Sejarah FC Schalke 04, Klub Profesional Pertama Mesut Ozil asal Jerman

PONTANAKGLOBE.COM — Pemain timnas Jerman Mesut Ozil baru saja mengumumkan pensiun dari sepak bola.

Dari sejumlah klub, Mesut Ozil pernah bermain untuk FC Schalke 04. Padahal, itulah awal mula Mesut Ozil menapaki kariernya menjadi seorang profesional.

Berikut kami sajikan sejarah berdirinya klub sepak bola Schalke 04.

Schalke 04 merupakan salah satu klub di Jerman yang kaya akan sejarah dan popularitas.

Namun, mungkin Anda akan sedikit kecewa karena dibalik klub yang memiliki sejarah panjang ini bahkan belum pernah meraih gelar juara Bundesliga.

Meski begitu, ruang trofi mereka cukup mengesankan. Setidaknya ada tujuh gelar nasional, lima DFB-Pokal dan satu Piala UEFA.

Schalke 04 berasal dari kota pertambangan kecil. Klub ini seolah melambangkan kebangkitan kelas pekerja dalam hierarki sepakbola Jerman.

Pada awalnya klub ini bernama Westfalia Schalke dan dibentuk pada tahun 1904.

Setelah dua puluh tahun berdiri dan beberapa merger dan perubahan nama yang gagal, klub akhirnya menetapkan nama Schalke 04 pada tahun 1924.

Seiring dengan perubahan nama tersebut, muncullah seragam baru berwarna biru-putih, yang menjadi dasar julukan klub yang paling terkenal: Royal Blues.

Empat tahun kemudian mereka mampu membangun stadion pertama mereka, Gl├╝ckauf-Kampfbahn dengan kapasitas 40.000 orang.

Seperti di banyak negara, transisi dari amatir ke profesionalisme ditandai dengan transisi yang melibatkan pembayaran tidak langsung.

Pada tahun 1930, Schalke dihukum berat setelah penyelidikan mengungkapkan profesionalisme yang tersembunyi dan tidak mampu bersaing selama satu tahun.

Namun, waktu akan berubah. Tahun 30an adalah masa restrukturisasi besar-besaran dalam sepak bola papan atas Jerman, yang mengarah pada pembentukan enam belas divisi regional yang dikenal sebagai Gauligen.

Schalke ditempatkan di Gauliga Westfalen, dan sejak awal membuktikan diri sebagai kekuatan yang harus diperhitungkan.

Leave a Comment