20 Jajanan Pasar Tradisional yang Paling Digemari di Indonesia

Indonesia mempunyai banyak sekali jajanan pasar yang bisa dengan mudah Anda temui di berbagai tempat seperti pasar tradisional, pedagang dekat sekolah, atau pedagang keliling yang Anda temui di pinggir jalan.

Aneka jajanan pasar tradisional Indonesia sangat beragam bentuk dan rasanya, mulai dari asin, manis, gurih hingga pedas.

Bahkan, ada cita rasa kekinian pada jajanan tradisional ini. Selain harganya yang pas di kantong, jajanan pasar juga menyimpan kenangan tak terlupakan bagi sebagian orang.

Nah, untuk melengkapi nostalgia kamu, berikut Anakcilegon.com rangkuman jajanan pasar tradisional terpopuler di Indonesia.

Aneka Jajanan Pasar Indonesia

1. Lemper

lemper jajanan pasar
Ketan lemper dengan berbagai isian

Lemper umumnya terbuat dari tepung beras yang dibentuk menjadi batang-batang kecil dan diisi dengan olahan daging, ayam, atau ikan.

Harga lemper yang ada di pasaran saat ini cukup bervariasi tergantung beberapa faktor seperti bahan yang digunakan, ukuran dan lokasi pasar.

Saat ini lemper bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp1.000 hingga Rp15.000 per batang tergantung bahan dan isian yang digunakan.

Jika Anda ingin membeli lemper di pasaran, ada baiknya Anda membandingkan harga di beberapa tempat dan memilih yang paling cocok untuk Anda. anggaran Anda.

Baca juga: 15 Jajanan Praktis, Murah dan Modern untuk Anak Sekolah

2. Pancake

jajanan pasar
pancake manis dan pancake asin

Serabi (surabi/sorabi) merupakan jajanan pasar jenis kue basah yang terbuat dari campuran santan, tepung beras dan kelapa parut yang diolah menjadi satu.

Sedangkan untuk varian rasa, pancake sebenarnya ada dua jenis, yakni pancake manis ditambah kinca (gula merah cair) dan pancake asin dengan atau tanpa taburan oncom di atasnya.

Serabi merupakan makanan yang populer di Indonesia khususnya di Jawa Barat, khususnya di Bandung.

Kini hadir pula berbagai varian rasa pancake kekinian dengan topping lezat seperti pancake telur, pancake keju coklat, hingga pancake kornet telur keju.

3. Pisang Goreng

jajanan pasar pisang goreng
pisang goreng, jajanan pasar yang melegenda

Pisang goreng bisa dibilang merupakan camilan klasik sepanjang masa. Jajanan pasar ini berupa pisang yang dilumuri tepung dan digoreng sehingga dinamakan pisang goreng.

Sangat mudah untuk menemukan penjual gorengan di pasar tradisional di dekat rumah Anda. Pisang goreng cocok dijadikan teman menu sarapan atau teman ngopi di sore hari.

Varian pisang goreng yang ada di Indonesia ada banyak sekali jenisnya, mulai dari pisang goreng Pekanbaru, pisang goreng kipas kalimantan, pisang goreng madu, pisang molen, pisang goreng telanjang, hingga pisang goreng mulut bebek.

Baca juga: 20 Jajanan Indomaret Enak dan Terlaris Tahun 2023

4. Klepon

jajanan pasar klepon
jajanan pasar dari pulau jawa

Jajanan pasar selanjutnya adalah kue klepon. Jajanan berbentuk bulat dan berwarna hijau ini terbuat dari tepung ketan.

Kue klepon biasanya diisi dengan gula aren dan ditaburi taburan kelapa parut sehingga memiliki rasa yang manis dan renyah.

Teksturnya yang kenyal berpadu dengan rasa manis gula palem di bagian dalam kuenya, membuatnya lumer di lidah begitu digigit.

Klepon lebih enak disantap saat masih hangat, dan bisa disajikan sebagai hidangan pembuka atau camilan saat bersantai bersama keluarga atau teman.

5. Risol

risoles jajanan pasar
risoles dengan berbagai macam isian yang lezat

Risoles merupakan jajanan pasar yang terdiri dari olahan tepung terigu yang dibentuk kotak-kotak kecil berbentuk persegi panjang, kemudian diisi dengan berbagai macam isian, seperti ayam cincang, keju, bihun atau sayur-sayuran.

