Perpustakaan Kota Cimahi

INFO CIMAHI- Budaya gemar membaca masyarakat Indonesia saat ini masih sangat minim, sehingga pusat membaca di perkotaan menjadi fokus khusus dalam mewujudkan masyarakat gemar membaca.

Melaporkan dari databoks.katadata.co.id/ (04/02/2021) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mencatat indeks kegemaran membaca Indonesia pada tahun 2020 sebesar 55,74 atau masuk kategori sedang. Skor ini meningkat 1,9 poin dari tahun 2019 yang sebesar 53,84.

Pada tahun 2020, rata-rata orang Indonesia membaca empat kali seminggu. Durasi rata-rata membaca adalah sekitar 1 jam 36 menit per hari. Sedangkan jumlah buku yang dibaca rata-rata dua buku per tiga bulan.

Perpustakaan Nasional RI melakukan survei indeks ulasan membaca pada Maret-November 2020. Survei tersebut melibatkan 10.200 responden di 34 provinsi dengan tujuan untuk mengukur frekuensi membaca, durasi membaca, dan jumlah buku yang dibaca.

Kegemaran membaca masyarakat Indonesia dirasa perlu terus ditingkatkan. Oleh karena itu masyarakat Kota Cimahi sering datang ke pusat bacaan seperti Perpustakaan Kota Cimahi yang terletak di Jl. Daeng Moh. Ardiwinata, Cibabat, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40513.

Bagi CIMTIZEN yang ingin membaca di Perpustakaan Cimahi perlu mengingat jam buka dan tutup perpustakaan yaitu pada:

Senin Jum’at 08.00 hingga 15.30 WIB

Sabtu 09.00 hingga 14.00 WIB

Saat ini pembatasan pengunjung berlaku:
¢ Merupakan anggota Perpustakaan Cimahi
¢ Kapasitas pengunjung maksimal 50%
¢ Waktu kunjungan maksimal 1 jam
¢ Telah divaksinasi

Setelah CIMTIZEN mengetahui jam operasional Perpustakaan Cimahi, maka Anda juga perlu mempersiapkan hal ini untuk melakukan peminjaman buku di Perpustakaan Cimahi yaitu harus membuat kartu anggota dengan syarat yaitu: 1) berusia minimal 5 tahun; 2) Warga Negara Indonesia, dan 3) menunjukkan tanda pengenal atau kartu keluarga bagi anak usia pra sekolah. Bagi anda yang sekedar ingin berkunjung dan sekedar membaca tidak perlu menggunakan kartu anggota Perpustakaan Cimahi.

Bagi anda yang ingin mendaftar menjadi anggota Perpustakaan Cimahi dapat menggunakan dua cara yaitu dengan datang langsung ke perpustakaan atau mendaftar secara online. on line pada website resmi Perpustakaan Kota Cimahi di library.cimahikota.go.id maka CIMTIZEN dapat memilih untuk pendaftaran anggota.

Perpustakaan Kota Cimahi juga memberikan inovasi digitalisasi bagi Anda yang ingin membaca kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan aplikasi eLib Kota Cimahi. Aplikasinya dapat ditemukan di toko bermain dan untuk Android dan AppStore untuk pengguna iOS. Di dalamnya terdapat kurang lebih ribuan buku yang bisa diakses bagi Anda yang ingin membaca tanpa perlu ke perpustakaan.

Meskipun Anda ingin menggunakan aplikasi tersebut, Anda tetap harus mendaftar terlebih dahulu agar memiliki akun untuk mengakses elib Cimahi. Jangan khawatir, cukup daftar On line pada laman perpustakaan.cimahikota.go.id.

Setelah itu, Anda bisa mengakses elib Cimahi dan bisa membaca buku elektronik dimana saja dan kapan saja.

Biarkan CIMTIZEN menjadi masyarakat membaca karena buku adalah jendela dunia dan pengetahuan.

Leave a Comment