Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun, Lengkap Beserta Arab, Latin, dan Artinya untuk Menyambut Tahun Baru Hijriyah

Ihwal.id – Memasuki momen akhir dan awal tahun Hijriyah, inilah saat yang tepat untuk merenung, bersyukur, dan memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Sholat di penghujung dan awal tahun Hijriyah merupakan sarana spiritual bagi umat Islam untuk melakukan refleksi diri, memohon ampun, serta memohon keberkahan dan petunjuk dalam setiap langkah kehidupan.

Dengan salat di akhir dan awal tahun Islam, kita bisa merasakan keberkahan dan mendapatkan kekuatan spiritual untuk menghadapi tantangan di tahun mendatang.

Baca Juga: Doa Belum Terkabul? Coba Doa di 6 Waktu Ajaib Ini: Amalan dan Rutin, Semoga Segera Terkabul!

Berikut Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Arab Latin beserta Arti Bahasa Indonesia Lengkapnya:

Doa Akhir Tahun

??? Amin َى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اس ْتَغَعَد ْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَبَّ لَ مِنِّيْ وَلَا ت َقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allah SWT ala ma’shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa’attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha’ rajaâ’î minka yâ karîm.

Itu berarti“Ya Tuhanku, aku mohon ampun atas amalanku tahun ini yang telah Engkau larang-sedang aku belum sempat bertaubat, amalanku yang Engkau pahami karena rahmat-Mu-selagi Engkau sanggup menyiksaku, dan amalan (dosa-dosaku) ) yang Engkau perintahkan untuk bertaubat, sedangkan aku menyerangnya berarti durhaka kepada-Mu. Dan aku mohon ampun kepada-Mu, maka ampunilah aku, dengan harap Engkau menerima amalanku yang Engkau ridhoi di tahun ini dan amalanku yang Engkau janjikan pahalanya. .Jangan membuatku putus asa. Ya Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Baca Juga: Allahul Kaafi Rabbunal Kaafi Lirik Arab Latin Arti Lengkap: Bacaan Doa yang Mendatangkan Ketenangan

Doa Awal Tahun

Ya Allah Amin َأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُ ّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا ي ُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَا لِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal Abadiyyul Qadîmul Awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu’awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fihi minas syithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Itu berarti, “Ya Tuhanku, Engkaulah Yang Abadi, Qadim, dan Yang Awal. Oleh rahmat-Mu yang besar dan rahmat-Mu yang mulia, Engkau menjadi pintu pengharapan. Tahun baru ini telah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan dan para pengawalnya di tahun ini. Aku juga mengharapkan bantuan-Mu dalam mengatasi hawa nafsu yang sering mendorongku berbuat jahat. Kepada-Mu aku memohon hidayah agar aktivitas sehari-hari mendekatkanku pada rahmat-Mu. Ya Tuhan Yang Maha Besar dan Mulia.”

Leave a Comment