Apa itu Seleksi Substansi LPDP 2023? Simak Materi yang Ditanyakan

Sel Jiwa – Salah satu tahapan seleksi beasiswa LPDP 2023 tahap 2 adalah seleksi substansi. Seleksi ini merupakan seleksi tahap akhir setelah lolos seleksi administrasi dan bakat skolastik.

Sebagai informasi, pendaftaran beasiswa LPDP 2023 tahap 2 telah dibuka sejak 9 Juni 2023 dan akan ditutup pada 9 Juli 2023.

Beasiswa yang ditujukan untuk studi Magister dan Doktor ini paling banyak dicari karena memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari biaya kuliah hingga biaya hidup.

Baca Juga : 3 Tips Lolos Seleksi Bakat Skolastik LPDP 2023, Ternyata Caranya Sangat Mudah dan Sederhana

Jika lolos seleksi administrasi dan seleksi bakat skolastik, selanjutnya akan dilanjutkan ke seleksi tahap akhir yaitu seleksi substansi.

Lalu apa saja pemilihan zatnya dan apa saja yang diuji? Simak informasi berikut ini.

Seleksi Substansi LPDP 2023

Seleksi substansi LPDP atau biasa disebut tes wawancara merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan pelamar dalam hal substansi keilmuan, kontribusi bagi Indonesia, dan komunikasi sosial.

Dalam pemilihan substansi LPDP, kunci utamanya adalah kejujuran. Pada tahap ini Anda akan diberikan pertanyaan dan verifikasi semua file yang telah Anda lampirkan.

Mulai dari verifikasi data diri sesuai CV terlampir, proses penulisan esai untuk verifikasi komitmen kembali ke Indonesia dan lain sebagainya, hingga wawancara untuk berbagai keperluan agar pihak penyelenggara yakin pelamar adalah kandidat yang tepat.

Baca Juga: Dokumen dan Persyaratan LPDP 2023 Tahap 2, Beasiswa Magister dan Doktor di Kampus Dalam dan Luar Negeri

Apa saja Tes Seleksi Zat?

1. Informasi Data Pribadi

Mulailah dengan perkenalan terlebih dahulu. Sehingga Anda dapat menyampaikan informasi pribadi sesuai CV yang terlampir saat mendaftar.

2. Informasi Rencana Studi

Leave a Comment