Olah Jari Tangan dan Tingkatkan Kemampuan Motorik Kamu! Ini Cara-Cara Senam Jari yang Bisa Kamu Lakukan

Ihwal.id – Gerakan senam jari yang berguna untuk memperkuat motorik halus sebenarnya cukup sederhana. Ini tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa melakukannya di mana saja. Bahkan saat berjalan atau di dalam kendaraan.

Jika kita melakukannya secara rutin maka manfaatnya sangat besar dan tidak main-main. Hanya dengan gerakan yang mudah dan tidak membuat badan kehabisan tenaga dapat membuat otot polos menjadi kuat.

Baca Juga: PSSI dikabarkan menghentikan Liga 2 dan Liga 3 serta melanjutkan Liga 1 di Indonesia

Bagaimana cara melakukannya? Dan apa saja gerakannya? Lihat di bawah ini:

Mengepalkan seperti kepalan tangan

Gerakan mengepal seperti ingin mengepalkan tangan ini dilakukan sebagai peregangan jari-jari. Caranya, kepalkan tangan secara perlahan lalu tahan selama 30-60 detik. Setelah itu rentangkan jari dan telapak tangan lebar-lebar. Ulangi gerakan ini hingga 4 kali pada kedua tangan.

Baca Juga: Baru-baru ini pengendara di Jakarta akan dikenakan ERP, sama seperti pengemudi mobil

Gerakan cakar

Selain gerakan mengepal sebelumnya, gerakan ini berguna juga sebagai peregangan jari. Caranya sederhana, cukup dengan melakukan gerakan seperti mencakar dan menahan selama kurang lebih 1 menit. Ulangi 4 untuk masing-masing tangan.

Sangat sederhana bukan? Kedua gerakan ini bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Ditambah lagi tidak memerlukan alat tambahan apa pun.

Baca Juga: Lampu Merah Terpanjang di Kota Bandung Capai 12 Menit, Benarkah?

Dengan melakukan senam jari sederhana ini, Anda dapat memperkuat jari-jari Anda, membantu menghilangkan rasa sakit, melatih otot polos, memperkuat koordinasi tangan, bahkan dapat membantu proses pemulihan penyakit tulang dan diri Anda sendiri.

***

Penyumbang : Imaduddin Hanif

Leave a Comment