Profil Lengkap Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Rembang

Tentang Media – Pondok Pesantren Al Anwar Sarang merupakan salah satu Pondok Pesantren terfavorit di Indonesia. Pondok yang didirikan oleh KH. Maimoen Zubair pada tahun 1967 M berlokasi di Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Sistem yang diterapkan di Pondok Pesantren Al Anwar adalah sistem Syalafiyyah. Pondok Pesantren Al Anwar mengalami perkembangan yang sangat pesat, hingga saat ini PP Al Anwar terbagi menjadi 4 yaitu PP Al Anwar 1, PP Al Anwar 2, PP Al Anwar 3, dan PP Al Anwar 4.

PP AL ANWAR 1 (TENGAH)

Pondok Pesantren Al Anwar 1 atau Pondok Al Anwar Pusat merupakan pesantren khusus bagi santri yang ingin belajar agama secara murni. PP Al Anwar 1 merupakan gubuk pertama yang dibangun oleh KH Maimoen Zubair dan dirawat langsung olehnya. Sepeninggal KH Maimoen Zubair, PP Al Anwar diasuh oleh KH. Muhammad Najih Maimun.

Pusat PP Al Anwar terletak di Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Para santri yang menuntut ilmu di sini wajib mengikuti pengajian masyayikh atau ustadz melalui pendekatan bandongan dan sorogan.

Selain itu, peserta didik juga harus mengikuti pendidikan Muhadloroh atau Madrasah Ghozaliyah Syafi’iyah (MGS) sampai tingkat aliyah dan melanjutkan pendidikan di Ma’had Aly selama 2 (dua) tahun. Pondok Pesantren Al Anwar Pusat mempunyai kurang lebih 50 orang asatidz. Asatidz merupakan wisudawan terbaik dari Pondok Pesantren Al Anwar dan alumni PP Al Anwar yang melanjutkan pendidikan di Timur Tengah.

Meski sudah memasuki era modernisasi, namun peminat Pondok Pesantren Al Anwar Pusat masih banyak setiap tahunnya. Hal ini terbukti dengan latar belakang pelajar dan siswi PP Al Anwar Center yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk mendaftar di Pondok Pesantren Al Anwar Pusat dapat datang langsung ke Pondok Pesantren atau melihat informasi lengkap di https://www.ppalanwar.com/info-penregistran/.

PP AL ANWAR 2 SARANG
Seiring dengan perkembangan zaman, guna memenuhi kebutuhan peserta didik dalam memperoleh pendidikan formal, pada tahun 2006 KH. Maimoen Zubair mendirikan Pondok Pesantren Al Anwar 2. Berbeda dengan Al Anwar 1, Al Anwar 2 memadukan ajaran pesantren dengan pelajaran umum berbasis kurikulum dari Kementerian Agama.

Pondok Pesantren Al Anwar 2 merupakan bagian dari Yayasan Al Anwar 2 yang di dalamnya juga terdapat lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA), Madin AL Anwar 2, Program Tahfidz, Al Anwar Madya. Sekolah, SMA Al Al Anwar, dan Ma’had Aly. Di bawah asuhan putra pertama KH. Maimoen Zubair yaitu KH Abdullah Ubab MZ, Pondok Pesantren Al Anwar 2 yang terletak di Dusun Gondanrojo, Desa Kalipang, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

PP Al Anwar 2 merupakan wadah bagi santri yang ingin mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa keluar pesantren sebagai wahana pendalaman ilmu agama. Untuk mendaftar di PP Al Anwar 2 bisa melalui on line atau luring. Informasi pendaftaran tiap level dapat diakses pada link berikut.

  1. Madrasah Ibtidaiyah : https://mi.alanwar02.com/ppdb/
  2. Madrasah Tsanawiyah: https://penregistran.alanwar02.com/mts//home/formasi/panduan-registr
  3. Madrasah Aliyah : https://penregistran.alanwar02.com/ma/
  4. SMP Al Anwar : https://smp-alanwarsarang.sch.id/formulir-penerimaan-perta-didik-baru

Informasi lengkap mengenai PP Al Anwar 2 dapat diakses melalui https://alanwar02.com/.

PP AL ANWAR 3
Selanjutnya pada tahun 2013, KH. Maimoen Zubair mendirikan Sekolah Tinggi Islam Al Anwar (STAI) yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al Anwar 3 dan diasuh oleh Dr. Abdul Ghofur Maimoen.

PP Al Anwar 3 didirikan agar para santri dapat memperdalam ilmu agama dan melatih diri untuk hidup mandiri serta membiasakan akhlak yang baik sesuai dengan gelar yang dimilikinya. Selain mengenyam pendidikan tinggi, siswa di PP Al Anwar 3 juga diwajibkan mengikuti pendidikan Muhadloroh. Kegiatan Muhadloroh atau Madrasah Diniyah Takmiliyah fokus pada kajian kitab salaf ala pesantren yang melengkapi nuansa akademik di STAI Al Anwar.

Madrasah Diniyah Takmiliyah Al Anwar 3 terdiri dari 4 (empat) jenjang yang masing-masing jenjang diselesaikan selama 1 (satu) tahun. Kelulusan siswa di Madrasah ini merupakan prasyarat untuk mengambil ijazah di STAI Al Anwar.

Selain Diniyah Takmiliyah, kegiatan lain di PP Al Anwar 3 adalah membaca Yasin Fadhilal dan Ratib Al Haddad, membaca bandongan dan sorogan, Al Qur’an, Halaqah Diniyah, Nadwah Lughah Arabiyyah, Dzibaiyyah, Barzanji dan Burdah.

Untuk PP Al Anwar 3 Putri terdapat program tambahan yaitu program tahfidz, khataman bin nadhr, Tartilan Al Qur’an, kopdar, serta bacaan Manaqib dan muroja’ah agung. Informasi pendaftaran peserta didik baru dapat dilihat pada link berikut https://ppalanwar3.com/penerimaan-santri-baru/.

Leave a Comment