Mengenal Lebih Jauh Jenis Iguana dan Harganya di Indonesia

Mungkin sebagian orang masih belum mempunyai gambaran jelas tentang hewan yang satu ini. Karena itu Teknokarta akan mengajak pembaca untuk mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis iguana dan harganya di pasaran.

Kenali Iguana

Iguana sendiri merupakan hewan reptil yang berasal dari iklim tropis benua Amerika. Jika Anda pernah menonton film Godzilla, mungkin bisa memberi sedikit gambaran tentang hewan yang satu ini. Tapi tidak untuk ukurannya ya!

Ukuran iguana dewasa bisa mencapai 1,5 hingga 1,8 meter. Dengan bentuk tubuhnya yang indah menjadikannya salah satu hewan peliharaan pilihan yang kini digandrungi banyak orang.

Jenis Iguana yang berasal dari Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis iguana yang menjadi ciri khas negara ini. Beberapa diantaranya tak kalah cantik dan menarik dibandingkan iguana dari luar negeri.

Berikut beberapa jenis iguana asal Indonesia dan detail harganya yang paling banyak diminati para pecinta reptil:

Iguana Merah (Iguana Merah)

Yang pertama adalah Iguana Merah. Sesuai dengan namanya, tubuh hewan ini didominasi warna merah. Warna merah sendiri mempunyai banyak varian, ada yang cerah ada pula yang agak gelap.

Namun ada juga yang memiliki kombinasi warna dengan warna hijau, masyarakat biasa menyebutnya dengan istilah iggy hijau campur merah. Iguana merah cenderung lebih agresif dan lincah.

Harga Iguana Merah

Harga iguana merah tergantung dari beberapa kualifikasi yang dimilikinya. Dan ini juga tergantung dari jenis varian iguana merah itu sendiri. Berikut daftar harga iguana merah berdasarkan variannya:

  • Harga Iguana Super Red (ukuran 56-60cm): mulai dari Rp. 600,00,-
  • Iguana Super Merah Dewasa Harga: mulai dari Rp. 1.000.000,-
  • Iguana Jumbo Merah Harga: mulai dari Rp. 1.800.000,-

Iguana Hijau (Iguana Hijau)

Di urutan kedua ada Iguana Hijau sebagai hewan asli yang berasal dari Indonesia. Sifat dan karakternya berbanding terbalik dengan Iguana Merah yang sangat tenang dan jinak, cocok bagi pemula yang ingin memelihara reptil jenis ini.

Warna bodinya didominasi warna hijau, sangat sejuk dipandang mata. Terkadang ditemukan tanda berwarna coklat di beberapa bagian tubuhnya. Iguana masih diperdagangkan secara bebas karena bukan merupakan hewan yang dilindungi.

Harga Iguana Hijau

Harga Iguana Hijau cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan Iguana Merah. Hal ini pula yang menjadikannya pilihan populer untuk diburu di berbagai situs jual beli dan komunitas pecinta reptil.

Berikut beberapa daftar harga Iguana Hijau yang saat ini beredar di pasaran:

  • Harga Iguana Hijau (Baby Green Iggy): mulai dari Rp. 300.000,-
  • Iguana Green Columbia Harga: mulai Rp. 500.000,-
  • Iguana Hijau Besar Harga: mulai Rp. 1.000.000,-

Iguana Biru (Iguana Biru)

Iguana Biru ini dulunya diklaim telah punah, namun kini jumlahnya terus bertambah berkat banyaknya hewan penangkaran yang ikut serta dalam program pemulihan.

Dominasi warna biru pada tubuhnya akan membuat mata Anda terpana karena keindahannya. Cocok juga untuk dijadikan pajangan di ruangan anda, namun dengan banyak hal yang harus diperhatikan agar keberlangsungannya!

Harga Iguana Biru

Harga Ikan Iguana Biru sendiri terbilang cukup mahal, semua itu tentunya dikarenakan populasinya yang masih terbatas dan memerlukan keterampilan yang mumpuni dalam perawatannya.

Iguana Biru cocok untuk mereka yang berkantong tebal. Namun jika Anda memiliki tabungan yang cukup, mungkin Anda bisa mencoba beternak hewan ini.

Berikut kisaran harga Blue Iguana (Iguana Biru) yang bisa ditemukan di pasaran:

  • Harga Blue Iguana (Baby Blue): mulai dari Rp. 1.600.000,-
  • Iguana Biru Besar Harga: mulai Rp. 3.000.000,-

Itulah beberapa informasi mengenai jenis Iguana dan harganya untuk pasar Indonesia. Nominal yang tertera tentunya bisa saja berbeda dengan kondisi di lapangan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor pendukung lain yang menjadi penentu harga jual iguana tersebut.

Leave a Comment