6 Manfaat Sholawat Nabi bagi yang Mendengar dan Membaca, Dari Diutamakan Saat Kiamat hingga Pengampunan Dosa

Ihwal.id – Mendengarkan sholawat nabi merupakan salah satu wujud rasa cinta kita kepada Rasulullah SAW. Oleh karena itu, sholawat nabi sering dibacakan di berbagai kesempatan.

Dengan sering mendengarkan dan membaca sholawat Nabi, kita bisa menghafal liriknya, sehingga kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulullah.

Sholawat nabi mempunyai banyak manfaat bagi yang mendengar dan membacanya. Keutamaan Sholat Nabi antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: Lirik Sholawat Nuril Anwar, Membawa Keberkahan dan Terhindar Dari Segala Pelecehan

  1. Sebaiknya di Hari Kiamat

Seseorang yang rutin membaca sholawat ke depannya akan lebih diutamakan dibandingkan orang lain yang sholawat dan fadilah.

“Sesungguhnya yang lebih penting bagiku adalah orang-orang esok di hari kiamat adalah orang-orang yang lebih banyak mendoakanku.” (HR. Turmudzi dari Ibnu Mas’ud Ra)

  1. Membawa Anugerah dan Karunia Tuhan

Doa dan permohonan juga mempunyai pengaruh yang baik untuk mendatangkan rahmat dan karunia dari Allah SWT.

Baca Juga : Lirik Sholawat Ulul Azmi, Kunci Mendapat Ridho dan Rahmat Allah SWT

Sholawat sendiri merupakan doa agar terkabulnya suatu keinginan agar seseorang yang berdoa turut mengundang datangnya anugerah dan segala nikmat dari Allah SWT.

  1. Menaikkan 10 Derajat dan Menghapus 10 Keburukan

Sholat yang dilakukan sekali saja akan memunculkan 10 derajat keagungan seseorang dan juga menghilangkan 10 kesalahan.

Bisa dibayangkan jika sholawat dilakukan terus menerus maka banyak kesalahan yang terhapus.

Baca Juga: Kumpulan Lirik Sholawat Nabi Yang Cocok Dibaca Sehari-hari! Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Abbas bin Malik berkata, pernah bersabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang mendoakanku satu kali, niscaya Allah akan mendoakannya sepuluh kali dan menghapus sepuluh kesalahannya, mengangkatnya sepuluh derajat.” (HR. An-Nasa’I No. 1296)

  1. Diberikan Pengampunan Dosa

Membaca sholawat Nabi akan memberikan pengampunan dosa besar dalam Islam berdasarkan keimanan, cinta, dan keikhlasan seseorang saat membaca sholawat.

“Wahai Abu Kahil, barangsiapa membacakan sholawat untukku tiga kali setiap hari dan setiap malam tiga kali karena cinta dan kerinduannya kepadaku, maka Allah SWT wajib mengampuni dosa-dosanya pada malam dan siang itu.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Ali Asim dan Ath-Thabrani)

Leave a Comment