Apakah iPhone XR Tahan Air? Fitur Kekuatan Tahan Air Ponsel Unggulan Apple

Apakah Anda sering mengkhawatirkan ponsel cerdas Anda saat hujan atau di tepi kolam renang? Jangan khawatir lagi dengan iPhone XR. Apple meluncurkan smartphone andalannya di tahun 2018 dengan beberapa fitur baru, salah satunya water resistance yang memungkinkan Anda menggunakan iPhone XR meski berada di bawah air dalam jangka waktu tertentu.

Pada artikel ini, kita akan melihat lebih dalam pada kemampuan tahan air iPhone XR, apa yang membuatnya unik dibandingkan smartphone lain, dan bagaimana pengguna dapat memanfaatkan fitur ini sebaik-baiknya.

Temui iPhone XR

Versi iPhone X dan XS yang lebih murah, iPhone XR awalnya disebut sebagai “iPhone murah” Apple. Namun, ternyata iPhone XR membawa fitur baru yang tidak dimiliki iPhone lain, salah satunya adalah tahan air. Dari segi desain, iPhone XR dilengkapi dengan layar LCD berukuran 6,1 inci dengan bezel yang lebih tebal dari versi sebelumnya dan tersedia dalam beberapa pilihan warna yang menarik seperti merah, kuning, dan biru.

Seperti model iPhone terbaru lainnya, iPhone XR dilengkapi dengan teknologi chip A12 Bionic, kamera belakang 12 MP, dan teknologi Face ID. Namun, yang membedakan iPhone XR dari pendahulunya adalah kemampuannya tahan air dalam kondisi tertentu.

Fitur tahan air iPhone XR

Lantas seberapa kuat ketahanan air iPhone XR? IPhone XR memiliki peringkat IP67, yang berarti dapat terendam air hingga satu meter hingga 30 menit. Jadi, jika Anda sedang berenang dan iPhone XR Anda jatuh ke dalam kolam, iPhone XR Anda masih aman dan dapat digunakan setelah Anda mengangkatnya keluar dari kolam, meskipun Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Selain itu, iPhone XR juga terlindungi dari cipratan air, seperti air hujan, tetesan air atau lebih sering cipratan air saat mandi. Dalam skenario seperti itu, kemampuan kedap air iPhone XR akan sangat membantu dalam melindungi perangkat Anda dari kerusakan.

iPhone XR juga dilengkapi kaca depan dan belakang yang tahan gores serta perlindungan debu, sehingga Anda dapat tenang saat menggunakan ponsel di lingkungan yang lebih keras. Kesimpulannya, menggunakan iPhone XR dalam kondisi basah dan berdebu kemungkinan tidak akan merusak perangkat Anda.

Apa yang harus dilakukan saat iPhone XR jatuh ke air?

Meski iPhone XR tahan air, bukan berarti pengguna bisa dengan mudah merendam iPhone XR selama yang diinginkan tanpa banyak risiko. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan iPhone XR Anda dalam kondisi basah, seperti saat hujan atau saat berada di tepi kolam renang.

Pertama, jangan berenang dengan iPhone XR Anda, meskipun perangkat Anda tahan air. Hal ini tidak hanya menghindari risiko kecelakaan, tetapi juga melindungi ponsel Anda dari berbagai pengaruh lingkungan air, seperti perubahan suhu air, tekanan air, yang akibatnya memengaruhi kinerja ponsel, atau risiko kerusakan lainnya. karena lingkungan perairan yang tidak terkendali. .

Kedua, saat iPhone XR terkena air, keringkan ponsel secepat mungkin. Pastikan semua port pengisi daya atau headphone yang terbuka di iPhone XR dikeringkan dengan benar. Setelah itu, biarkan iPhone XR Anda dalam keadaan stabil bahkan tanpa menyalakan ponsel hingga air habis.

Jangan mengisi daya iPhone XR dalam keadaan basah atau terendam air, bahkan di dalam kolam, yang kita tahu memiliki kadar pH yang cukup aman untuk perangkat elektronik. Namun, ada juga kemungkinan efek kelistrikan yang memengaruhi kinerja baterai atau komponen lain di dalam iPhone XR.

Kesimpulan

IPhone XR memiliki ketahanan air yang cukup baik, yang bagus untuk digunakan di lingkungan yang cenderung lebih basah, seperti saat hujan atau saat Anda berada di tepi kolam renang. Jangan lupa, meski kemampuan tahan air iPhone XR cukup kuat, perangkat ini tidak sama dengan perangkat tahan air yang sering digunakan untuk water diving atau olahraga yang membutuhkan perangkat tahan air yang lebih kuat.

Anda harus berhati-hati dan jauhkan ponsel dari lingkungan ekstrem agar perangkat Anda dapat bertahan lebih lama. Namun, dengan beberapa tindakan pencegahan sederhana, Anda dapat menggunakan iPhone XR dalam kondisi basah dan terus menjaga dan merawat perangkat dalam kondisi baik.

Leave a Comment