Cara Restart HP iPhone dengan atau Tanpa Tombol Power

Ada banyak cara untuk melakukan restart HP iPhone, pengguna bisa melakukannya tanpa menggunakan tombol Power. Restart iPhone biasanya dilakukan ketika terjadi error pada perangkat, untuk mengurangi beban saat ponsel kelebihan beban, atau memperbaiki aplikasi.

Banyak faktor yang menjadi alasan pengguna, dalam melakukan restart perangkat. Sistem akan kembali segar dan siap digunakan secara maksimal setelah Anda melakukan restart, itulah sebabnya banyak orang yang melakukannya secara rutin.

Namun tahukah Anda bahwa untuk me-restart kondisi smartphone tidak harus menekan tombol Power. Pengguna dapat melakukannya melalui sistem, atau dengan menekan tombol lain, jika harus me-restart ponsel cerdasnya secara paksa.

Saat iPhone dalam keadaan error atau layar tidak bisa disentuh, Restart biasanya menjadi pilihan banyak pengguna. Sebab dengan melakukan restart pada smartphone pengguna dapat mengembalikan sistem agar berfungsi seperti semula.

Cara Restart HP iPhone Tanpa Tombol Power

Beberapa orang memang membutuhkan tombol Power saat melakukan riset, namun tanpa harus menekan lama tombol tersebut, pengguna juga dapat melakukan restart melalui menu Setting dengan lebih mudah dan cepat.

1. Buka Pengaturan Menu

Pada menu Setting terdapat berbagai pilihan bagi pengguna untuk mengatur pengaturan aplikasi, WiFi, kecerahan atau data internet. Selain itu, pengguna juga dapat mengubah bentuk ukuran teks di smartphone jika ukuran huruf atau angka dirasa kurang sesuai.

Namun sebelumnya Anda harus mencari menu Setting terlebih dahulu yang biasanya terletak di halaman pertama dan mudah ditemukan.

2. Pilih Aksesibilitas

Setelah itu pilih Aksesibilitas, jika di-scroll ke bawah maka pengguna akan menemukannya. Pada menu ini terdapat berbagai macam pilihan, mulai dari memperbesar ukuran huruf, menebalkan huruf pada perangkat, Zoom, Voice Over dan masih banyak lagi.

3. Mengubah Bentuk atau Ukuran Teks pada Perangkat

Namun pada menu Aksesibilitas, kita perlu mengubah bentuk huruf atau menebalkan huruf pada perangkat. Ubah ke posisi ON, jika warnanya sudah berubah menjadi hijau, maka fitur ini akan aktif setelah Anda melalui tahap berikutnya.

4. Klik Lanjutkan

Sistem pada perangkat akan memberi tahu pengguna bahwa iPhone perlu di-restart agar fitur ini dapat menyala secara normal. Notifikasi tersebut berisi Menerapkan pengaturan ini dengan memulai ulang iPhone Anda, lalu klik Lanjutkan.

5. Tunggu Hingga Perangkat Menyala

IPhone Anda akan mati secara otomatis, lalu hidup dan selesai restart secara otomatis. Namun fitur Bold Text hanya bisa digunakan pada pengguna iPhone iOS 7 ke atas, jangan khawatir karena kami akan memberikan tutorial lainnya untuk Anda.

Cara Restart iPhone dengan Berbagai Pilihan

Tombol Power tidak hanya berguna untuk mengunci smartphone, jika Anda menekannya cukup lama maka akan muncul opsi untuk mematikan iPhone Anda. Namun masih ada beberapa cara lainnya, bagi pengguna yang ingin mendapatkan cara restart yang mudah.

1. Mulai ulang dengan Tombol Volume dan Daya

Cara ini bisa dilakukan oleh berbagai tipe iPhone iOS, seperti kita ketahui letak tombol Power ada di sebelah kanan, sedangkan tombol Volume ada di sebelah kanan. Jika ditekan dan ditahan secara bersamaan maka proses Restart dapat terjadi secara otomatis.

Tunggu beberapa saat hingga logo Apple muncul, maka iPhone pengguna akan menyala dalam beberapa detik.

2. Mulai Ulang Secara Paksa

Cara ini bisa dilakukan ketika iPhone error, layar tidak bisa bergerak, atau layar mati tiba-tiba namun masih bisa mengeluarkan suara. Tutorial ini dapat dilakukan di iPhone 4S ke atas, dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan.

Tunggu beberapa detik, dan jika muncul logo Apple, lepaskan kedua tombol tersebut dan pengguna hanya perlu menunggu beberapa detik lagi agar iPhone dapat digunakan kembali.

3. Mulai ulang melalui Menu Pengaturan

Bagi pengguna iPhone X, ada cara mudah untuk melakukan restart tanpa menekan tombol Home atau Power. Karena tombol Beranda tidak lagi tersedia di iPhone X, Anda perlu mengakses menu Pengaturan.

Pilih menu General, gulir ke bagian paling bawah dan temukan menu Shut Down. Tombol ini memungkinkan pengguna untuk memulai ulang dengan mudah.

4. Tanpa Bantuan Tombol Volume

Ada cara lain yang bisa dilakukan bagi pengguna iPhone X, sebelumnya Anda perlu mengaktifkan tombol Assistive Touch. Caranya dengan mengakses menu Pengaturan, klik Umum lalu Aksesibilitas.

Temukan Assistive Touch dan geser tombol di sebelahnya, hingga berubah menjadi hijau. Kemudian kembali ke menu pertama, klik tombol Assistive Touch di samping layar, pilih Device lalu More, lalu ada opsi Restart.

5. Mulai ulang dengan Tombol Daya

Khusus pengguna iPhone SE versi 5 ke atas, Anda bisa mencoba cara berikut ini. Dengan menggunakan tombol Power, pengguna hanya perlu menekan dan menahan tombol Power selama kurang lebih 30 detik.

Nantinya proses Restart akan berjalan setelah Anda menekan kembali tombol Power. Cara restart HP iPhone bisa Anda terapkan, sesuai dengan jenis iPhone dan kondisi smartphone.

Leave a Comment