Contoh Ceramah: Marhaban Ya Ramadhan, Pentingnya Bergembira saat Memasuki Bulan Ramadhan

Ihwal.id – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang di dalamnya umat Islam diwajibkan untuk berpuasa.

Di bulan Ramadhan terdapat peristiwa lailatul qadar yang banyak berkah dan kebaikannya.

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

Di bulan mulia ini, umat Islam dianjurkan untuk saling mengajak pada kebaikan, termasuk saling menasihati melalui ceramah dan khotbah.

Di bawah ini contoh khutbah singkat Jumat saat memasuki bulan Ramadhan seperti dilansir Ihwal.id dari laman nu.or.id:

Baca Juga: Khutbah Jumat: Menjaga Hubungan Kemanusiaan di Bulan Syaban dan Ramadhan

Khotbah I

اَلْحَمْدُ للهِ. ??? أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ الْعَظِيْمِ الْكَرِيْمِ. Amin َبِي الْقَاسِمِ. ??? اَجْمَعِيْنَ. اَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُس ْلِمُوْنَ. Amin ُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Allah, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita bisa merasakan nikmatnya beribadah dan ketaatan kepada-Nya.

Marilah kita selalu panjatkan sholawat dan salam kepada Tuhan semesta alam Yang Mulia Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam yang membimbing kita agar dekat dengan Sang Pencipta.

Jamaah Jumat, dimuliakan oleh Allah SWT,

Dalam momentum ini dan seterusnya, marilah kita selalu kuatkan keislaman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT serta menjaganya hingga akhir hayat.

Kita harus berpegang teguh pada prinsip yang telah difirmankan oleh Allah SWT dan sering dibaca oleh para khatib Jumat yang terdapat dalam Al-Qur’an Al-Imran ayat 102.

Ayat yang mengingatkan orang beriman untuk selalu bertakwa dan mengingatkan agar tidak mati kecuali dalam keadaan Islam.

Leave a Comment