Sejarah Karate Aliran Goju-ryu Didirikan Chojun Miyagi Perpaduan Okinawa dan Teknik Beladiri Cina

PONTANAKGLOBE.COM — Goju-ryu merupakan salah satu bentuk karate yang berasal dari Jepang.

Aliran ini didirikan oleh Chojun Miyagi pada tahun 1930an di Okinawa, Jepang.

Miyagi lahir di Okinawa pada tahun 1888 dan mulai belajar karate sejak usia muda dari guru terkenal seperti Kanryo Higaonna dan Ryuko Aragaki.

Miyagi merancang sekolah Goju-ryu sebagai kombinasi teknik karate tradisional Okinawa dan teknik Tiongkok, termasuk teknik kung fu dari provinsi Fujian.

Nama Goju-ryu sendiri berasal dari konsep “go” dan “ju” yang berarti “keras” dan “lunak” dalam bahasa Jepang.

Aliran ini menekankan pada pengembangan kekuatan dan ketangkasan tubuh melalui teknik yang keras dan menekankan pada teknik yang lebih lembut dan mengalir dengan lancar.

Semasa hidupnya, Miyagi mengajarkan Goju-ryu kepada banyak siswa, termasuk murid terkenalnya seperti Gogen Yamaguchi dan Seko Higa.

Tradisi ini terus berkembang di seluruh Jepang dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia setelah Perang Dunia II.

Pada tahun 1953, Yamaguchi mendirikan organisasi Goju-kai untuk mempromosikan sekolah Goju-ryu secara internasional. Organisasi ini merupakan salah satu organisasi karate terbesar di dunia, dengan ribuan anggota di seluruh dunia.

Hingga saat ini, Goju-ryu masih menjadi salah satu gaya karate terpopuler di seluruh dunia dan telah mempengaruhi banyak bentuk karate lainnya.

Sekolah ini terkenal dengan penggunaan teknik yang menarik dan penuh gaya, termasuk teknik “sanchin” dan “tensho”, serta penggunaan “kata” (rangkaian gerakan terstruktur) untuk melatih teknik dan keterampilan karate.

Tokoh Terkenal
1. Chojun Miyagi – Pendiri sekolah Goju-ryu, Miyagi adalah seorang karateka terkenal di Okinawa dan Jepang, dan sangat mempengaruhi perkembangan karate modern.
Dia menekankan pentingnya menggabungkan teknik keras dan lembut di Goju-ryu.

2. Gogene Yamaguchi – Sering disebut sebagai “Si Kucing” karena kecepatan dan kelincahannya, Yamaguchi adalah murid Miyagi yang terkenal dan menjadi presiden Organisasi Goju-ryu Karate-do di seluruh dunia.

Yamaguchi mempromosikan Goju-ryu ke seluruh dunia dan menjadi salah satu tokoh terpenting dalam perkembangan sekolah.

3.Morio Higaonna – Seorang karateka yang sangat dihormati dan dikagumi, Higaonna adalah pendiri organisasi Goju-ryu Karate-do International, yang memiliki cabang di seluruh dunia.

Leave a Comment