Ada pula risoles kekinian dengan kreasi unik seperti risoles mayo, risoles smoked beef, risoles bolognese, risoles jamur ayam, dan masih banyak lagi.

Kemudian risoles diolah dengan cara digoreng hingga matang. Risoles biasanya disajikan dengan saus sambal atau saus keju sebagai pelengkapnya.

Risoles merupakan jajanan pasar tradisional yang populer di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya.

Baca juga: 10 Makanan Khas Cilegon Paling Enak dan Populer

6. Kue Lumpur

kue lumpur jajanan pasar
jajanan pasar tradisional kue lumpur

Kue lumpur merupakan jajanan pasar yang mudah ditemukan di toko kue tradisional. Kue ini terbuat dari berbagai bahan seperti santan, kentang, tepung terigu, gula pasir dan telur.

Pandan dan vanila juga digunakan untuk mendapatkan aroma yang nikmat dan menjadi kekuatan utama kue lumpur sehingga sangat digemari.

Bagian atas kuenya dihias dengan kismis dan irisan kelapa muda.

7. Dapatkan itu

mendapatkan jajanan pasar
jajanan pasar getuk dari jawa

Jajanan tradisional selanjutnya adalah getuk. Getuk mudah ditemukan di daerah Magelang, Jawa Tengah, karena di sanalah pertama kali ditemukan.

Getuk terbuat dari singkong rebus yang dihaluskan, kemudian diolah dengan bahan lain dan disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

Getuk merupakan jajanan pasar yang disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan lezat. Biasanya disajikan sebagai camilan saat bersantai.

Baca juga: 20 Makanan Khas Daerah di Indonesia yang Wajib Dicoba

8. Spons Kukus

kue kukus jajanan pasar
bolu kukus lembut dan enak

Bolu kukus sangat digemari anak-anak karena bentuknya yang mungil, rasanya yang manis, dan warnanya yang menarik perhatian.

Jajanan pasar tradisional seperti kue bolu kukus mempunyai tekstur yang lembut dan empuk, biasanya ditambah aroma vanilla atau coklat.

Variasi rasa bolu kukus banyak sekali, seperti kue kukus coklat, pandan, vanilla, dan keju. Kue ini sering dijual di pasar tradisional dan toko roti, atau Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Baca juga: 20 Makanan Khas Daerah di Indonesia yang Wajib Dicoba

9. Kue Lapis

kue jajanan pasar
Kue lapis yang kenyal dan lembut

Kue lapis merupakan jajanan pasar yang banyak digemari dan mempunyai rasa manis dan harum yang khas.

Jajanan ini terdiri dari lapisan adonan dengan bahan dasar tepung beras, santan, tepung kanji, gula pasir, dan garam.

Biasanya kue lapis dipotong kotak-kotak dan yang sering kita beli berwarna coklat atau hijau. Warna kue lapisnya berasal dari bahan makanan alami, seperti pandan atau coklat.

10. Kue sus

pasar makanan ringan kue sus
kue sus yang enak dan praktis

Nama jajanan pasar ini berasal dari bahasa Perancis yaitu Pâte à choux yang artinya “pasta kubis” karena bentuknya yang menyerupai kubis.

Camilan kue khas Perancis ini biasanya diisi dengan adonan vla beraroma vanilla. Namun untuk kue sus modern, Anda bisa menemukan kue sus dengan isian yang beragam, seperti krim kocok, daging, coklat, dan lain sebagainya.

Baca juga: Daftar Pasar Terdekat dari Lokasi Saya Saat Ini yang Buka 24 Jam

11. Gulung telur dadar

pasar makanan ringan gulung telur dadar
telur dadar gulung jajanan pasar hijau

Sebenarnya jajanan pasar dengan tampilan luar berwarna hijau ini masuk dalam kategori jajanan kue basah, karena teksturnya yang menyerupai pancake.

Gulungan dadar diisi dengan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah cair. Inilah yang membuatnya enak dan manis.

Bagi anda yang penasaran, telur dadar gulung merupakan makanan tradisional dari kota bandung, warna hijau pada kulit telur dadar berasal dari pewarna daun suji.

12. Chenil

jajanan pasar
Cenil warna warni dengan parutan kelapa

Jajanan pasar ini sekilas mirip dengan klepon. Cenil terbuat dari adonan tepung kanji yang dibulatkan kecil-kecil dan ditaburi kelapa parut dan gula pasir.

Cenil mempunyai ciri khas yaitu warnanya yang beragam, biasanya para penjual cenil akan membuat cenil dengan warna merah putih dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan.

Baca juga: 16 Tempat Makan Terenak dan Murah di Cilegon

13. Kue Putu

kue putu jajanan pasar
Kue putu bambu buatan sendiri

Kue putu merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras butiran kasar yang dicampur gula merah dan parutan kelapa di bagian luarnya.

Proses pembuatan kue putu cukup unik, yaitu dimasak dalam tabung bambu kecil dan hanya menggunakan uap panas.

Penjual kue putu biasanya berkeliling desa menggunakan gerobak dengan suara yang khas.

14. Bakwan

Pasar jajanan bakwan
bakwan jajanan pasar goreng

Mudah ditemukan dan mudah dibuat, bakwan merupakan jajanan pasar yang digoreng. Bakwan terbuat dari adonan tepung dan biasanya berisi sayuran seperti irisan kubis dan irisan wortel.

Selain itu ada juga perkedel jagung yang renyah dan nikmat dinikmati apalagi ditambah dengan sambal atau cabai rawit.

15. Kue Pancong

Kue pancong merupakan jajanan pasar
kue pancong hangat dengan taburan gula pasir

Kue pancong merupakan jajanan pasar yang bentuknya mirip dengan kue pukis, hal ini dikarenakan keduanya dicetak menggunakan cetakan yang serupa.

Jajanan legendaris ini dikenal juga dengan nama bandros yang merupakan makanan khas Sunda atau Jawa Barat. Sedangkan kue pancong berasal dari Betawi atau Jakarta.

Kue pancong terbuat dari campuran tepung beras, santan, kelapa parut, dan daun suji. Cara penyajiannya biasanya disajikan dengan taburan gula pasir di atas kue pancong.

16. Panda

jajanan pasar
roti goreng isi ikan panada

Panada merupakan jajanan pasar khas Manado, Sulawesi Utara, yang berisi suwiran ikan cakalang dan bentuknya mirip patty.

Kue tradisional ini bisa dibilang berupa roti goreng berisi ikan dan paling enak disantap di pagi hari sebagai sarapan atau sore hari sebagai camilan menemani kopi.

17. Sisir

jajanan pasar kombo
combro adalah oncom di jero

Jajanan pasar khas Jawa Barat ini terbuat dari singkong yang diparut dan bagian dalamnya diberi saus oncom lalu digoreng hingga berwarna coklat kekuningan.

Combro mempunyai rasa bumbu yang gurih dan enak disantap selagi hangat, bentuknya bulat atau lonjong.

18.Nagasari

pasar jajanan nagasari
Pisang Nagasari empuk dan legit

Nagasari memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis karena terbuat dari tepung beras, sagu, santan, gula pasir, dan diisi dengan potongan pisang.

Dalam proses pembuatannya, Nagasari dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus sehingga kue ini mempunyai aroma khas daun pisang.

19. Kue Cucurd

kue jajanan pasar
kue gula merah

Kue cucur merupakan salah satu jenis kue yang terbuat dari tepung beras atau tepung jagung yang dicampur dengan gula merah, santan, dan vanila.

Kue cucur kemudian dibentuk bulat atau pipih dan digoreng dalam minyak panas hingga berwarna keemasan.

Jajanan ini biasanya disajikan dengan parutan kelapa atau dicampur dengan kacang-kacangan seperti kacang tanah atau buncis.

20. Berdoa

doakan jajanan pasar
Tempe Mendoan rasanya gurih dan renyah

Tempe mendoan sekilas terlihat mirip dengan tempe goreng pada umumnya, namun tempe mendoan dilapisi tepung dan cenderung empuk karena setengah matang.

Jajanan pasar goreng ini merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Tempe mendoan paling enak disantap dengan saus kecap.

Masih banyak jajanan pasar di Indonesia yang belum kami sebutkan. Tim ACDC telah mengulas beberapa jajanan pasar terpopuler di artikel ini.

Eh, jajanan pasar mana yang paling suka kamu beli? Silakan berkomentar di kolom komentar di bawah!

Leave a Comment