Begini Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus penting untuk Anda ketahui agar ponsel Anda tidak mudah penuh. Berdasarkan installernya, aplikasi Android terbagi menjadi 2 jenis yaitu aplikasi bawaan pabrik dan aplikasi tambahan yang diunduh pengguna.

Terkadang banyak aplikasi bawaan pabrik yang tidak digunakan sehingga menambah memori penyimpanan seperti Game Space, Oroaming, Baca Plus dan lain-lain. Akibatnya pemilik HP tidak bisa menambahkan Aplikasi yang dibutuhkan.

Secara umum, Aplikasi bawaan tidak dapat di-uninstall, namun kini Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara di bawah ini. Kecuali jika ponsel sudah di-root, Anda bisa menghapusnya dengan mudah.

Cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus tanpa root

Ada beberapa cara menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus. Berikut beberapa cara yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Matikan Administrator Perangkat

Cara ini banyak digunakan untuk menghapus aplikasi tambahan di Play Store, namun tidak bisa dihapus. Cara masuk ke pengaturan, pilih menu keamanan dan privasi. Kemudian klik administrator perangkat, buka pengaturan dan pilih Aplikasi yang akan dihapus.

2. Gunakan Bantuan Aplikasi Tambahan

Menggunakan Aplikasi tambahan adalah salah satu cara paling direkomendasikan untuk menghapusnya. Misalnya dengan menggunakan Easy Uninstaller App Uninstall. Caranya masukkan aplikasi tambahan lalu pilih beberapa yang akan dihapus.

3. Reset Pabrik

Untuk menghapus aplikasi tambahan yang sulit di-uninstall, factory reset adalah salah satu solusinya. Berbagai permasalahan internal HP hampir semuanya bisa diatasi dengan Factory Reset karena mampu mengembalikan HP seperti baru kembali, namun perlu melakukan backup data terlebih dahulu.

4. Hapus dengan Menonaktifkannya

Anda dapat menonaktifkan Aplikasi agar tidak muncul di latar belakang atau menempati ruang penyimpanan. Setelah itu, Aplikasi juga tidak akan muncul di tampilan beranda. Caranya buka pengaturan, kelola aplikasi, cari beberapa yang akan dihapus lalu klik nonaktifkan.

5. Masuk ke Play Store

Cara menghapusnya yang terakhir adalah masuk ke Play Store lalu klik link Android Saya agar Anda bisa melihat semua aplikasi yang terinstal. Kemudian klik simbol sampah kecil di sebelah Aplikasi, konfirmasikan dengan mengklik hapus pada popup.

Cara Menghapus Aplikasi Android Melalui Root

Root adalah cara uninstall aplikasi Android untuk mendapatkan akses penuh tanpa dibatasi oleh kondisi pada sistem Android. Berikut cara uninstall aplikasi dengan root, antara lain:

1. Unduh Penghapus Aplikasi Sistem

Anda bisa mendownload aplikasi ini di Play Store untuk semua ponsel baik yang sudah di-root maupun yang belum. Namun untuk bisa mengakses fitur-fiturnya, ponsel Anda harus di-root terlebih dahulu.

2. Klik Hibah atau Izinkan

Setelah berhasil mendownloadnya, buka aplikasinya maka akan muncul notifikasi SuperSU yang meminta akses root. Lalu klik Izinkan atau Hibah.

3. Pilih Aplikasi yang akan Dihapus

Langkah selanjutnya pilih aplikasi yang akan Anda hapus. Anda dapat menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting secara bersamaan.

4. Klik Uninstall dan Ya

Jika Anda yakin akan menghapus beberapa aplikasi tersebut. Lalu klik Uninstall maka akan muncul tampilan Yes, klik Yes.

5. Tunggu Hingga Selesai

Sementara proses uninstall sedang berlangsung, tunggu hingga proses selesai. Ada aplikasi yang tidak bisa dihapus, akhirnya bisa di uninstall.

Beberapa aplikasi bawaan dan tambahan terkadang tidak bisa Anda hapus begitu saja, sehingga memerlukan berbagai cara untuk menghapusnya. Cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus kini anda bisa menghapus melalui root atau tanpa root terlebih dahulu.

Leave a Comment