Cara Melepas Dan Mengganti Lcd Untuk Semua Jenis Dan Merk Laptop

TAKTIKTOP.com – Seiring bertambahnya usia laptop, kemungkinan kerusakan pada bagian-bagian laptop tinggi. Salah satu kerusakan paling umum pada laptop adalah layarnya.

Kerusakan umum pada layar laptop atau LCD biasanya dapat berupa garis-garis vertikal atau horizontal yang melintang di layar laptop, layar yang berkedip-kedip atau yang sering disebut. berkedip dan mungkin LCD blank atau tidak muncul sama sekali.

Jika ingin mengganti LCD di dealer atau service center resmi merk laptop tentunya biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit, karena rata-rata service center mematok harga yang sangat mahal untuk penggantian LCD laptop tersebut, bisa jadi kira-kira menjadi untuk laptop baru atau bahkan lebih mahal.

Padahal LCD laptop bersifat universal, artinya LCD laptop merek A bisa digunakan pada laptop merek B asalkan soket dan pelindungnya sama. Jadi, untuk penggantian sparepart LCD, sebaiknya jangan menggunakan LCD yang sama persis dengan LCD laptop yang Anda gunakan saat ini.

Jika Anda ingin mengganti LCD dengan harga yang sangat terjangkau, Anda cukup membeli modul LCD di toko atau bengkel laptop terpercaya lalu pasang sendiri. Harga pasaran LCD di luar service center berkisar antara 500 ribu hingga 1 jutaan.

Bahkan jika Anda tidak yakin untuk melepas dan memasang sendiri modul LCD, Anda dapat meminta tukang reparasi untuk memasangnya. Hanya untuk mengganti LCD Anda harus menunggu prosesnya karena prosesnya hanya memakan waktu 10 menit.

Bagi yang ingin bongkar dan pasang LCD laptop sendiri semoga artikel ini bisa membantu, sebenarnya tidak sulit membongkar dan memasang LCD yang penting pasti bisa, apalagi ada manualnya.

1. Lepaskan LCD karet
Karet tersebut adalah karet yang menutupi sekrup pengunci LCD. Biasanya terletak di sudut-sudut perumahan LCD.
Perhatikan karet yang ada pada laptop anda ada berapa, biasanya paling banyak ada empat karet, ada yang pakai dua, ada juga yang tidak pakai sama sekali.

Karet penutup sekrup LCD dilingkari pada gambar berikut.

Empat Karet
Dua penghapus
Bukan karet

Jika tidak ada karet pada LCD laptop, Anda bisa langsung melanjutkan ke langkah selanjutnya di bawah ini yaitu langsung melepas masker LCD atau bagian casing laptop yang menutupi panel LCD dari depan.

Sekarang bisakah Anda menjelaskan jenis karet apa itu? Sekarang lepaskan karet menggunakan jarum. Setelah karet dilepas seharusnya sudah ada skrup didalamnya, jadi lepas semua skrup yang ada di belakang karet.


Catatan: Tidak semua karet berbentuk bulat, ada yang berbentuk segitiga, persegi dan lain-lain.

2. Lepaskan topeng LCD
Bezel LCD adalah bagian dari casing laptop yang membungkus panel LCD dari depan. Cara menghilangkannya adalah sebagai berikut.

Melepas casing LCD

Letakkan jari Anda seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas tepat di bawah modul webcam lalu tarik perlahan untuk melepaskan housing.

Melepas casing LCD

Ikuti langkah-langkah ini di sekitar LCD laptop seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas sehingga seluruh topeng LCD dapat dilepas. Jika semua koneksi dilepas, topeng LCD dapat dengan mudah dilepas dan dilepas.

Melepas penutup engsel

Ada beberapa lini laptop yang bezel LCD-nya cukup sulit dilepas karena masih menempel di penutup engsel belakang. Untuk melepasnya, gunakan obeng pipih atau sejenisnya, masukkan ke lubang engsel dan angkat seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

3. Melepaskan kabel kamera dan sekrup LCD

Melepaskan kabel LCD dan sekrup

Sekarang topeng LCD telah berhasil dilepas, itu berarti langkah tersulit untuk membongkar LCD telah berhasil diselesaikan. Sekarang tampilan LCD sudah terlihat jelas.

Selanjutnya anda tinggal melepas kabel kamera yang dilingkari warna kuning pada gambar di atas. Selanjutnya jika tampilan bagian dalam LCD seperti gambar di atas, tinggal melepas baut LCD yang dilingkari merah.

Dengan melepas kabel kamera dan melonggarkan sekrup yang menggantung

Jika bagian dalam LCD tampak seperti gambar di atas, lepas kabel kamera yang ada di kotak merah, lalu kendurkan sekrup engsel yang dilingkari merah di bagian bawah. Selain itu dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Melepaskan sekrup LCD

Setelah melonggarkan sekrup engsel pada gambar sebelumnya, tarik modul LCD sedikit ke depan dan perhatikan sisi kanan dan kiri sekrup pengunci LCD. Lepaskan semua sekrup untuk melepas LCD dari engselnya.

4. Melepaskan kabel LCD

pelepasan kabel LCD

Setelah melepas semua baut pada langkah sebelumnya, letakkan layar LCD di atas keyboard agar kabel flex LCD terlihat. Kabel LCD adalah kabel yang dilingkari merah pada gambar di atas.

Putuskan sambungan kabel dengan mencabutnya. Jika ada perekat seperti plester atau sejenisnya, lepaskan dulu perekatnya.

Sampai di sini berarti proses pelepasan LCD laptop sudah selesai. Selanjutnya anda bisa melanjutkan ke proses instalasi, cara installnya tetap sama dengan proses uninstall, hanya urutan proses dan aksinya saja yang diubah, dari proses terakhir ke proses pertama.

obligasi

Bagikan ini

Leave a Comment