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak dibagikan kepada orang lain. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan data diri anda, karena aplikasi ini aman dan resmi dari pemerintah.

Daftar Akun PeduliLindungi

Cara mendaftar akun di PeduliLindungi sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu menginstal aplikasi PeduliLindungi dan membuat akun menggunakan email atau nomor telepon Anda. Selanjutnya Anda tinggal mendaftar, jika sudah berhasil maka Anda siap menggunakan layanan PeduliLindungi. Beberapa keuntungan menggunakan aplikasi PeduliLindungi antara lain sebagai berikut:

1. Memberikan informasi kepada pengguna mengenai keramaian dan zona merah.
2. Mendeteksi lokasi perjalanan pengguna yang terpapar virus dalam 14 hari terakhir.
3. Dapat menunjukkan hasil tes PCR atau usap antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.
4. Download sertifikat hasil vaksin.
5. Hal ini juga bisa Anda manfaatkan untuk bisa mengakses layanan publik seperti bandara dan lain-lain yang tentunya kini menjadi sebuah kebutuhan.

Nomor Telepon PeduliLindungi

Seperti yang kita ketahui, nomor telepon mempunyai peranan penting dalam menjaga keamanan akun PeduliLindungi Anda, seperti dengan menggunakan verifikasi kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor tersebut, sehingga orang lain tidak dapat mencuri akun Anda.

Namun tidak sedikit pengguna yang mengalami permasalahan terkait kode OTP di PeduliLindungi, permasalahan yang sering dialami adalah permasalahan tidak bisa menerima kode OTP di PeduliLindungi.

Lalu apa penyebab tidak bisa mendapatkan kode OTP di PeduliLindungi? bagaimana cara mengatasi tidak bisa mendapatkan kode OTP di PeduliLindungi? Bagi anda yang mengalami masalah tersebut dan belum mengetahui cara mengatasinya, anda bisa langsung menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Tidak Dapat Menerima Kode OTP di PeduliLindungi

Bagi Anda yang mengalami kendala tidak bisa menerima kode OTP di PeduliLindungi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengkonfirmasi pendaftaran akun PeduliLindungi Anda.

Jika Anda mendaftar menggunakan nomor telepon maka kode OTP akan dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon Anda, namun jika Anda mendaftar menggunakan email maka kode OTP akan dikirimkan melalui pesan email.

Hal inilah yang sering disalahartikan oleh pengguna, banyak pengguna yang menunggu kode OTP melalui SMS padahal kode OTP dikirimkan melalui pesan email karena mendaftar menggunakan email.

Tidak Dapat Menerima Kode OTP Karena Nomor Telepon Mati

Jika Anda tidak dapat menerima kode OTP karena nomor telepon Anda yang terhubung dengan PeduliLindungi sudah tidak aktif, maka hanya ada satu cara yang bisa Anda lakukan. Caranya, Anda hanya perlu menanyakan langsung solusi PeduliLindungi yaitu dengan mengirimkan pesan email ke email resmi PeduliLindungi di ([email protected]).

Selanjutnya Anda tinggal menunggu respon PeduliLindungi terkait keluhan Anda, jika beruntung pihak PeduliLindungi akan memberikan solusi untuk Anda.

Demikian yang dapat disampaikan Tomtekno mengenai cara mengatasi tidak bisa menerima kode OTP di PeduliLindungi, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment