Tarif dan Cara Bayar Pajak Motor Scoopy 2022 Tahunan

Umumnya Pajak Motor Scoopy 2022 hanya berlaku di kota-kota besar saja, misalnya seperti Jakarta. Namun, bagi sebagian besar daerah, pajak progresif biasanya tidak dikenakan meski sudah memiliki banyak kendaraan bermotor.

Biasanya proses penambahan STNK terdiri dari beberapa kali yaitu setiap tahun dan setiap 5 tahun sekali. Selain itu, dalam pembuatan STNK tetap harus memperpanjang STNK dengan besaran biaya sesuai ketentuan yang ada.

Harga Sepeda Motor Scoopy dan Tarif Pajaknya

Seluruh pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak sepeda motor Honda Scoopy 2022 setiap tahunnya. Umumnya pajak sepeda motor Scoopy minimal berkisar Rp. 116.000 dan yang termahal Rp. 286.000.

Tentu saja biaya tersebut belum termasuk Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang selama ini dikelola Jasa Raharja sekitar Rp 35.000. Jadi biaya ini akan meningkat sekitar 0,5% untuk setiap penambahan kendaraan (tarif pajak progresif).

Ada beberapa komponen yang harus dibayar dan tarifnya bervariasi. Berikut komponen yang harus Anda ketahui saat membayar pajak tahunan, yaitu:

Untuk penerbitan STNK Rp. 100.000, validasi STNK Rp. 25.000, penerbitan STCK Rp. 25.000, penerbitan TNKB Rp. 60.000 dan SWDKLLJ Rp. 35.000. Sehingga total Biaya Ganti Plat yang Dibayar adalah Rp. 245.000

Harga scoop Prestige FI 2021 adalah Rp 21,125 juta dengan pajak Rp 461.000. Scoopy Stylish Rp 20,325 juta harga pajak Rp 461.000. Scoopy Sporty FI 2021 Rp 20,325 juta dengan panjang Rp 461.000.

Spesifikasi dan Varian Motor Scoopy

Spesifikasi dan harga motor Scoopy adalah sebagai berikut. Varian Scoopy yang stylish dan prestisius saat ini sudah menggunakan Answer Back System, pengunci Smart Key System, dan Theft Alarm tidak menggunakan foot starter.

Secara umum scoopy untuk varian Sporty dan Fashion sudah menggunakan Kunci Pengapian Magnetik Otomatis dengan menggunakan foot starter, berat kosong 94 kg.

Cara Bayar Pajak Sepeda Motor Honda Scoopy

Idealnya, pajak kendaraan bisa dibayarkan di beberapa tempat. Anda sebaiknya memilih tempat yang memudahkan diri Anda sendiri. Berikut beberapa cara membayar Pajak Motor Scoopy 2022.

Bayar di kantor Samsat atau Samsat Keliling

Persyaratan yang harus Anda penuhi saat membayar melalui Samsat adalah STNK asli

dan KTP asli pemiliknya.

Bayar di Indomaret

Berikut persyaratan dokumen yang harus dibawa saat membayar di Indomaret, seperti STNK asli, KTP asli pemilik, dan nomor ponsel aktif. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat membayar pajak motor Scoopy 2022 melalui Indomaret.

  1. Pertama datang ke Indomaret terdekat. Lalu beritahu kasir bahwa Anda ingin membayar pajak kendaraan
  2. Kemudian, serahkan persyaratan dokumen dan bayar. Selanjutnya Anda akan menerima SMS berisi link download STNK baru. Selanjutnya silahkan datang ke Samsat untuk otorisasi pembayaran dan pencetakan STNK baru.

Membayar di Mesin ATM

Berikut langkah pembayaran Pajak Motor Scoopy 2022 melalui ATM.

  1. Pertama, bisa datang ke ATM. Kemudian pilih menu pembayaran pajak kendaraan bermotor yang ada di layar.
  2. Kemudian, mengisi formulir yang berisi nomor STNK dan membayar. Selanjutnya struk yang Anda miliki harus bisa ditukarkan dengan STNK baru.
  3. Lalu tukarkan struknya paling lama sekitar 30 hari. Sebab, kwitansi tidak berlaku jika melebihi ketentuan.

Membayar pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan setiap tahun dan setiap lima tahun sekali sebagai warga negara yang baik. Pajak Motor Scoopy 2022 tidak akan banyak jika membayar pajak setiap tahunnya.

Leave a Comment