Apa Saja Keuntungan Mahasiswa Bidikmisi? Inilah yang Akan Kamu Dapatkan Saat Menjadi Penerimanya

Ihwal.id – Bidikmisi merupakan beasiswa yang populer di kalangan pelajar. Namun tidak semua mahasiswa dapat memperoleh dan memanfaatkan beasiswa ini.

Bidikmisi hanya diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi. Banyak mahasiswa yang merasa terbantu dengan adanya Bidikmisi dan manfaat beasiswa ini.

Selain tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan, ternyata banyak keuntungan yang didapat mahasiswa Bidikmisi. Lalu apa kelebihan mahasiswa Bidikmisi? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ini Daftar 38 Perguruan Tinggi Mitra Beasiswa Sahabat Pertamina 2023, Kampusmu Ada Namanya Belum?

  1. Uang Pendaftaran Seleksi Gratis

Manfaat Bidikmisi tidak hanya bisa kita rasakan setelah resmi dinyatakan sebagai mahasiswa Bidikmisi, bahkan sebelum itu kita sudah bisa merasakan manfaatnya.

Misalnya saja ketika kita akan mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi negeri, seperti SBMPTN atau yang saat ini disebut SNBT.

Kami tidak akan dipungut biaya pendaftaran seleksi sepeser pun alias gratis.

Baca Juga: Beasiswa Sahabat Bumi Pertamina 2023 Segera Dibuka, Siap Jadi Penerima Beasiswa Selanjutnya?

  1. Uang Kuliah Gratis

Keuntungan pertama adalah bisa kuliah gratis, karena program Bidikmisi sebenarnya adalah beasiswa untuk mahasiswa perguruan tinggi.

Beasiswa ini mencakup biaya masuk, UKT (jika masuk PTN), biaya buku, dan lain-lain. Agar peserta tetap rajin kuliah dan belajar dengan sungguh-sungguh.

  1. Dapatkan Biaya Hidup

Beasiswa Bidikmisi juga menyediakan biaya hidup, rata-rata penerimanya mendapat Rp 4,2 juta per semester atau sekitar Rp. 700 ribu per bulan. Uang ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Baca Juga: Berminat Mendaftar Beasiswa LPDP 2023 Tahap II, Simak Persyaratan Khusus Calon Peserta dan Tahapannya

  1. Tidak Ada Ikatan Layanan

Kelebihan selanjutnya adalah tidak adanya ikatan dinas, sehingga setelah berjuang memenuhi seluruh persyaratan Bidikmisi dan lolos seleksi.

Jadi tidak ada kewajiban ini dan itu, misalnya harus mengabdi di institusi X bertahun-tahun.

Juga tidak ada denda karena alasan tertentu. Sehingga beasiswa ini tidak dipungut biaya dan peserta hanya mempunyai tanggung jawab moral untuk memanfaatkan beasiswa tersebut sebaik-baiknya karena dana yang diperoleh adalah “uang rakyat”.

Leave a Comment