Bayar Pajak Motor di Kantor Pos, Begini Caranya

Ada banyak cara yang bisa Anda pilih ketika berniat membayar pajak kendaraan bermotor. Salah satunya adalah Anda bisa membayar pajak sepeda motor di kantor pos.

Polisi resmi bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk membuka layanan pembayaran pajak. Jadi selain bisa melalui Samsat terdekat, kini pembayaran PKB bisa dilakukan di kantor pos.

Mekanisme pembayaran pajak sepeda motor di kantor pos ada dua. Yang pertama bisa dilakukan secara manual dengan datang ke kantor dan yang lainnya bisa dilakukan secara online.

Bayar Pajak Sepeda Motor di Kantor Pos Terdekat

Kantor pos kini melayani berbagai macam pembayaran tagihan. Anda dapat membayar tagihan listrik, utilitas air, dan bahkan pajak sepeda motor.

Untuk tagihan pajak sepeda motor, kantor pos beroperasi setiap hari. Jadi kapan pun ingin membayar bisa langsung datang ke kantor pos terdekat.

Namun sebelum datang ke kantor pos, Anda harus memahami terlebih dahulu syarat dan tata caranya. Mekanisme pembayaran pajak sepeda motor di kantor pos tidak jauh berbeda dengan di Samsat.

Pertama, Anda harus menyiapkan dokumen yang diperlukan. Seperti KTP dan juga STNK kendaraan yang akan Anda bayar pajaknya.

Anda bisa datang langsung ke kantor pos dengan membawa dokumen tersebut. Ambil nomor antrian lalu tunggu hingga dipanggil oleh petugas.

Petugas loket kantor pos akan memproses pembayaran pajak motor Anda. Nanti mereka akan memberitahukan jumlah nominal tanggungannya.

Anda membayar sesuai nominal tagihan pajak. Setelah membayar pajak motor di kantor pos, Anda akan menerima bukti pembayaran melalui SMS.

Anda dapat mencetaknya langsung di kantor pos. Simpan bukti pembayaran untuk keamanan jika diperlukan sewaktu-waktu saat berangkat ke kantor cabang Samsat terdekat.

Bayar Pajak di Kantor Pos Melalui Aplikasi Signal

Korlantas Polri melalui pengawas Samsat nasional meluncurkan layanan berbasis digital bernama Signal. Aplikasi Sinyal Digital Nasional atau Samsat dihadirkan untuk memudahkan pembayaran.

Korlantas kemudian menggandeng kantor pos untuk mengintegrasikan layanan pembayaran pajak. Dengan begitu Anda bisa membayar pajak sepeda motor melalui kantor pos.

Nantinya aplikasi Signal akan terintegrasi dengan aplikasi Pos Pay sebagai metode pembayaran. Untuk membayar pajak motor, Anda bisa mendownload aplikasi Signal dan Pos Pay terlebih dahulu.

Aplikasi Samsat Digital Online untuk Bayar Pajak

Aplikasi Samsat Digital Online dan Pos Pay tersedia di Google Playstore dan App Store. Kedua aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis.

Setelah Anda menginstal kedua aplikasi tersebut, buka terlebih dahulu aplikasi Signal. Kemudian melakukan registrasi untuk membuat akun pengguna baru pada aplikasi Samsat Digital Nasional.

Setelah melakukan registrasi, langkah selanjutnya adalah otorisasi identitas kendaraan. Masukkan data seperti nomor polisi kendaraan, nomor mesin dan nomor tempat tinggal.

Jika Anda sudah memasukkan semua data, selanjutnya Anda mendaftar untuk validasi STNK. Pendaftaran validasi stnk bertujuan agar anda mendapatkan kode bayar pajak.

Tulis atau salin kode pembayaran. Kemudian buka aplikasi Pos Pay untuk membayar sejumlah tagihan pajak kendaraan bermotor.

Jika belum melakukan isi saldo di aplikasi Pos Pay, isi saldo terlebih dahulu. Setelah saldo terisi, Anda dapat membayar pajak dengan memasukkan kode pembayaran di Pos Pay.

Atau jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi bayar pos, Anda hanya perlu mencatat kode pembayaran dari aplikasi Signal. Kemudian datang ke kantor pos dan pembayaran bisa dilakukan secara manual.

Pembayaran pajak melalui aplikasi Signal dapat dilakukan di seluruh provinsi Indonesia. Dan tentunya dengan adanya layanan integrasi Pos Pay dan Samsat Digital Nasional akan semakin memudahkan anda dalam membayar pajak motor di kantor pos..

Leave a Comment