Mengenal Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Kuliner Khas Pulau Dewata

Halo Teman MI! Bali atau sering dikenal dengan Pulau Dewata merupakan salah satu pulau di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Hal ini dikarenakan budaya Bali yang masih kental ditambah dengan objek wisata yang sangat menakjubkan. Tidak sampai disitu saja, makanan khas Bali juga mempunyai cita rasa yang sangat khas, Kamu tahu! Salah satunya seperti ayam betutu khas Gilimanuk.

Ayam betutu merupakan salah satu kuliner khas Bali yang sangat terkenal dengan keunikan bumbu dan rempahnya. Apalagi dengan cara memasaknya yang unik, ayam betutu Bali menjadi salah satu menu favorit wisatawan saat berkunjung ke Pulau Dewata. Di Sini!

Sejarah Munculnya Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Sumber: kibrispdr.org

Berdasarkan tradisi Bali, umumnya ayam betutu Bali disajikan pada saat upacara adat seperti odalan (upacara pemujaan kepada Dewa), otonan (ulang tahun umat Hindu), dan juga pernikahan Bali.

Sejarawan kuliner, Fadly Rahman menjelaskan, ada pengaruh budaya Majapahit terhadap masakan Bali. Ayam betutu Bali juga sangat terkonsentrasi daerah asalnya, tepatnya di daerah Gianyar Ubud yang kemudian menyebar ke daerah Gilimanuk dan Jembrana.

Apalagi ternyata kuliner Bali sudah menyebar ke berbagai kota dan menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. turis asing. Dengan bahan dasar utama berupa bangkai bebek atau ayam utuh, tak heran jika makanan khas Bali ini terkenal hingga mancanegara.

BACA JUGA: 7 Makanan Khas Bali Kaya Rempah

Yuk, kenali Ayam Betutu Bali lebih dalam!

Yuk, kenali Ayam Betutu Bali lebih dalam!

Sumber: nyero.id

Ciri khas ayam betutu Bali adalah kaya akan berbagai macam bumbu dan rempah. Hal ini menyebabkan ayam betutu memiliki cita rasa yang sangat khas dan bumbunya meresap hingga ke dalam daging.

Secara umum bumbu yang digunakan untuk membuat ayam betutu yaitu bumbu wewangenan dan bumbu genep. Untuk bumbu wewangenan terdiri dari ketumbar, kemiri, kemenyan, jangu, bangle, lada hitam, lada putih, cengkeh, pala, tabia bun, dan kulit. oranye purut.

Kemudian bumbu genep terdiri dari bumbu berupa kunyit, lengkuas, jahe, lengkuas, cabai rawit, bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, serai, gula merah, daun jeruk, daun salam, dan minyak kelapa.

Sebenarnya nama masakan ayam betutu khas Bali ini karena kata “betutu” dalam bahasa Bali berarti campuran berbagai bumbu tertentu.

Lalu, Cara Memasak Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Caranya, Ya?

Lalu, Bagaimana Cara Memasak Ayam Betutu Khas Gilimanuk?

Sumber: Cookpad.com

Ternyata kuliner Bali yang satu ini tidak hanya unik dari bumbu yang digunakan saja, dari cara memasaknya juga bisa dibilang cukup unik. Kamu tahu! Mungkin sebagian besar olahan daging ayam yang Sobat MI masak adalah yang digoreng, dibakar, atau dikukus.

Namun berbeda dengan ayam betutu Bali yang dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam kulitnya, kemudian ditutup dan dibakar di atas bara api. Pertama-tama semua bumbu dilumuri dan dimasukkan ke dalam perut ayam. Kemudian ayam atau bebeknya dibungkus dengan daun pisang lengkap dengan pelepahnya.

Tujuannya agar aroma ayamnya nantinya bisa lebih harum sesuai dengan ciri khas ayam betutu Bali. Selanjutnya ayam yang sudah dibungkus tersebut dikubur di dalam tanah dan ditutup dengan bara api dan sekam.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat ayam betutu bali sendiri di rumah harus bersabar, karena prosesnya yang cukup lama. Hal ini bertujuan agar cita rasa ayam yang dihasilkan bisa gurih, empuk, bumbu meresap, dan aroma gosong sekamnya khas.

