Ini Dia Manfaat Buah Huni yang Jarang Diketahui

Khasiat dan Khasiat Buah Huni – Bagi sebagian orang mungkin masih sedikit asing dengan istilah atau nama buah Huni yang satu ini. Namun siapa sangka, dibalik bentuknya yang kecil dan mungil, buah ini menyimpan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Buah Huni Apakah?

Buah Huni merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Australia. Pohon buah-buahan biasa tingginya bisa mencapai sekitar 15-30 meter. Di dataran Pulau Jawa sendiri, pohon buah-buahan yang dihuni dapat ditemukan di hutan dengan ketinggian maksimal 1.400 meter di atas permukaan laut.

Buah huni ini mempunyai bentuk bulat dan berukuran kecil. Jika matang, buahnya akan berubah warna menjadi merah. Buahnya yang kecil tersusun dalam satu tangkai yang panjang.

Nama Lain Buah Buni

Buah ini memiliki nama latin yaitu Antidesma Bunius. Di beberapa daerah di Indonesia, buah ini juga mempunyai julukan tersendiri. Misalnya di beberapa daerah di Pulau Jawa, buah ini disebut dengan buah buni atau buah wuni. Sedangkan di Madura buah ini mempunyai nama lain yaitu buah bumih.

Untuk daerah Sunda, buah ini disebut dengan buah huni. Di Lampung, mereka menamakan buah ini dengan nama buah bonia. Kemudian di daerah Sumbawa, masyarakat disana menyebutnya dengan buah Barune.

Khasiat Buah Huni

Buah huni sendiri mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia, oleh karena itu buah ini masih banyak diminati oleh banyak orang yang mendambakan manfaat dari buah huni ini.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat buah hunni yang perlu Anda ketahui:

  • Menjaga dan Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
  • Melindungi Kesehatan Organ Penglihatan
  • Melawan Pertumbuhan Sel Kanker
  • Melancarkan dan Memperbaiki Sistem Pencernaan
  • Mengobati Alergi atau Penyakit Kulit

Jika Anda memiliki beberapa gangguan kesehatan di atas, disarankan untuk mencoba mengonsumsi buah huni ini. Manfaat dan khasiat buah huni ini tidak perlu Anda ragukan lagi karena sudah banyak orang yang mencobanya.

Cara Makan Buah Buni

Ada berbagai cara mengonsumsi buah buni yang sering dilakukan banyak orang. Cara memakannya yang paling umum adalah dengan mencuci buah buni yang sudah matang, lalu membuang biji di dalamnya. Buah yang sudah dibersihkan bisa langsung dimakan.

Cara lain untuk mengonsumsi buah buni adalah dengan mengawetkannya untuk dijadikan manisan buah atau dibuat sirup buah buni. Ada juga yang mengkonsumsi buah ini dengan kuah rujak, semua tergantung selera.

Efek Samping Buah Buni

Selain memberikan manfaat, ada efek samping buah buni yang perlu diwaspadai. Perlu diketahui, buah dan daun tanaman ini memang bisa kita konsumsi karena mengandung banyak manfaat, namun ada satu bagian yang harus dihindari.

Akar pohon buah hunni ini mengandung racun, jadi sebaiknya hindari bagian tersebut. Anda tidak perlu khawatir jika membelinya di pasaran, karena biasanya yang dijual hanya daun dan buahnya saja.

Harga Buah Buni

Kelangkaan buah buni di beberapa daerah kini bisa diatasi dengan berbelanja online melalui marketplace. Karena khasiat buah Buni yang banyak diminati, banyak toko-toko di pasar yang menjual buah ini.

Harga pasaran saat ini di toko online berkisar Rp. 20-30 ribu per 500 gram. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung minat dan ketersediaan buni itu sendiri.

Untuk menjaga kualitas buah buni agar tetap segar, pastikan lokasi penjual masih satu wilayah dengan tempat tinggal Anda. Jika harus berada di daerah lain, pastikan memilih toko yang memiliki layanan pengiriman ekspres atau cepat.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat dan khasiat buah huni yang masih belum diketahui banyak orang. Jangan ragu untuk mengkonsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan tubuh kita!

Leave a Comment