Mengenal Virtual RAM: Cara Kerja, Manfaat, dan Kekurangannya

Saat ingin membeli ponsel baru, kini banyak yang menyertakan Virtual RAM di dalamnya. Kabarnya, teknologi ini bisa meningkatkan performa smartphone Anda.

Selain Virtual RAM yang sering digunakan Vivo, disebut juga teknologi ini RAM Ditambah oleh Samsung atau RAM ekspansi oleh OPPO.

Umumnya teknologi ini dibenamkan pada ponsel kelas menengah agar performanya semakin mumpuni. Selain itu, virtual RAM juga bisa digunakan di komputer dan laptop.

Namun benarkah RAM bisa membuat kinerja menjadi lebih cepat?

Meski dapat meningkatkan kapasitas RAM, namun teknologi ini juga membawa risiko. Simak sampai habis untuk mengetahui kekurangannya.

Apa itu RAM

Sebelum memahami Virtual RAM, Anda harus mengetahui apa itu RAM. Meskipun hal ini sudah pernah dibahas sebelumnya, mari kita ulas kembali maknanya.

Singkatnya, RAM (Random Access Memory) adalah memori yang dapat diakses secara acak oleh CPU dengan cepat tanpa harus melalui urutannya terlebih dahulu.

RAM mempunyai fungsi sebagai berikut

  • Menyimpan data sementara
  • Meningkatkan kecepatan sistem
  • Memberikan kemampuan multitasking

Dengan fungsi tersebut, kapasitas RAM yang besar identik dengan performa ponsel yang lebih tinggi. Misalnya saja menjalankan game Genshin Impact bisa berjalan lebih lancar.

Rupanya banyak produsen ponsel dan pemilik komputer dengan RAM berkapasitas rendah yang ingin menambah kapasitas RAM-nya untuk meningkatkan performa.

Oleh karena itu, virtual RAM hadir untuk menyiasati kapasitas RAM yang kecil agar bisa semakin besar.

Definisi RAM Virtual

Virtual RAM memang bisa membuat kapasitas RAM menjadi lebih lega. Tapi, apa sebenarnya RAM virtual itu?

Virtual RAM adalah mekanisme dimana sistem operasi dapat menggunakan sebagian dari drive penyimpanan untuk meniru RAM fisik dan memperluas kapasitas memori sistem.

RAM virtual memiliki berbagai sebutan. Misalnya, Samsung menyebut teknologi serupa dengan istilah RAM DitambahSedangkan pada pabrikan ponsel OPPO, teknologi ini dikenal dengan sebutan RAM ekspansi.

Meski memiliki nama yang berbeda, namun teknologi penambah kapasitas RAM dengan penyimpanan sebenarnya tidak jauh berbeda. Teknologi ini memungkinkan sistem operasi menggunakan sebagian ruang penyimpanan selain kapasitas RAM fisik.

Dengan cara ini, sistem operasi dapat menyimpan sementara data yang jarang digunakan ke dalam memori virtual, sehingga memberikan lebih banyak ruang untuk data yang sering digunakan dalam RAM fisik.

Dalam proses ini, sistem operasi mengelola alokasi memori dan tugas manajemen antara RAM Fisik dan Virtual.

Fungsi VirtualRAM

Sekarang Anda sudah paham kalau Virtual RAM adalah teknologi untuk menambah kapasitas RAM dengan menggunakan memori penyimpanan.

Apa saja fungsi pembuatan virtual RAM di HP? Berikut beberapa fungsi utama RAM virtual:

1. Meningkatkan Kapasitas Memori

Salah satu fungsi utama RAM virtual adalah untuk meningkatkan kapasitas memori sistem. Dengan mengalokasikan sebagian ruang penyimpanan sebagai memori virtual, sistem dapat menampung lebih banyak data dan instruksi program dibandingkan hanya mengandalkan RAM fisik.

2. Mengurangi Tekanan pada RAM Fisik

RAM virtual membantu mengurangi beban pada RAM fisik, karena data dan instruksi yang jarang digunakan dipindahkan ke memori virtual. Hal ini memberikan lebih banyak ruang untuk data yang sering digunakan dalam RAM fisik, sehingga meningkatkan efisiensi dan kinerja sistem.

3. Mengaktifkan Multitugas

Virtual RAM memungkinkan sistem menjalankan lebih banyak aplikasi atau program secara bersamaan, atau sering disebut multitasking.

Dengan tambahan memori virtual, sistem dapat mengalokasikan lebih banyak memori untuk setiap aplikasi atau program yang berjalan, sehingga pengguna dapat beralih antar aplikasi dengan lebih lancar.

4. Kelola Memori secara dinamis

Sistem operasi menggunakan algoritma manajemen memori untuk mengatur data dan instruksi yang disimpan dalam RAM fisik dan virtual. Hal ini memungkinkan sistem mengalokasikan memori secara efisien sesuai dengan kebutuhan aplikasi atau program yang sedang berjalan.

Itulah beberapa fungsi dari Virtual RAM. Dengan fungsi tersebut, ada beberapa manfaat yang bisa diraih.

Cara Kerja RAM Virtual

Virtual RAM memiliki banyak fungsi dan kelebihan. Tapi bagaimana cara kerja RAM virtual?

Halaman selanjutnya

Begini cara kerja RAM virtual…

Halaman: 1 2

Leave a Comment