Cara Melihat Kode QR atau Barcode MyPertamina, Mudah Banget!

CARA MENGKLAIM ATAU MENJAGA KODE QR SUBSIDI DENGAN TEPAT

Pertamina saya merupakan aplikasi layanan keuangan digital milik Pertamina dan anggota Badan Usama Milik Negara (BUMN) yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja, aplikasi ini digunakan untuk pembayaran bahan bakar minyak secara nontunai di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina.

Aplikasi MyPertamina diluncurkan pertama kali dalam bentuk kartu elektronik dan aplikasi pada bulan Agustus 2017, kemudian kartu ini dapat digunakan di mesin EDC untuk pembayaran non tunai pada saat membeli BBM, saldo awal ada di dalam aplikasi itu sendiri dan dapat dilakukan melalui ATM dan aplikasi perbankan online.

mypertamina

Kemudian sejak diluncurkannya aplikasi dompet digital LinkAja pada tahun 2019, fitur saldo pada aplikasi MyPertamina digantikan dengan integrasi dompet digital LinkAja yang merupakan gabungan aplikasi dompet digital Telkomsel, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI dan Pertamina untuk lingkungan transaksi pembayaran antar instansi BUMN.

Fungsi Aplikasi MyPertamina

Fungsi utama dari aplikasi MyPertamina adalah untuk melakukan pembayaran nontunai pada saat pembelian BBM di SPBU, pembayaran nontunai dilakukan dengan menggunakan QR code di EDC LinkAja, sehingga aplikasi MyPertamina anda harus terhubung dengan aplikasi LinkAja.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Anda harus memiliki 2 aplikasi untuk pembelian BBM di Pertamina yaitu aplikasi MyPertamina dan aplikasi LinkAja yang digunakan sebagai tempat penyimpanan saldo Anda. Selanjutnya Anda tinggal menghubungkan aplikasi LinkAja ke aplikasi MyPertamina, sehingga Anda dapat melakukan pembelian BBM dengan mudah.

Dengan adanya MyPertamina diharapkan dapat mengontrol pembelian BBM pengguna agar dapat terbagi rata, dan menghindari pembelian BBM dengan harga murah yang tidak sesuai target. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pemberian BBM bersubsidi dapat lebih tepat sasaran.

Keuntungan Menggunakan MyPertamina

Berbagai macam keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi MyPertamina yaitu pembayaran lebih mudah hanya dengan memindai kode QR sehingga diharapkan dapat mempercepat antrian di SPBU.

Selain itu, poin juga bisa Anda dapatkan ketika melakukan pembelian produk di Merchant Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamax Dex, dan MyPertamina, kemudian poin yang Anda kumpulkan dapat ditukarkan atau ditukarkan dengan berbagai hadiah yang bisa Anda dapatkan di aplikasi MyPertamina.

Kode QR atau Barcode MyPertamina

Seperti yang telah kita ketahui, setelah Anda berhasil mendaftar Hak Subsidi dan data Anda sudah diterima, Anda akan diminta untuk mendownload dan menyimpan kode QR Anda, yang mana kode QR atau barcode tersebut nantinya akan digunakan untuk mendapatkan bantuan subsidi saat membeli BBM. di pertamina.

Namun tidak sedikit pengguna yang belum memahami cara download atau melihat kode QR di MyPertamina, sehingga hal ini tentunya cukup menghambat Anda yang ingin segera mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah.

Lalu bagaimana cara melihat kode QR MyPertamina? Bagaimana cara melihat barcode MyPertamina? Bagaimana cara mengklaim kode QR MyPertamina? Bagaimana cara mengunduh kode QR MyPertamina? Bagaimana cara mendapatkan barcode MyPertamina? Untuk lebih jelasnya mengenai masalah ini, Anda bisa langsung melihat caranya secara lengkap di bawah ini.

Cara Melihat QR Code atau Barcode MyPertamina

Bagi anda yang bertanya-tanya bagaimana cara melihat barcode atau kode QR di MyPertamina sebenarnya cukup mudah, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi MyPertamina, lalu pilih menu Daftar & Transaksi seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Pertamina saya

Kemudian pilih menunya Kode QR Subsidi Kananseperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

mypertamina

Langkah selanjutnya adalah memilih Tipe pelanggan dan masukan data akun anda, lalu anda tinggal klik Klaim untuk mengambil kode QR MyPertamina Anda, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Dengan cara ini Anda akan mendapatkan file gambar kode QR yang tersimpan di ponsel Anda, sehingga bisa Anda gunakan untuk mendapatkan bantuan subsidi BBM di Pertamina.


Namun jika kode QR yang Anda maksud adalah cara scan pembayaran di Pertamina, maka Anda harus menghubungkan LinkAja dengan aplikasi MyPertamina, sehingga Anda bisa melakukan scan pembayaran dengan klik Bayar, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

mypertamina

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara melihat QR Code atau Barcode MyPertamina, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment