Cara Berbagi Hotspot iPhone ke Android, Lakukan Ini Jika Tidak Bisa

Bagaimana cara berbagi titik panas iPhone ke Android diperlukan misalnya jika Anda berada di lokasi yang tidak tersedia WiFi publik. Sementara itu, mungkin teman Anda yang menggunakan Android membutuhkan internet.

Memang iPhone bisa digunakan sebagai titik panas. Namun terkadang beberapa pemilik iPhone juga mengalami masalah dalam melakukan pengaturan titik panas-miliknya.

Jadi, bagaimana Anda terhubung titik panas dari iPhone ke Android? Bagaimana menghadapi jika titik panas iPhone tidak mau hidup atau bermasalah?

Berikut tutorial lengkap dan jawabannya. Markimak. Mari kita lihat 😉 ~

Cara Berbagi Hotspot iPhone ke Android

Sebelum menyalakan titik panas iPhone, pastikan data selulermu aktif ya? Jika iya, berikut cara berbaginya titik panas iPhone ke Android dengan mudah:

  1. Di iPhone Anda, buka Pengaturan;
  2. Pilih menu Hotspot Pribadi;
    Cara Berbagi Hotspot iPhone ke Android,
  3. Di bagian Izinkan Aksestekan beralih agar berwarna hijau;
    Cara Berbagi Hotspot iPhone ke Android,
  4. Bagian yang buruk Pasword Wifisilakan atur kata sandi;
  5. Di HP Andorid hidupkan Wifi;
  6. Terhubung dengan titik panas iPhone yang diaktifkan;
  7. Masukkan kata sandi yang sesuai;
  8. SelesaiAnda telah berhasil berbagi titik panas iPhone ke Android.

Nah, bagaimana caranya? Sangat mudah untuk berbagi titik panas di iPhone ke perangkat lain seperti Android. Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk perangkat lain seperti laptop atau tablet.

Namun ada kalanya cara menyalakannya titik panas di iPhone untuk terhubung ke Android di atas tidak berfungsi. Selanjutnya Anda bisa menyimak cara mengatasinya titik panas IPhone berikut yang tidak bisa berfungsi.

Mengatasi Hotspot di iPhone yang Tidak Bisa

Jika titik panas iPhone tidak bisa berfungsi dengan baik, coba beberapa cara mengatasinya dengan beberapa cara lain seperti setting APN, mengulang kembali iPhone, hingga mengaktifkan mode pesawat.

1. Atur APN Operator Seluler di iPhone

APN di iPhone merupakan kependekan dari Access Point Name yang merupakan sistem pengaturan nama titik koneksi yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan seluler di ponsel ke jaringan internet.

  • Buka menu Pengaturan;
  • Ketuk salah satu opsi Seluler untuk membuka pengaturan jaringan seluler;
  • Gulir ke bawah dan pilih salah satu opsi Jaringan Data Seluler;
  • Selanjutnya akan muncul form pengisian APN operator seluler;
  • Isi bagian tersebut Data Seluler, Pengaturan LTEDan Hotspot Pribadidan isi kolom APN dengan namanya Internet;
  • Di kolom Nama belakang Dan Kata sandiAnda bisa membiarkannya kosong;
  • Jika sudah, silahkan kembali ke menu utama Pengaturan dan tunggu beberapa saat;
  • Nanti, pilihan Hotspot Pribadi akan muncul;
  • Selanjutnya, Anda dapat mengaktifkannya dan menghubungkan titik panas dengan Android.

Setting APN adalah salah satu cara untuk mengatasinya titik panas pribadi tidak muncul. Dengan melakukan setting APN di iPhone, maka pilihan Personal Hotspot bisa muncul dan bisa Anda atur.

2. Gunakan Mode Pesawat

Jika ada masalah pada koneksi internet Anda yang menyebabkan hotspot Anda juga terpengaruh, Anda dapat mencoba mengaktifkan lalu menonaktifkan kembali Mode Pesawat.

Caranya, buka pusat kendali iPhone Anda > ketuk beralih dengan ikon Pesawat untuk mengaktifkannya > tunggu sebentar > ketuk lagi ikon Pesawat untuk menonaktifkannya.

Selanjutnya, jika iPhone Anda sudah terhubung ke internet, coba gunakan kembali titik panas iPhone untuk terhubung ke ponsel Android.

3. Mulai ulang iPhone Anda

Kalau cara sebelumnya belum bisa titik panas iPhone sudah terhubung, Anda mungkin perlu melakukan cara selanjutnya yaitu melakukan mengulang kembali di iPhone.

Cara yang harus dilakukan mengulang kembali pada iPhone adalah dengan mematikannya, lalu menghidupkannya kembali. Selanjutnya, silakan coba aktifkan kembali opsi tersebut Hotspot Pribadi. Jika sudah, coba sambungkan kembali Android kamu ke titik panas iPhone sebelumnya.

4. Lakukan Pembaruan iOS

Salah satu yang bisa menjadi penyebab masalahnya hotspot di iPhone karena iOS Anda mungkin belum diperbarui. Jadi kemungkinannya masih tersisa bug pada sistem operasi lama.

Nah, dengan memperbarui iOS, ini bisa membantu memperbaiki sejumlah masalah pada iPhone Anda, salah satunya hotspot masalah.

Cara memperbarui sistem operasi di iPhone Anda, buka Pengaturan > pilih Umum > pilih Pembaruan perangkat lunak. Untuk melakukan update, pastikan iPhone kamu terhubung dengan internet ya!

5. Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, cara mengatasi hotspot iPhone tidak bisa terkoneksi selanjutnya adalah dengan melakukan reset pengaturan jaringan.

Cara untuk mereset pengaturan jaringan adalah dengan tidak melakukannya Pengaturan > pilih salah satu opsi Umum atau umum > gulir ke bawah dan pilih Transfer atau Setel ulang iPhone > ketuk Mengatur ulang > pilih Setel Ulang Jaringan.

Nah jika sudah berhasil melakukan reset jaringan, silahkan buka dan aktifkan kembali Hotspot Pribadi dan coba sambungkan dengan perangkat Android Anda.

Oh iya, selain cara di atas, kamu juga bisa menyimak tutorial di bawah ini untuk mengatasinya titik panas iPhone tidak dapat terhubung ke berbagai perangkat:

Sudah Berhasil Berbagi Hotspot iPhone ke Android?

Demikian tutorialnya cara berbagi hotspot iPhone ke Androidserta cara mengatasi jika ada masalah terkait konektivitas hotspot iPhone.

Memang penyebab hotspot iPhone tidak bisa konek bisa bermacam-macam. Oleh karena itu, perlu diketahui penyebab permasalahannya sebelum mencari solusinya.

Jika ada pendapat, masukan, kritik yang membangun atau saran apapun bisa anda sampaikan ke tinggalkan pesan di kolom komentar atau email kami di [email protected].


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Teknologi Cerdas berkaitan dengan Berita, Tutorial Android, iOSatau artikel lain dari Moch. Nasihun Amin. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, Anda dapat menghubungi kami melalui [email protected].


Sumber:

  • Berbagi koneksi internet Anda dari iPhone – https://support.apple.com/en-us/guide/iphone/iph45447ca6/ios
  • 7 Cara Teratas untuk Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Muncul di Android – https://www.guidingtech.com/top-ways-to-fix-iphone-hotspot-not-showing-up-on-android/#:~:text =Langkah%201%3A%20Buka%20%20Pengaturan, sekarang%20tampilkan%20up%20di%20Android.

Leave a Comment