Apakah Nomor NISN SD SMP SMA Sama ? Lantas, Sudah Tahu Apa Kepanjangan dari NISN Belum Sobat Globe ?

PONTANAKGLOBE.COM – Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN merupakan kombinasi nomor unik yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

NISN diberikan kepada siswa mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Apakah nomor NISN untuk SD, SMP, SMA sama?

Perlu diketahui, NISN bersifat permanen, artinya jumlahnya tidak berubah dari jenjang pendidikan SD hingga SMA.

Jadi, NISN SD SMP SMA pun sama.

NISN biasanya dijadikan salah satu syarat dalam pendaftaran peserta didik baru.

Terkadang, NISN juga berfungsi untuk menerima rapor hasil belajar siswa.

NISN ini hanya berlaku selama pemegangnya adalah pelajar.

Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN adalah kode tanda pengenal siswa yang unik, baku dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan siswa yang satu dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Pokok Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap siswa yang bersekolah pada satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Rujukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sistem pengelolaan NISN nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dilaporkan oleh situs resmi NISN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaanberikut tujuan dan manfaat NISN:

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (siswa) di seluruh sekolah se-Indonesia secara terstandar, konsisten dan berkelanjutan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online untuk Satuan Kerja di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang terstandar, terintegrasi dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam mengembangkan dan melaksanakan program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten dan sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Semoga bermanfaat, teman.

(Bima Krisna)

Leave a Comment