Begini Cara Mudah Menggunakan Kamera Digital Dengan Benar

Di era yang serba canggih saat ini, penggunaan kamera digital merupakan suatu hal yang sangat lumrah. Jarang ditemukan kamera yang masih menggunakan “roll film” seperti dulu.

Namun bagi sebagian orang yang baru mencobanya pasti akan menimbulkan sedikit kebingungan dalam proses penggunaannya. Lalu, bagaimana cara menggunakan kamera digital yang baik dan benar?

Sebelum menggunakan perangkat ini, alangkah baiknya jika kita mengenal lebih dalam tentang sejarah dan cara kerja kamera digital terlebih dahulu.

Bagaimana Kamera Digital Bekerja?

Anda pasti bisa menggunakan kamera digital bukan? Tapi siapa lagi yang bisa menjelaskan kepada teman-temannya bagaimana foto yang sudah diambil bisa masuk ke kamera dan muncul di layar? Disini kita akan membahas cara kerja kamera digital.

Kamera digital pertama di dunia ditemukan pada tahun 1963 oleh David Paul Gregg di Universitas Stanford di Amerika Serikat. Namun, saat itu, gambar hanya bisa disimpan beberapa menit saja. Setelah penelitian lebih lanjut, dua ilmuwan Willard Boyle dan George Smith membuat terobosan dalam fotografi digital.

Mereka mengembangkan sebuah chip yang sangat sensitif terhadap cahaya dan menyebutnya CCD (charged coupled device). Ini mungkin terdengar aneh, tetapi menyimpan satu gambar jauh lebih sulit daripada film kecil. Oleh karena itu, chip ini juga pertama kali diuji pada kamera video.

Pada tahun 1973, akhirnya tiba waktunya dan Anda dapat membeli kamera digital asli pertama, Fairchild MV-101. Beratnya mencapai empat kilogram dan mampu mengambil gambar dengan resolusi 100 x 100 piksel, yaitu 0,01 megapiksel. Sebagai perbandingan: Kamera digital 35mm yang tersedia secara komersial saat ini menghasilkan output hingga 12 megapiksel, yaitu 12 juta piksel!

Apa itu Piksel Kamera?

Kata piksel adalah kata yang dibuat-buat dan terdiri dari gambar bahasa Inggris untuk gambar dan elemen. Ini menunjukkan resolusi layar, tetapi juga ukuran file gambar di komputer dan kinerja pencitraan kamera digital.

Prinsipnya, semakin banyak piksel yang dimiliki suatu gambar, maka akan semakin detail. Ada kamera profesional yang memiliki 40 megapiksel atau lebih. Dengan kamera 35mm, seperti yang biasanya dibeli oleh perorangan, perburuan piksel yang lebih banyak bahkan menyebabkan penurunan kualitas gambar!

Langkah-Langkah Menggunakan Kamera Digital

Sebelum mulai mengambil gambar atau foto pertama Anda menggunakan kamera digital, pastikan objek gambar yang akan diambil terlihat jelas di jendela bidik.

Berikut beberapa langkah sederhana tentang cara menggunakan kamera digital:

  • Siapkan kamera digital Anda
  • Mengatur kamera ke mode Manual atau Otomatis
  • Bidik objek gambar yang akan diambil
  • Amati kondisi sekitar benda tersebut
  • Pastikan kamera stabil
  • Periksa Pencahayaan
  • Tekan tombol “rana”.

Hasil foto akan otomatis muncul di layar sebagai preview, jika kurang puas bisa mengulanginya. Jika Anda kesulitan menentukan hasil terbaik menggunakan mode Manual, disarankan untuk beralih ke mode Auto.

Bagaimana Gambar Masuk ke Kamera Digital?

Cahaya dari objek yang difoto jatuh melalui lensa ke dalam kamera. Dulunya film hanya dapat diekspos, kini terdapat chip elektronik peka cahaya, yang juga dikenal sebagai sensor.

Mirip dengan papan catur, sensor ini dibagi menjadi banyak sel kecil peka cahaya, masing-masing piksel. Komputer yang terpasang pada kamera, pengolah gambar, sekarang menghitung angka untuk masing-masing sel ini. Bergantung pada seberapa terang suatu piksel dan warna cahaya yang datang, hasilnya adalah angka yang berbeda.

Kini setelah gambar disimpan secara digital di memori kamera, gambar tersebut diproses oleh pengolah gambar. Ia menangani kesalahan kecil, misalnya saat gambar memiliki noise, yang terjadi saat mengambil gambar tanpa cahaya yang cukup. Debu pada lensa juga dapat dihilangkan dari gambar dengan prosesor.

Terakhir, gambar dikompres agar file gambar tidak menjadi terlalu besar. Area gambar yang serupa dikelompokkan bersama. Hasilnya adalah file JPG yang ditulis ke chip memori kamera dan foto digital siap pakai. Tergantung pada kameranya, ini terjadi kurang lebih cepat, namun biasanya dalam hitungan detik.

Bagaimana Terjadinya Penurunan Kualitas Gambar?

Seperti yang sudah dijelaskan, ada chip di kamera digital tempat film dulu berada. Film 35mm memiliki area peka cahaya dengan lebar 36 milimeter dan tinggi 24 milimeter. Ukuran chip bervariasi, tetapi umumnya dipasang sensor dengan ukuran 1/1,8, yang setara dengan ukuran 7 kali 5 milimeter. Oleh karena itu, area tersebut secara signifikan lebih kecil dibandingkan dengan film 35mm.

Untuk beberapa waktu sekarang, produsen telah memasukkan lebih banyak piksel ke dalam area kecil ini, dalam kasus kamera 9 megapiksel yang berukuran 3000 x 3000 piksel pada 35 milimeter persegi! Ini hanya menyisakan sepersekian milimeter untuk satu piksel.

Namun, karena dikemas dengan sangat rapat, piksel-piksel tersebut saling mempengaruhi, yang menyebabkan efek negatif: noise gambar dan kesalahan lainnya meningkat, yang harus diimbangi oleh prosesor yang lebih bertenaga. Semakin jauh jaraknya semakin baik, seperti halnya fotografi digital.

Langkah-Langkah Merawat Kamera Digital

Setelah menggunakannya, Anda juga wajib menjaga kondisi kamera digital agar tetap terjaga performanya saat digunakan kembali.

Berikut beberapa cara sederhana merawat kamera digital dengan baik dan mudah:

  • Pastikan untuk selalu membersihkan kamera digital secara rutin
  • Perhatikan tempat yang digunakan sebagai lokasi penyimpanan Kamera
  • Jauhkan Kamera Digital dari cairan
  • Berikan perhatian khusus pada Lensa Kamera
  • Jauhkan kamera dari sinar matahari langsung

Jika Anda menerapkan langkah-langkah di atas, kemungkinan besar kamera digital akan selalu dalam kondisi terawat. Banyak orang di luar sana yang mengabaikan hal ini, padahal merawat kamera digital tidaklah terlalu sulit.

Itulah tips dan cara menggunakan kamera digital dengan baik dan benar, pastikan Anda menggunakan dan merawatnya dengan baik, mengingat harga perangkat ini cukup mahal.

Leave a Comment