7 Cara Mempercepat Dan Meningkatkan Performa Hp Saat Main Game

Jika ponsel Android yang Anda miliki terasa tidak secepat saat pertama kali membelinya. Mungkin ada beberapa faktor yang menjadi kendalanya, terutama dari OS HP yang tidak update, memori RAM yang kecil atau aplikasi yang bermasalah.

Untuk mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi saat kinerja ponsel mulai melambat, berikut cara mempercepat dan meningkatkan kinerja serta performa ponsel saat bermain game dan aktivitas lainnya.

Cara Mempercepat Kinerja Ponsel Android

Aplikasi dan pengaturan dasar/default di ponsel Android tidak selalu yang terbaik jika kecepatan adalah yang Anda inginkan terlebih dahulu. Melakukan sedikit perubahan dan menjaga hp anda terbebas dari berbagai masalah dapat mempercepat kinerja hp android yang anda gunakan.

cara meningkatkan performa hp

Hapus Aplikasi Bermasalah

Aplikasi buruk seringkali menjadi masalah karena dapat memperlambat kinerja sistem ponsel. Mungkin saja Anda menggunakan aplikasi tidak resmi yang dapat menyebabkan beberapa masalah pada kinerja ponsel Android Anda.

Namun ada juga beberapa aplikasi dari developer besar dan resmi yang bisa menyebabkan masalah lag pada ponsel anda karena tidak sesuai dengan sistem dan spesifikasi yang dimiliki ponsel anda.

Beberapa aplikasi terkenal lambat di Android, sementara menghapus aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram dapat membuat ponsel Android Anda 15% lebih cepat. Coba beralih ke aplikasi Facebook pihak ketiga atau coba aplikasi versi ringan. Ada juga versi aplikasi Google utama yang lebih ringan yang menggunakan lebih sedikit memori dan berjalan lebih cepat.

Bersihkan Layar Beranda

Jika ponsel Anda memiliki prosesor yang lambat atau RAM yang rendah, membersihkan layar beranda dapat membantu mempercepatnya. Wallpaper hidup dan widget menghabiskan sumber daya dan dapat memperlambat kinerja ponsel Anda, dan widget tersebut bahkan dapat terus diperbarui di latar belakang yang tidak Anda ketahui.

Saat Anda beralih dari aplikasi intensif RAM seperti Chrome, Anda akan melihat layar beranda yang benar-benar kosong dan harus menunggu beberapa detik hingga ikon, widget, dan wallpaper yang Anda gunakan dimuat ulang. Jaga layar beranda Anda tetap rapi untuk menghindari hal ini.

Gunakan Peluncur Aplikasi

Aplikasi peluncur yang digunakan ponsel Android biasanya dirancang untuk menampilkan fitur-fitur terbaik yang digunakan ponsel cerdas Anda. Akibatnya, mempercepat dan meningkatkan kinerja ponsel tidak selalu bisa dilakukan.

Anda dapat menemukan dan menggunakan banyak peluncur pihak ketiga di Play Store, dan banyak di antaranya yang dioptimalkan untuk kecepatan. namun ada baiknya bereksperimen dengan beberapa aplikasi peluncur untuk menemukan yang tepat untuk ponsel Anda.

Hapus Antivirus

Antivirus mengklaim menawarkan keamanan bagi pengguna Android, tapi itu tidak perlu. Beberapa aplikasi antivirus memperlambat kinerja ponsel dan menguras baterai. Selama Anda hanya menginstal aplikasi dari sumber resmi seperti Play Store, kecil kemungkinan Anda terkena virus atau malware.

cara meningkatkan fps android

Matikan Sinkronisasi Otomatis

Cara lain untuk mempercepat dan meningkatkan kinerja ponsel adalah dengan menonaktifkan sinkronisasi otomatis berbagai aplikasi. Sosial, berita, cuaca, dan banyak aplikasi lainnya diatur untuk disinkronkan secara otomatis. Secara default, sinkronisasi otomatis dapat berjalan setiap 15 menit. Jika terlalu banyak aplikasi yang terinstal, bisa-bisa ponsel kamu menjadi lag dan rusak saat digunakan.

Periksa jadwal sinkronisasi untuk semua aplikasi dan atur jadwal yang lebih panjang setiap beberapa jam atau sekali sehari. Atau matikan saja sinkronisasi dan perbarui secara manual.

Instal Pembaruan OS

Setiap versi baru Android menawarkan peningkatan kinerja dibandingkan versi sebelumnya, jadi jika ponsel Anda memiliki pembaruan yang tersedia maka Anda harus selalu menginstalnya. Tentu saja, tidak semua produsen memperbarui ponsel mereka, jadi ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan saat Anda melakukan upgrade di lain waktu.

Hal yang sama berlaku untuk aplikasi. Aktifkan pembaruan otomatis di Play Store untuk memastikan ponsel yang Anda gunakan segera menerima pembaruan terkini setelah bug aplikasi yang menguras sumber daya dan menguras baterai telah diperbaiki. Buka Pengaturan > Perbarui aplikasi secara otomatis untuk mengaturnya.

Mulai ulang secara teratur

Memulai ulang ponsel Anda secara teratur dapat membantu menjaga OS tetap berjalan dengan lancar, Anda tidak harus melakukannya setiap hari, tetapi memulai ulang sesekali dapat sangat membantu, terutama jika ponsel Anda menjadi sangat lambat atau mulai berjalan lebih panas dari biasanya.

Berikut cara meningkatkan performa ponsel saat digunakan berbagai aktivitas seperti bermain game, media sosial yang bisa Anda coba untuk berbagai ponsel Android seperti Samsung, Xiaomi, Poco dll.

Leave a Comment