8 Aplikasi Format Flashdisk Terbaik Gratis 2022, Gunakan Software Utility Ini

Saat Anda ingin mengembalikan flashdisk yang bad sector, atau membersihkan file di flashdisk hingga benar-benar kosong, ada beberapa aplikasi format flashdisk yang bisa Anda gunakan.

Sebenarnya dari Windows sendiri sudah ada fitur untuk memformat flashdisk dengan cara klik kanan lalu klik format. Namun, ada juga yang mengeluhkan hal itu Format USB bawaan Windows sudah lama dan tidak dapat menghapus file yang membandel.

Pemformatan ini biasanya berguna untuk menghapus data secara permanen, menyembunyikan bad sector, menyembunyikan sektor yang rusak, dan menghapus jejak malware yang tersisa.

Namun jika Anda menginginkan yang lebih, berikut software format flashdisk yang bisa Anda gunakan.

Selaku produsen produk komputer ternama, Hewlett Packard atau lebih dikenal dengan HP, rupanya juga membuat alat format flashdisk yang bisa digunakan secara gratis.

Dengan USB Disk Storage Format Tool dari HP, Anda dapat memperbaiki flash disk yang mengalami bad sector.

Meskipun software ini dirancang oleh para insinyur HP, namun aplikasi format USB Drive ini dapat digunakan di semua merek komputer dan laptop serta cocok untuk berbagai merek flash disk.

USB drive dengan format FAT, FAT32 dan NTFS dapat diformat menggunakan flash disk ini.
Aplikasi Format Flash Disk Terbaik - Alat Format Penyimpanan Disk USB HP

Bagi pengguna flash disk Transcend, pihak brand juga telah mengeluarkan alat untuk melakukan pemulihan flash, termasuk memformat.

Transcend sendiri memproduksi berbagai produk seperti SSD, kartu memori, modul DRAM, dan flash disk. Selain digunakan pada Flashdisk Transcend, juga dapat digunakan pada merk lain seperti ADATA.

Tidak hanya flash disk, JetFlash Online Recovery juga dapat digunakan untuk SSD dan harddisk eksternal.

Jadi, jika Flashdisk kamu tidak terbaca, ada back sector, dan ada error pada tabel file, aplikasi ini bisa digunakan.

Authorsoft membuat software USB formatting tool yang dapat digunakan untuk membuat partisi berjenis FAT, FAT32, exFAT atau NTFS. Bahkan FAT32 yang ukurannya lebih dari 32 GB juga bisa.

Tampilan user interfacenya cukup sederhana dan mudah digunakan. Pemformatannya juga cepat.

Apa pun merek flash disk Anda, baik itu SanDisk, Kingston, Sony, Lexar, ADATA, Toshiba, Verbatim, atau merek lainnya, Anda dapat menggunakan USB Formatting Tool ini.
Aplikasi Format Flash Disk Terbaik - Alat Format Penyimpanan Disk USB

Dibuat oleh perusahaan asuransi data AOMEI, mereka membuat pengelola hard disk yang dapat digunakan dengan cepat dan aman.

Selain memformat, Anda juga dapat melakukan partisi hard drive dan kloning drive untuk tujuan pencadangan. Dimungkinkan juga untuk memulihkan disk dinamis ke disk dasar, sehingga Anda dapat menghapus partisi tanpa kehilangan data.

EaseUS adalah nama besar dalam penyimpanan data. Setelah merawat hard drive sejak tahun 2004, ada lebih dari 200 juta pengguna yang telah menggunakan alat manajemen disk ini.

Maka tak heran jika banyak yang mengatakan bahwa tool ini merupakan software partisi flash disk terbaik.

Untuk dapat memanfaatkan semua fiturnya, pengguna perlu membukanya dengan membeli versi premium. Meski begitu, versi gratisnya juga bisa digunakan. EaseUS dapat digunakan untuk Windows.

Bagi Anda yang sering menjadikan Windows bootable pasti sudah tidak asing lagi dengan Rufus. Ya, software ini sering digunakan untuk membuat drive USB yang dapat di-boot.

Biasanya, Rufus digunakan untuk membuat file ISO Windows dapat dieksekusi dari BIOS. Jadi, install ulang Windows bisa dilakukan dengan menggunakan USB flash disk.

7. Pemulihan Online Flash Drive USB ADATA

Apakah flashdisk anda mempunyai merk ADATA? sangat cocok jika anda menggunakan software ini. Alat dari ADATA ini digunakan secara online, jadi tidak perlu mendownloadnya. Praktis bukan?

Hal ini akan membantu proses perbaikan harddisk yang tidak bisa terbaca atau perlu diformat. Yang harus Anda lakukan hanyalah memasukkan nomor seri di situs tersebut, dan mencocokkannya dengan alat pemformatan yang sesuai.

8. Utilitas Format USB Kingston

Sebagai produsen flashdisk dan harddisk terkemuka, Kingston juga menjadi salah satu produk flashdisk yang paling banyak digunakan. Umumnya USB flash drive produksi Kingston diproduksi dalam format FAT32.

Untuk mendapatkannya, Anda perlu masuk ke website Kingston dan mencocokkan seri flashdisk Anda. Kemudian Utilitas USB Format Kingston dapat diperoleh.

Bagi pengguna flash disk Kingston, sebaiknya mencoba software resmi dari Kingston ini.

Akhir kata

Sebenarnya ada banyak perangkat lunak utilitas format flash drive hal lain yang bisa digunakan. Faktanya, ini jauh lebih baik daripada software gratis di atas.

misalnya EaseUS, Alat Format Tingkat Rendah HDD, dan AOMEI Partition Assistant. Namun secara gratis anda bisa menggunakan software diatas.


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Teknologi Cerdas berkaitan dengan PC & Laptop atau artikel lain dari Mufid Hanif. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, Anda dapat menghubungi kami melalui [email protected].


Sumber:

  • Cara Mengatasi Flashdisk Terus Minta Format (+Gambar) – https://www.leskompi.com/flashdisk- Minta-format/

Leave a Comment