Sosok Cantik Rosa Abendanon, Perempuan Belanda yang Membangun Sekolah Untuk Anak Indonesia

Ihwal.id – Sejarah kemerdekaan Indonesia hingga lepas dari penjajahan Belanda mempunyai banyak kisah inspiratif.

Fakta sejarah menyebutkan banyak juga orang-orang Belanda yang turut serta mempertahankan Indonesia hingga merdeka dari penjajahan Belanda.

Salah satu tokoh yang terkenal adalah Rosa Abendonan yang membela Indonesia dengan mendirikan sekolah untuk pendidikan anak.

Rosa Abendanon merupakan sosok perempuan asal Belanda yang mempunyai koneksi dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Menjelang Kemerdekaan Indonesia: Mengenal Sosok Ratu Kalinyamat, Wanita Jawa Melawan Belanda

Ia dikenal karena perannya dalam menunjang kesejahteraan dan pendidikan anak-anak asli Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Rosa Abendanon lahir pada tanggal 25 Maret 1889 di Semarang, Jawa Tengah, dan meninggal pada tanggal 5 September 1943 di London, Inggris.

Rosa Abendanon adalah istri pejabat kolonial Belanda bernama Karel Frederik Holle.

Salah satu aspek yang membuatnya dikenal adalah perannya dalam mendirikan “Rosa School”

sekolah pertama di Hindia Belanda (sekarang Indonesia) yang menerima anak pribumi dan Indo (keturunan campuran) pada tahun 1924.

Sekolah ini didirikan di Magelang, Jawa Tengah, dengan tujuan memberikan pendidikan berkualitas bagi anak-anak dari semua lapisan masyarakat.

Berdirinya Rosa School menunjukkan semangat dan dedikasi Rosa Abendanon dalam memperjuangkan pendidikan inklusif dan merangkul berbagai kelompok masyarakat.

Baca juga: Tidak Selalu Tinggi! Ternyata ada gunung terpendek di dunia yang tingginya hanya 300 meter

Ia sangat peduli dengan kondisi sosial dan pendidikan anak-anak adat, dan berusaha memberikan kesempatan yang sama kepada mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Leave a Comment