Mengenal Sarindan Alias Benalu Kopi, Tanaman Ajaib Obat Kanker yang Belum Banyak Orang Tahu

Ihwal.id – Sebagai negara kepulauan dengan hutan tropis yang luas dan subur, Indonesia merupakan rumah bagi lebih dari 80% tanaman obat dunia.

Kita mungkin sudah mengetahui beberapa rempah-rempah yang sering dijadikan obat seperti jahe dan kunyit, namun mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa ada tanaman benalu yang juga bisa dijadikan obat, bahkan sebagai obat anti kanker lho!

Tanaman yang dimaksud adalah tanaman benalu kopi (Loranthus Ferrugineus). Tanaman ini hidup pada pohon kopi yang menjadi inangnya.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah untuk Kesehatan? Berikut penjelasannya, yuk disimak!

Berbeda dengan parasit pada umumnya yang merugikan inangnya dan tidak bermanfaat bagi manusia, parasit ini memiliki manfaat yang luar biasa karena mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan.

Di Indonesia, parasit kopi banyak ditemukan di kawasan perkebunan kopi, misalnya di dataran tinggi Gayo, Aceh.

Parasit kopi juga dapat ditemukan di perkebunan kopi di Sidikalang dan beberapa daerah dataran tinggi lainnya di Sumatera Utara. Masyarakat Sumatera Utara biasa menyebut nama parasit kopi ini sarindan.

Manfaat dan Kandungan Gizi pada Kopi Benalu

Melansir dari laman HaloDoc, parasit kopi bermanfaat untuk mengobati radang sendi, hipertensi, masalah tidur mendengkur, dan mengobati kanker.

Baca Juga: Obat sakit gigi alami, bisa dengan mudah diterapkan di rumah

Dalam Jurnal Lantanida Vol.6 Tahun 2018 disebutkan bahwa parasit kopi memiliki sifat anti kanker karena mengandung senyawa flavonoid yang disebut Quercetin.

Flavonoid merupakan senyawa polifenol yang terdapat pada epidermis daun, kulit buah dan berperan sebagai antioksidan dan antimutagenik.

Quercetin mempunyai aktivitas antioksidan karena mempunyai komponen fenolik yang sangat reaktif. Quercetin bekerja dengan cara mengikat radikal bebas sehingga mengurangi reaktivitas radikal bebas tersebut.

Baca Juga: Badan POM Rilis Obat Sirup Yang Aman Digunakan

Leave a Comment