Proses memasak diatas cukup ribet ya sobat MI? Tenang saja, saat ini kebanyakan ayam betutu Bali tidak lagi dimasak dengan cara tradisional seperti di atas, melainkan dengan cara modern yaitu menggunakan oven. Kelemahannya jika kita menggunakan oven adalah aroma khas gosongnya kurang terasa.

Tempat Makan Ayam Betutu Bali Paling Recomended Direkomendasikan!

Tempat Makan Ayam Betutu Bali Paling Recomended!

Sumber: Joko Henry

Tidak bisa dipungkiri jika di Bali banyak sekali warung yang menjual menu ayam atau bebek betutu. Namun, tidak semuanya memiliki cita rasa yang menggugah selera. Nah untuk itu berikut beberapa rekomendasi tempatnya makan kuburan ayam betutu paling khas bali direkomendasikan yang bisa sobat MI jadikan referensi, Di Sini!

1. Ayam Betutu Gilimanuk

Salah satu cabang gerai restoran terbesar ini terletak di Jalan Merdeka Nomor 88, Renon, Denpasar. Dimana jam bukanya setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam. Ciri khas masakan ayam betutu di rumah makan ini adalah bumbu betutu yang kaya akan rempah dan terasa di lidah.

Terlebih lagi, rasa pedas dari ayam betutu khas Gilimanuk mampu menggoyahkan lidah wisatawan yang berkunjung. Kamu tahu! Nanti Sobat MI akan mendapatkan sayur plecing baik gonda maupun kangkung, kacang goreng, dan sambal matah jika anda memesan di tempat makan ini.

BACA JUGA: 10 Aneka Sambal Enak Khas Indonesia

2. Ayam Betutu Pak Man

Selanjutnya ada tempat kuliner Bali yang terkenal dengan citarasanya yang lezat, pedas, meresap dan gurih. Dimana untuk menu ayam betutu bali di tempat ini tekstur dagingnya agak berserat karena menggunakan ayam kampung.

Namun sobat MI tidak perlu khawatir karena dagingnya masih empuk dan mudah lepas dari tulangnya saat dimakan. Apalagi akan semakin nikmat jika ditambah dengan menu lainnya seperti sambal matah, sate lilit, lawar bali dan masih banyak lagi.

Keunikan restoran ini terletak pada interior khas Bali karena menggunakan bambu pada pilar-pilar bangunannya. Selain itu lokasinya juga mudah dijangkau karena terletak di Jalan Kubu Anyar Nomor 72X, Kuta, Kabupaten Badung. Sedangkan jam buka setiap harinya mulai pukul 08.00 hingga 22.30.

3. Ayam Betutu Mek Rati

Lalu, ada restoran yang mulai buka dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam. Di warung ini seporsi ayam betutu Bali terdiri dari nasi, ayam betutu, tum ayam, telur rebus, sayur mayur dan kacang goreng.

Bagi sobat MI yang datang ke tempat ini pasti siap terhipnotis kelembutan daging ayam betutu di tempat ini, Ya! Apalagi ditambah dengan bumbu yang meresap sampai ke tulang. Hal ini menyebabkan sensasi aroma ayam betutu Bali bakar di tempat ini sangat menggugah selera.

Uniknya tempat ini, bagi anda pecinta rasa pedas, bebas menambah tingkat kepedasan sesuai selera. Selain itu, rumah makan yang berlokasi di Jalan Dewi Sri IV, Legian, Kuta, Badung ini menawarkan tiga varian menu yaitu betutu biasa, betutu spesial, dan betutu satu ekor.

Nah itu dia sobat MI tentang berbagai hal tentang ayam betutu khas Bali Gilimanuk yang menggugah selera sekali. Buat sobat MI juga bisa melihat kuliner daerah Indonesia lainnya yang pastinya enak banget direkomendasikan mencoba, Di Sini!

Jangan lupa baca terus postingan Mengenal Indonesia ya sob MI. Mudah. Dengan sekali klik Di Sini. Rasakan manfaat, kesenangan, dan keseruan mengenal Indonesia melalui postingan di akun media sosial mengenal Indonesia dan website kenalindonesia.com.

Postingan terbaru dari I Made Manik Putra Wibawa (Lihat semua)

Leave a Comment