Apa itu PBAK ? Kamu Harus Tahu Kepanjangan PBAK Nih, Sobat Globe. Biar Paham PBAK Singkatan dari Apa

PONTANAKGLOBE.COM – Apa itu PBA? Anda harus tahu apa kepanjangan dari PBAK Di SiniTeman Dunia.

Hal ini agar Anda paham apa kepanjangan dari PBAK.

Seperti diketahui, hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) Tahun 2023 akan diumumkan mulai Jumat, 23 Juni 2023.

PBAK sangat melekat pada mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Oh iya, PBAK itu singkatan dari Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan.

PBAK merupakan kegiatan pelatihan bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa angkatan sebelumnya, yang belum/belum lulus Pengenalan Akademik dan Budaya Mahasiswa (PBAK) untuk mengenalkan sistem akademik dan pembelajaran serta lembaga yang mempunyai ciri khusus dan cara pengelolaannya.

Sehingga PBAK ini dilaksanakan sebagai agenda rutin tahunan PTKIN.

Baca Juga: Cara Melihat Skor UM PTKIN 2023 di Link https://pengumuman-um.ptkin.ac.id Secara Online dan Mudah

Apa itu UMPTKIN?

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi Negeri dilakukan secara nasional. dan dalam bentuk lainnya.

Pola PMB secara nasional pada Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Keagamaan Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dan Perguruan Tinggi yang mempunyai program studi dengan izin pendirian dari Kementerian Agama antara lain dilaksanakan di berupa Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTKIN).

Baca Juga: Cara Melihat Skor UTBK 2023 Online Lewat Ponsel di https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan Mirror Link 37 PTN

UM-PTKIN diselenggarakan secara terpadu secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Penyelenggaraan UM-PTKIN secara nasional harus memenuhi prinsip keadilan, transparansi, dan non-diskriminasi dengan tetap memperhatikan kekhususan dan karakteristik PTKIN/PTN.

Pada tahun 2023 UM-PTKIN dilaksanakan secara offline di Titik Lokasi Ujian PTKIN yang dipilih peserta dan menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE). SSE merupakan aplikasi ujian yang menggunakan komputer (PC/Laptop).

Melalui SSE, pelaksanaan ujian tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk kertas soal maupun lembar jawaban.

Leave a Comment