Perbedaan Single Rank dan Dual Rank RAM, Mana yang Lebih Baik?

Jangan lewatkan perbedaan RAM single rank dan dual rank sebelum membeli RAM.

Anda mungkin pernah mendengar tentang RAM saluran ganda, tetapi bagaimana dengan “RAM peringkat ganda”? Ini berbeda dengan “dual channel RAM” yang merupakan konfigurasi instalasi RAM. RAM peringkat ganda adalah jenis RAM terpisah dengan susunan chip memori dua peringkat/bus.

Konfigurasi RAM peringkat tunggal untuk DDR3 dan DDR4 memiliki lebar pita sebesar 64 bit, sedangkan modul RAM dual rank memiliki lebar sebesar 128 bit.

Namun, karena saluran memori memiliki lebar yang sama dengan RAM peringkat tunggal (64 bit), pengontrol memori hanya dapat mengakses satu peringkat dalam satu waktu. Jadi memori peringkat ganda cenderung lebih lambat dibandingkan memori peringkat tunggal tradisional.

Untuk lebih jelasnya mengenai RAM single rank vs dual rank, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian RAM Single Rank dan Dual Rank

RAM Peringkat Tunggal (RAM SR) dan Peringkat Ganda (DRRAM) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan konfigurasi chip modul RAM.

Ketentuan “pangkat” pada RAM ini diatur oleh JEDEC (Joint Electron Device Engineering Council), kelompok standar industri memori.

Single Rank RAM memiliki satu set chip memori yang ditempatkan di salah satu sisi modul, sedangkan Dual Rank RAM memiliki dua set chip memori yang ditempatkan di kedua sisi modul, atas dan bawah.

Sederhananya, “RAM dual Rank” pada dasarnya adalah dua modul RAM peringkat tunggal biasa yang ditumpuk dari atas ke bawah pada DIMM yang sama.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penambahan chip ini memungkinkan RAM memiliki kapasitas bandwidth yang lebih besar. Namun, memori peringkat ganda lebih lambat dibandingkan modul peringkat tunggal tradisional, karena keterbatasan saluran.

Dalam praktiknya, pilihan antara RAM peringkat tunggal vs RAM peringkat ganda bergantung pada persyaratan sistem dan penggunaan.

Jika sistem memerlukan kecepatan transfer data yang lebih cepat, modul Single Rank RAM mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Komputer komersial umumnya menggunakan RAM peringkat tunggal, seperti yang ditemukan pada komputer desktop dan laptop.

Namun, jika sistem memerlukan lebih banyak kapasitas memori, modul Dual Rank RAM dapat memperoleh manfaat dengan memiliki lebih banyak kapasitas memori dalam satu modul.

Untuk aplikasi yang membutuhkan kapasitas memori lebih besar, seperti pemrosesan big data, server, virtualisasi, dan komputasi ilmiah, dual rank RAM adalah pilihan yang tepat. Maka tak heran jika jenis RAM ini banyak dijumpai pada komputer server.

Sudah jelas bukan perbandingan RAM single rank vs dual rank?

Perbedaan yang Terlihat (Lihat Label dan Jumlah Chip)

Kapan kamu mau beli RAM terbaik untuk komputer anda, anda perlu memperhatikan jenis RAM yang tepat. Oleh karena itu simak ciri-cirinya berikut ini agar tidak salah pilih saat membeli RAM.

Lihat Tag RAM

Perhatikan label pada RAM yang akan Anda beli. Untuk membedakan RAM single rank dan RAM dual rank, Anda bisa memperhatikan label yang menempel pada RAM tersebut.

  • RAM Peringkat Tunggal memiliki label 1rseperti dalam 1Rx8
  • RAM Peringkat Ganda memiliki label 2Rseperti dalam 2Rx8 Dan 2Rx4

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

perbedaan ram peringkat ganda - label stiker pada ram 2

Perbedaan Fisik RAM (Chip Memori RAM)

Cara lain untuk membedakan RAM single rank dan dual rank adalah dengan melihat letak dan jumlah chip yang terdapat pada RAM tersebut.

Meski begitu, penghitungan chip tersebut tidak selalu akurat, karena setiap chip dari pabrikan bisa saja memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

Ciri Fisik RAM Single Rank (1Rx8)

  • biasanya chip memori hanya terdapat pada salah satu sisi chip RAM
  • umumnya menggunakan 8 chip memori, misalnya modul RAM 8 GB mempunyai chip memori berkapasitas 1 GB pada salah satu sisi PCB atau kedua sisi PCB.

Ciri Fisik RAM Double Rank (2Rx8)

Halaman selanjutnya

Ciri-ciri Fisik RAM Double Rank (2Rx4)…

Halaman: 1 2 3

Leave a Comment