Apa Itu Prosesi ‘Angkat Sidi’ Yang Dijalani Jessica Mila di HKBP Rawamangun Sebelum Menikahi Yakup Hasibuan?

Ihwal.id – Beberapa waktu lalu, aktris Jessica Mila Agnesia resmi mengadopsi sidi atau dikenal juga dengan sidi di gereja HKBP Rawamangun.

Konon sidi/pengangkatan ini dilakukan sebagai salah satu syarat menjalani pemberkatan nikah di gereja Protestan.

Seperti diketahui, Jessica Mila akan menikah dengan kekasihnya, Yakup Hasibuan, seorang warga Batak dan anggota jemaah gereja HKBP.

Baca Juga: 6 Artis yang Digugat Cerai Saat Sakit. Siapa ini? Indra Bekti Terbaru

Salah satu syarat untuk menikah di gereja HKBP adalah harus menjalani pendalaman Alkitab yang berujung pada pengukuhan sidi/pengangkatan anak.

Banyak orang yang bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan prosesi meninggikan atau meninggikan sisi tubuh?

Dilansir dari laman kemenkumham.go.id, pengukuhan sidi/sidi/mengadopsi sidi merupakan bagian dari pengakuan iman dalam Gereja Protestan.

Baca Juga: 5 Artis Ini Punya Gigi Bengkok, Manis Banget!

Dimana seorang Kristen Protestan dewasa harus dikukuhkan oleh pendeta gereja lokal setelah satu tahun mengikuti katekismus atau pelajaran agama Kristen.

Dengan menghadiri sidi maka seseorang dianggap telah dewasa dan dianggap telah resmi menjadi anggota penuh suatu gereja.

Dengan demikian, anggota gereja yang telah diadopsi dapat mengikuti kegiatan gereja seperti Perjamuan Kudus dan Pernikahan.

Baca Juga: Teladan! Selebriti TikTok Yudha Pangestu menjalankan misi kemanusiaan, berbagi suka duka kehidupan di Uganda

Perlu diketahui bahwa tanpa prosesi sidi, seseorang tidak dapat mengikuti sakramen Perjamuan Kudus dan Pernikahan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembinaan atau sidi yang dilakukan Jessica Mila bertujuan agar ia dapat diterima menjadi anggota gereja, dan agar ia dapat menerima sakramen pemberkatan nikah dengan tunangannya, Yakup Hasibuan.***

Leave a Comment